Berfokus Pada Satu Titik, Blind Spot Bisa Teratasi

0

mobilmotor.co.id – Suzuki XL7 merupakan SUV terbaru yang  diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales pada 15 Februari 2020, lalu di Jakarta. Suzuki XL7 hadir dengan tagline The New Extraordinary SUV” – Gear to Distinguish, tampil dengan 3 varian yaitu Zeta, Beta, dan Alpha. Suzuki XL7 dilengkapi dengan desain eksterior yang bold dan gagah, ruang kabin yang mewah dan dilengkapi berbagai fitur serta sistem keselamatan bagi penumpangnya.

spion dalam4

Fitur-fitur yang ada pada XL7 seperti keyless push start stop button, AC digital auto climate with heater serta power outlet hingga baris ketiga. Sistem keamanan Suzuki XL7 dilengkapi fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.  Untuk menambah kenyamanan berkendara, Suzuki XL7 hadir dengan fitur-fitur canggih seperti smart e-mirror. Fitur ini  menggabungkan antara kamera dan kaca spion dalam yang berfungsi sebagai monitor,  serta dapat   merekam kejadian baik  pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung.

spion dalam3

Penggunaan smart e-mirror merupakan fitur terbaru dan pertama di kelasnya yang dimiliki XL7. Smart e-mirror ini menjadikan penggemudi hanya berfokus pada satu titik untuk menghindari Blind Spot. Kita memahami bahwa, kaca spion luar yang ada pada kanan kiri mobil, memiliki keterbatasan dalam memberikan informasi keberadaan kendaraan lain, di belakang atau di kanan kiri mobil. Belum lagi untuk melihat spion luar kepala pengemudi harus menoleh (menengok)  ke kanan atau ke kiri  lebih jauh. Begitu pula kaca spion dalam pun tidak  maksimal untuk menginformasi keadaan di belakang mobil.

spion dalam8

Dengan adanya smart e-mirror ini informasi yang diberikan lewat kamera belakang yang dihubungkan langsung ke kaca spion dalam yang berfungsi sebagai monitor akan lebih memudahkan pengemudi mengetahui secara nyata keadaan di bagian belakang mobil. Jadi…tidak ada lagi informasi terputus atau tidak lengkap seperti saat kita melihat kaca spion luar secara manual. Belum lagi pengemudi  harus menengokan (menoleh) kepalanya ke kanan dan ke kiri yang dapat mengurangi focus ke depan, tentu sangat berbahaya.

Perlu diingat pula bahwa kamera belakang yang ada di XL7  memiliki pantauan yang luas (wide angel), sehingga informasi yang ditampilkan dimonitor sangat memudah pengemudi untuk mengetahui lebih jauh (lebih lengkap). Keuntungannya saat mengendarai XL7 membuat pengemudi akan lebih percaya diri untuk melakukan over taking, berbelok, pindah lajur dan mengerem. Jadi…Aman bukannn…

spion dalam7

Saat turun hujan, penggunaan  smart e-mirror lebih menguntungkan dibandingkan dengan kaca spion luar  dan spion dalam. Biasanya saat  turun hujan, kaca spion luar akan terbasahi air hujan, maka pengemudi mengalami kesulitan melihat kondisi  sekitar mobil. Ditambah lagi dengan kaca jendela pintu samping yang ikut terbasahi air hujan, melihat kekaca spion luar semakin buram. Ini sangat berbahaya!!!

bgn blk

Itu sebabnya, penggunaan smart e-mirror saat hujan akan tetap memberikan informasi secara optimal lewat kamera kecil yang terhubung ke  monitor (spion dalam) yang terpasang di XL7. Posisi peletakan kamera belakang pun cukup terlindung, sehingga tidak mudah kena air hujan. Sekalipun terbasahi air hujan, kamera belakang XL7 dilindungi oleh kaca bening berbentuk cembung, menyebabkan air hujan mudah turun atau jatuh dari permukaan kamera tersebut. Akibatnya  kamera akan tetap memberikan gambar terbaiknya ke monitor (kaca spion dalam).  (mampir)

Read more:
20190724_142420
Suzuki Perkenalkan Logo Baru Halo Suzuki

mobilmotor - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan logo baru Halo Suzuki Setelah beroperasi selama sepuluh tahun. Logo baru Halo Suzuki ini...

Close