Xenia Semakin Digjaya

0

mobilmotor – [SUKABUMI] Kehadiran Grand New Xenia varian baru 1.500 cc awal Januari lalu mampu menyedot perhatian publik di Tanah Air. Mobil serba guna (multi purpose vehicle/MPV) legendaris dari Daihatsu itu memang sudah diakui keandalannya.

Selama 15 tahun mengaspal di pelosok negeri, Xenia dinilai sangat mumpuni. Awalnya, mesin yang disematkan berkapasitas 1.000 cc dan 1.300 cc. Tahun lalu, Xenia sudah meninggalkan varian 1.000 cc. Kini, Xenia hadir dengan tetap mengusung 1.300 cc dan menambah varian baru dengan mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc. Mesin itu juga yang digunakan Toyota Avanza Veloz, saudara kembarnya. Keduanya diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.

“Kami sebut big minor change, karena ada varian baru Xenia mesin 1.500 cc. Kegiatan test drive ini supaya para jurnalis bisa menjelaskan ke konsumen Xenia mengenai performa 1.500 cc. Sebab, ada keinginan konsumen Daihatsu untuk MPV dengan tenaga yang lebih besar,” tutur Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso saat melepas kegiatan Test Drive Grand New Xenia di Jakarta, pekan lalu.

aa-xenia 18Ditambahkan, untuk Xenia terbaru ini, pihaknya mengusung kelebihan berupa tampilan yang baru, kenyamanan, suspensi diperbarui, peredam ditambah, kestabilan, lebih kedap. Juga ada keunggulan dari faktor safety seperti fitur Antilock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Kegiatan test drive yang diikuti 14 jurnalis dari berbagai media massa nasional. Para jurnalis menjajal Grand New Xenia varian baru 1.500 cc tipe otomatis (matik) dan manual. Mereka mencoba di berbagai kondisi jalan dan medan dari Jakarta ke kawasan Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat, yang memiliki kontur jalan ekstrem naik dan turun.

Saat pertama kali dibawa melaju di jalan Tol Dalam Kota hingga masuk Tol Jagorawi, performa unggul dari Xenia langsung terasa. Sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Begitu dipacu kencang di Tol Jagorawi yang sepi di pagi hari, Grand New Xenia begitu mantap menapak aspal dan berakselerasi. Tak lagi terdengar bising mesin ataupun suara ribut dari luar kabin. Memang, Xenia terbaru ini selain mengedepankan mesin lebih bertenaga, juga menawarkan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi.

“Beda sekali dengan yang sebelumnya, kini kabin tidak lagi bising,” kata Wahyu S, salah satu jurnalis yang menjajal Grand New Xenia 1.500 cc tipe R Deluxe transmisi manual (M/T).

Grand New Xenia memang memberi suasana kabin berbeda hadirnya dua sentuhan warna dan desain center cluster dengan sentuhan black piano. Juga dipadukan teknologi kekinian digital AC yang sangat mudah dalam pengoperasiannya. Perangkat infotainment Grand New Xenia dengan layar sentuh sudah memenuhi kebutuhan para pengguna milenial, seperti teknologi konektivitas dengan smartphone penghuni kabin dengan kontrol di roda kemudi.

3c9b9edae7b454c59078e184f0e69f07Selain soal kenyamanan di dalam kabin, Wahyu juga menyoroti soal setir kemudi yang ringan tetapi terasa mantap saat berada pada kecepatan tinggi. Xenia terasa lincah, mudah bermanuver radius putar minimum sebesar 4,7 meter.

Di jalan tol, Xenia terasa ringan dan nayan untuk bisa mencapai kecepatan 140kpj. Kemudian, saat memasuki jalan berliku di kawasan Geopark Ciletuh, Grand New Xenia juga tidak menghadapi kendala berarti. MPV legendaris Daihatsu ini juga mampu menembus tanjakan cukup ekstrem di Puncak Darma dan Puncak Aher, dua kawasan paling tinggi di perbukitan Geopark Ciletuh. Dua puncak ini memang menjadi incaran para wisatawan. Dari situ, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah hamparan sawah dan laut yang tenang di Teluk Ciletuh.

“Memang butuh kesigapan dan pengaturan putaran mesin pas agar tetap melaju ditanjakan, dan bisa terus melaju,” kata Wira, salah seorang jurnalis lainnya. Mesin 1.500 cc dengan tenaga maksimum 104PS pada 6000 rpm dan torsi 13,9kg.m padar4.200 rpm mampu memberikan dorongan kuat, khususnya saat merambah tanjakan. Seperti halnya tanjakan ekstrem di kawasan Geopark Ciletuh.

Grand New Xenia varian terbaru dengan mesin besar terasa sangat beda, tidak hanya dalam tenaga, tapi juga lebih lincah dan nyaman.

Read more:
IMG_6529
Dua Subaru Baru Siap Hadir di Indonesia

Pada perkenalan di negara Philipinna beberapa waktu lalu, dimana mobilmotor diundang pihak Subaru Indonesia untuk mencoba langsung  All New Subaru...

Close