Road Test Mitsubishi Xpander Ultimate AT

0

mobilmotor.co.id – Sejak kehadirannya  Mitsubishi Xpander membuat para konsumen sangat tertarik. Penampilan yang  futuristik dan elegan  inilah yang membuat Xpander semakin disukai di tanah air. Xpander  didesain dari hasil perpaduan dua jenis mobil yaitu SUV dan MPV. Desain bagian depan yang sangat futuristik dan modern dipadukan dengan desain dan peletakan lampu yang berbeda dengan pesaingnya.

Xpander yang dapat mengangkut 7 penumpang ini dibuat  nyaman dengan utilitas yang baik. Joknya dibuat dengan desain mirip jok mobil sedan, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya. Xpander memiliki 16 tempat untuk menaruh botol minum  seperti di door trim dan konsol tengah.

IMG_4542

Performa

Pengujian dalam kota  MM mencoba membawa Xpander memasuki kawasan pusat  kota Jakarta, dengan karater jalan yang stop and go. Mengendarai Xpander di kemacetan  hampir tidak mengalami hambatan yang berarti. Perpindahan gigi matiknya  halus dan akselerasi saat di kick down sangat responsif.  Di jalan Stop and Go tersebut  MM menilai Xpander  nyaman dikendarai (fun to drive).  Penggunaan Electronic Power Steering memberikan kemudahan saat mobil pindah jalur maupun berbelok tajam.

IMG_4659

Pengetesan di jalan bebas hambatan di awali dari Tol  Rawamangun, Kecepatan  awal MM coba untuk melarikan Xpander hingga kecepatan 140 km/jam.  Di kecepatan tersebut  MM marasakan performa mobil baik, hanya saja pengemudi perlu sedikit  konsentrasi, mengingat mobil ini cukup tinggi (ground clearance 205mm)  dimana gejala limbung sudah menjadi ciri khas mobil yang memilik ground clearance tinggi. Kecepatan yang dirasakan cukup nyaman berada diantara kecepatan 100 km/jam sampai 110 km/jam.

IMG_4677

Memasuki kecepatan 80 km/jam MM mencoba untuk pindah jalur. Hasilnya Xpander  masih stabil dan mantap. Masih di kecepatan 80km/jam, MM mencoba melakukan manuver  dengan menggerakan roda kemudi ke kanan dan ke kiri (zig zag). Ternyata kerja suspensi  berkarakter medium hard  mampu meredam goyangan bodi  dengan baik saat  zig zag tersebut.

IMG_4563

Xpander  tidak luput dari pengujian di medan berbatu dan bergelombang. Pengetasan MM mencoba untuk mempertahan kecepatan di 60 km/jam dan yang dirasakan adalah,  getaran roda sedikit merabat hingga bodi mobil namun konter kemudi masih dalam normal. Suspensi pun mampu menjaga goncangan bodi  ke kanan dan ke kiri dengan baik, sehingga penumpang di baris ke dua dan ke tiga tidak terlalu tergucang berlebihan.

IMG_4609

Xpander menggunakan mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.500 cc MIVEC (Valve Timing Electronic Control ) dan memiliki dua pilihan transmisi yaitu MT5 percepatan dan AT 4 percepatan dengan sitem penggerak roda depan. Sisitem suspensinya menggunakan dua jenis suspensi yaitu suspensi  depan menggunakan  model MacPherson dan belakang menggunakan  suspensi model semi independent axle beam dengan coil spring dan sokbreker.

IMG_4618

Untuk keselamatan aktif Mitsubishi tidak terlalu membedakan diantara varian yang ada, dimana semua varian dilengkapi dengan perangkat ABS dan EBD. Sedangkan  pada tipe Sport dan Ultimate hanya ditambahkan Brake Assist yang membuat kerja rem bekerja lebih maksimal. (Arm)

Read more:
IMG_6513
Mitsubishi Resmikan Diler Terbaru

mobilmotor.co.id Jakarta - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) telah meresmikan diler Mitsubishi PT Bumen Redja Abadi – Serpong,...

Close