Grab dan Pemerintah Indonesia Wujudkan Roadmap Ekosistem Kendaraan Listrik

0

mobilmotor – Grab aplikasi di Indonesia dan pemerintah Indonesia (Kementrian Koordinator Maritim dan investasi) hari ini meluncurkan Roadmap Ekosistem kendaraan listrik (EV Ecosystem Roadmap).

Tujuannya untuk mempercepat adopsi EV di Indonesia dan mewujudkan jaringan transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Grab bekerjasama dengan produsen mobil Hyundai, Astra Honda Motor (AHM), dan Gesits untuk meluncurkan ujicoba kendaraan listrk berupa mobil dan motor di wilayah Jabodetabek.

AhM men-suport Grab dengan Honda PCX Electric, sekaligus dengan ekosistemnya. Di antaranya swap station yang berada di jaringan main dealer dan layanan ERA (Emergency Road Asssistant).

WhatsApp Image 2019-12-13 at 13.14.32Sedangkan mobil untuk Grab di-suport oleh Hyundai Ioniq. Hyundai Ioniq hadir sebagai sedan listrik penantang Toyota Prius. Mobil ini di negara asalnya dipasarkan dengan 3 tipe penggerak yaitu plug-in hybrid, hybrid, dan full electric. Sedangkan Hyundai yang digunakan untuk grab adalah yang full electric. Harga mobil ini sekitar Rp500 juta per unit.

Ujicoba ini sejalan dengan komitmrn yang dibuat oleh SoftBank dan Grab pada bulan Juli lalu. SoftBang telah berinvestasi 2 miliar dolar Amerika ke Infonesia melalui Grab, untuk membangun ekosistem EV di Indonesia dan guna mendukung tujuan pemerintah untuk mencapai 2 juta unit kendaraan listrik pada 2025.

Rizki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia, mengatakan “EV Ecosystem Roadmap memungkinkan Grab dan Pemerintah Indonesia untuk mempersiapkan dan mendorong kemajuan Indonesia dalam memenuhi target EV diIndonesia dan di Asia Tenggara.”

Ia menambahkan, “Bersama ini juga sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur digital Indonesia dan akan membantu kami untuk menghadirkan solusi yang memberiksn efesiensi biaya transportasi dan mendorong lebih banyak orang untuk mengadopsi EV di Indonesia dan di negara lainnya.”

WhatsApp Image 2019-12-13 at 13.15.11Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan oleh Grab, dan inisiatif ini sejalan dengan peraturan saat ini untuk mengembangkan industri EV, serta mempercepat penggunaan moda transportasi ramah lingkungan di Indonesia. Hal ini juga untuk mengurangi masalah polusi di Indonesia, tetutama di Jakarta. Mewujudkan udara yang bersih, dan menjadikan Indonesia sebagai bagian dari EV Global Supplay Chain.”

Dalam acara yang sama, Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, menyerahkan secara simbolis kunci 20 unit Hyundai Iconiq Electric kepada Grab untuk digunakan sebagai bagian dari ujicoba.

Yoon Seok Choi, President Director of Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, mengatakan “Asia Tenggara menjadi pasar yang memiliki perkembangan yang cepat dan besar untuk industri EV dibandingkan dengan kawasan lain. Kami telah menandatangani kemitraan strategis dengan Grab Indonesia dengan menghadirkan mobil Hyundai Iconiq Electric sebagai salah satu opsi kendaraan GrabCar.” (UK)

Read more:
IMG-20200102-WA0015
Pertamina Turunkan Harga BBM

mobilmotor - Mulai 5 Januari 2020 pukul 00.00 waktu setempat (WIT, WITA dan WIB), PT Pertamina (Persero) menyesuaikan harga BBM. Besaran penyesuaian...

Close