Test Drive New Avanza & New Veloz

0

mobilmotor.co.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengajak jurnalis dari berbagai media untuk menikmati ketangguhan dan kenyamanan New Avanza dan New Veloz   yang telah mengalami improvement pada eksterior, interior, fitur kenyamanan dan keselamatan, termasuk sistem suspensinya. Pada aktivitas bersama awak media bertajuk Journalist Test Drive (JTD) New Avanza dan New Veloz  menyulusuri  jalan arteri maupun jalan Tol di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang merupakan bagian dari Trans Jawa dengan rute Cirebon-Semarang- Magelang hingga Yogjakarta.

800_7255

Lepas dari stasiun Cirebon,  perjalanan menuju Lawangrasa Resto yang melintasi jalan luar kota memiliki kontur beragam, menghubungkan kawasan Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kondisi Jalan Raya Cirebon-Kuningan  ini sangat cocok untuk menguji kelincahan sekaligus ketangguhan New Avanza dan New Veloz  melintasan jalur (jalan) luar kota yang kondisi traffic kesehariannya cukup padat. Menggunakan New Avanza transmisi manual membuat saya dapat mengatur penggunaan gigi transmisi sesuka saya sesuia dengan kondisi jalan.

5C1A9625

Kepadatan di dalam kota tetap nyaman  dengan adanya sistem audio dan AC yang sudah menggunakan sistem digital untuk penganturannya. Penggunaan power steering  membuat pengemudi lebih  mudah untuk menggerakan stir di kemacetan kota maupun saat parkir. Usai santap siang, para  peserta JTD bersiap menuju Kota Semarang. Perjalanan menuju ibukota Provinsi Jawa Tengah ini merupakan perjalanan terpanjang dari seluruh rangkaian perjalanan JTD New Avanza-New Veloz yang akan dilakukan para jurnalis.

stir berat 70kmjam

Memasuki  jalan Tol dengan kontur jalan beton, aspal dan  bergelombang tidak membuat mobil ini bermasalah. Perubahan pada supensi depan MacPherson strut dengan per spiral  yang baru,  mampu meredam daya puntir yang lebih baik, sehingga bagian depan mobil tidak terasa lagi mengayun sehingga kontrol pengemudi semakin baik. Begitu pula perubahan pada sistem suspensi belakang 4- link Lateral Rod, dimana bushing-bushing dibuat lebih rigid. Bushing-bushing tersebut  berada pada strut bar, swing arm dan batang lateral (lateral rod). Perubahan pada suspensi ini lah menjadi kan New Avanza dan New Veloz minim Bounching, Pitching, Rolling dan Yawing.

800_7318

Akselerasi New Avanza dan New Veloz dengan mesin 1.500cc  Dual VVT-i memiliki akselerasi yang baik dan responsif. Penggunan power steering yang dilengkapi kontrol kecepatan, membuat pengemudi makin nyaman. Kontrol kecepatan mampu membuat  gerak stir lebih berat utama di atas kecepatan 70km/jam. Beratnya gerak stir menjadikan pengemudi tidak perlu sering mengkoreksi stir, hal ini lah yang menjadikan mengendarai New Avanza atau New Veloz lebih nyaman.

IMG20190303164308

Kenyamanan  ruang kabin selain ada AC, dan jok dengan desain cover barunya, ternyata mendengar musik sepanjang perjalan juga lebih nikmat, hal ini disebabkan New Avaza dan New Veloz telah dipasangkan Insulation Material (akustik). Pemasangan akustik  dilakukan pada firewall, panel gir boks dan di dek belakang (bagasi). Pemasangan material aksutik ini mampu menurunkan noise kurang lebih 2 dB (Test TAM). Tak terasa jarak tempuh Cirebon-Semarang hampir sepanjang 220 km atau sekitar 3 jam berakhir, saya pun bermalam di kota Semarang.

5C1A0700

Perjalanan hari kedua dari Semarang –  Magelang dan Yogyakarta ini merupakan perjalanan panjang kedua dari para  peserta JTD New Avanza dan New Veloz yang sudah memasuki hari terakhir. Aktifitas perjalanan para jurnalis JTD New Avanza dan New Veloz  hari kedua di Jawa Tengah ini diakhiri dengan perjalan menuju Bandara Internasional Adisucipto Yogjakarta untuk kembali ke Jakarta. (Arm)

 

 

Read more:
Colt Diesel
Sambut Penjualan 1 Juta Unit, Mitsubishi Cari Colt Diesel Paling Unik

mobilmotor.co.id - Untuk menyambut perayaan 1 juta unit, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mencari Colt Diesel paling unik...

Close