Cukup Menepuk, Kendaraan akan Jalan

0

mobilmotor – Honda hadir di Ajang pameran teknologi CES digelar di Las Vegas Convention Center pada 7 – 10 Januari 2020. Honda menampilkan rangkaian teknologi berkonsep Connected, Autonomous, Shared and Electric (CASE) di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2020. Honda melalui program Honda Xcelerator memperkenalkan beberapa teknologi terbaru, termasuk diantaranya adalah SAFE SWARM™yang kini sedang diuji di Ohio. Teknologi yang ditampilkan, antara lain.

Honda Augmented Driving Concept
Dengan setir yang telah disempurnakan, Honda Augmented Driving Concept menawarkan cara baru dalam berkendara. Dengan menepuk setir sebanyak dua kali, kendaraan akan melaju. Apabila setir ditarik, kendaraan akan melamban dan apabila setir didorong, kendaraan akan melaju lebih kencang.

Honda Mobility VR Experience
menampilkan simulasi teknologi untuk tahun 2035 dengan kendaraan yang sepenuhnya otonom, serta menampilkan kendaraan berteknologi otonom sistem sharing dan infrastuktur mobilitas di udara. Dalam demonstrasi tersebut, pengunjung dapat merasakan pengalaman di masa depan dengan sistem V2X yang memberikan navigasi sepanjang berkendara, merasakan Autonomous Shared Mobility Pod, serta merasakan sensasi lepas landas dan pendaratan dengan helikopter canggih.

Honda Personal Assistant Technology
Honda dan SoundHound bekerjasama menciptakan Honda Personal Assistant (HPA) yang berfungsi memenuhi kebutuhan pengendara selama di perjalanan, meliputi pencarian restoran atau pusat perbelanjaan terdekat, mencari tempat parkir dan lainnya.

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, HPA menggunakan teknologi Speech-to-Meaning™ dan Deep Meaning Understanding™ untuk merespon kata-kata dari pengendara secara akurat dengan memahami konteks, meliputi lokasi pengendara atau pertanyaan sebelumnya, untuk menciptakan interaksi yang berjalan natural. Dengan menyebutkan kata “OK Honda,” teknologi ini akan aktif secara otomatis.

Honda Energy Management Concept
Honda mendemonstrasikan visi dimana semua orang kelak dapat mengakses energi terbarukan selama 24 jam, kapanpun dan dimanapun. Hal ini akan diwujudkan melalui Honda Mobile Power Pack, sebuah baterai yang dapat diisi ulang maupun dilepas pasang dengan output lebih dari 1kWh. Saat beberapa buah Honda Mobile Power Pack dipasang secara bersamaan, baterai tersebut dapat menyuplai energi untuk motor, kendaraan berukuran kecil, atau menjadi sumber listrik untuk peralatan elektronik di rumah.

SAFE SWARM™ dan “Smart Intersection”
Honda telah mempersiapkan infrastruktur untuk mendukung teknologi otonom di masa depan melalui Honda SAFE SWARM™ dan sistem prototipe “Smart Intersection”. Menggunakan teknologi V2X, Honda SAFE SWARM™ memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi dengan kendaraan lain di sekitarnya dan saling berbagi informasi mengenai lokasi dan tingkat kecepatan.

Dengan menggunakan informasi tersebut, serta didukung sensor pada mobil, pengendara maupun kendaraan dapat memperkirakan rute atau tindakan yang paling aman untuk mencegah kecelakaan dan mengurangi kemacetan lalu lintas. Selama beberapa tahun, Honda telah menguji teknologi SAFE SWARM™ di Honda R&D Center di Ohio, dan akan menampilkan perkembangannya teknologinya sebagai pendamping pengemudi saat berkendara.

Selain itu, Honda juga akan menampilkan teknologi “Smart Intersection”, dengan didukung sebuah software yang dapat mengenali objek serta didukung dengan kamera pengawas yang ada di jalan dan sistem komunikasi V2X. Hal ini mendukung mobil untuk memvisualisasikan lingkungan sekitarnya dalam berbagai kondisi cuaca, sehingga dapat memberikan peringatan apabila ada objek lain yang berpotensi membahayakan. (kris)

Read more:
mtff
MTF Luncurkan Kredit Mobil untuk Millenial

mobilmotor - PT Mandiri Tunas Finance (MTF) genap berusia 10 tahun pada 6 Februari 2019, dan berkomitmen untuk berkontribusi dalam...

Close