Test drive Toyota Corolla Altis Hybrid: Agrasif Tapi Ramah Lingkungan

0

mobilmotor.co.id – Pada acara test drive mobil-mobil Hybrid Toyota. MM (saya) berkesempatan pula menjajal Corolla Altis Hybrid.  All New Corolla Altis Hybrid HEV dengan sistem transmisi  CVT, memiliki desain eksterior terlihat lebih tajam dan lebih sporty. Corolla yang dibuat  menggunakan platform TNGA, memiliki dimesin lebih besar  dan memiliki Center of gravity lebih rendah 20 mm dibandingkan generasi sebelumnya, menjadikan mobil lebih stabil dan nyaman. Penggunaan platform TNGA dalam rancangan struktur, membuat dimensi menjadi lebih besar dan tampak lebih kokoh dengan panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm.

IMG-20191001-WA0111

All New Corolla Altis Hybrid HEV menggunakan motor listrik tipe P610 HEV transaxle dengan power 72 PS, dan dikombinasikan dengan mesin bensin tipe 2ZR-FXE. HEV  merupakan model pertama Toyota di Indonesia dengan fitur-fitur keselamatan yang lengkap dan canggih dari Toyota Safety Sense (TSS)  yaitu  Pre-Collision System (PCS),  Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB).

IMG-20191002-WA0062

Saat Test drive di jalan Tol saya berkesempatan  mencoba  fitur Toyota Safety Sense (TSS) yaitu, Lane Departure Alert ( LDA). Untuk menguji LDA,  mobil  saya pacu sampai kecepatan 75 km/jam, lalu stir saya geser secara perlahan mendekati  garis putih yang ada di sebelah kanan jalan Tol. Saat roda mendekati garis putih, secara  spontan  stir  bergetar, memberi peringatan kalau mobil sudah mau keluar jalur.  Saya pun melakukan koreksi stir agar mobil kembai ke jalur yang benar.  Lane Departure Alert  dirancang untuk memberikan peringatan kepada pengemudi jika kendaraan terdeteksi akan meninggalkan lajur atau mendekati garis putih tanpa mengaktifkan lampu sen. Fitur LDA intinya adalah, untuk mengantisipasi potensi kecelakaan akibat micro sleep atau tertidur pulas tiba-tiba ketika pengemudi sedang berkendaran. LDA mengandalkan sensor kamera, sistemnya membaca marka jalan, baik yang berwarna putih maupun kuning.

.

Read more:
Para Volunteer NAPALA NMI bersama warga korban musibah banjir Garut
Nissan Motor Indonesia Ajak Karyawan Volunteering di Garut

mobilmotor.co.id - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mengajak karyawannya untuk terlibat di kegiatan volunteering dan donasi guna meringankan beban para korban musibah...

Close