Test Drive Toyota Alphard Hybrid: Rendah Noise dan Efisien

0

mobilmotor.co.id – Pada acara test drive mobil-mobil Hybrid Toyota. MM (saya) berkesempatan menjajal Alphard Hybrid. Ruang kabin MPV Premium ini terasa sangat nyaman. Mobil yang dijual dengan harga Rp1,4M dapat dimuati  tujuh penumpang dan jok baris pertamanya   sudah dilengkapi sistem pengaturan elektronik. Interior mewah yang disuguhkan menjadikan penumpang di bagian belakang juga semakin nyaman. Bagaimana performa mobil ini, baca ulasan di bawah ini; Rute test drive dimulai dari Citos, Jakarta menuju Puncak Jawa Barat. Jalur ini dipilih agar pengetesan dapat merasa berbagai jenis jalan, mulai dari kemacetan, jalan Tol dan jalan menanjak di kawasan Puncak Jawa Barat. Begitu lepas dari Citos mobil Alphard Hybrid saya kemudikan,  langsung saya arahkan memasuki jalan alteri. Kemacetan di jalan alteri menggunakan Alphard Hybrid sangat menyenangkan dan tidak bising ( minim noise).

IMG20191001142129

Kesenyapan ruang kabin selain didukung oleh sistem akustik yang bagus, didukung pula oleh pengggunakan motor listrik yang tidak ber-noise. Jadi saat kita mengendarai Aplhrad Hybrid pada kecepatan 0 – 40 km/jam, sistem penggerak rodanya masih menggunakan motor listrik (baterai), sehingga pada kecepatan tersebut terasa di ruang kabin sangat senyap dan nyaman. Lepas dari jalan alteri memasuki jalan Tol, saya baru bisa berakselerasi. Melewati kecepatan 40 km/jam dan saat saya kick down, mesin konvensional baru mulai bekerja. Perpaduan dua sistem penggerak ini, menghasilkan akselerasi yang optimal dan efisien penggunaan bahan bakarnya.

IMG20191001142229

 

Mengenderai Alphard Hybrid pengemudi sangat nyaman dan aman. Ketika kita akan  berbelok ke kanan atau ke kiri dengan mengaktifkan  lampu sign, maka pengemudi bisa mengetahui situasi sekitar mobil dengan bantuan  layar monitor  yang menyatu dengan audio head unit. Monitor sangat membantu pengemudi untuk mengetahui bagian atau sisi mobil yang tidak terlihat.cluster meter Alphard 2

 

Saat test drive berlangsung pengemudi juga bisa melihat pengisian baterai yang terdapat pada meter cluster. Saat kita deselerasi atau melakukan  pengereman, maka  sistem rem akan  berfungsi alih menjadi generator. Pengisian daya listrik yang dihasilkan dari generator  bisa termonitor lewat layar yang berada pada meter cluster tersebut. Kapasitas baterai yang dipergunakan Alphard Hybrid ini bisa menempuh jarak sampai 200 kilometer tergantung dari  cara pengemudi menggunakan mobil Aplhard Hybrid ini.

Read more:
Foto 3
Nissan Umumkan Enam Pemenang Nissan GT Academy 2016

mobilmotor.co.id - Nissan Motor  Indonesia (NMI) secara resmi mengumumkan enam pemenang wakil Indonesia di kompetisi  balap virtual to reality terbesar...

Close