GIIAS 2018 Dibuka oleh Presiden RI IR.H Joko Widodo

0

mobilmotor – Gaikindo International Auto Show (GIIAS) 2018 berlangsung di ICE, BSD CITY, Tangerang, 2-12 Agustus   2018. Kali ini GIIAS ke 26 dibuka oleh Presiden RI IR.H Joko Widodo.

Johanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan Penjualan mobil sekarang mencapai 554.000 unit, target penjualan tahun ini 1,1 jt unit, ekspor  mencapai 110.000 unit, turun sedikit, karena adanya peraturan baru dari Vietnam yang menghambat ekspor ke negara tersebut. Sedangkan produksi kendaran dalam mereformasi 635.000 unit.

Industri otomotif terus berevolusi, menerapkan sejajar untuk industri global. Pemerintah menyambut terwujudnya  euro 4 di Indonesia.

“Kami Siap mendukung euro 4 yang dicanangkan pemerintah, hal ini baik bagi perekonomian Indonesia. Standar emisi B20 standar euro 4 berguna untuk megurangi polusi kendaraan di Indonesia.

Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto mengatakan, “Ini pameran otomotif dunia, setara denga  Tokyo Motor Show dan Frankfurt Motor Show,6,3%  Ekspor cbu 201.000 unit, ekspor komponen naik 300% dan eksport ke Malaysia dan jadi mobil nasional Malaysia. Pada 2025 target produksi 20% mobil listrik.

“Kalau indonesia  siap, semuanya siap. Domestik  gunakan euro 2  dan  euro 4, bisa digunakan untuk dalam negeri dan luar negeri.

Mobil AMMdes (alat mekanis multi guna pedesaan) atau mobil pedesaan, sekarang ini adalah produk ke 3. Hari ini diluncurkan AMMdes dan telah terjual 3.000 unit menjadi 15.000 unit. Ada 4 tipe bervariasi, jumlah komponen lokalnya mencapai negeri 70%.

AMMdes dapat mendukung pertanian di pedesaan.

Presiden RI IR. H Jokowi mengatakan “Peluncuran AMMdes utamanya pelaku industri otomotif, saya senang sekali datangg ke sini. Ngomong apa adanya, saya baru pertama kalinya ke GIIAS.”

Melihat model mobil baru, diantara sektor perindustrian yang paling internasional, sudah global. Bila kita cermati negara-negara lain, kita adalah bagian dari rantai.

Menurut Jokowi ada 3 tantangan,  pertama yaitu luasnya mobil listrik, Tesla dulu langka dan eksotik, kini dunia beralih ke mobil listrik. Mulai 2040 mobil non listrik dilarang dijual di Perancis dan Inggris Kedua yaitu kendaraan otonomi dan aplikasi kendaraan online. kendaraan otonom, untuk mengangkut jasa delivery. Jokowi mengingatkan, hati-hati dengan perkembangan ini.

Transportasi online, dari roda beralih menjadi  jasa, anak-anak jadi malas belajar nyetir dan tidak mau ambil SIM. Tinggal panggil aplikasi.

Ketiga yaitu risiko jangka pendek, siklus yang makin besar di AS n Tiongkok. Amerika penjualan mobilnya paling tinggi,  tapi mentok, penjualan mobil sulit. Industri otomotif Indonesia harus didorong untuk ekspor. (UK)

Read more:
1
MMKSI Resmikan Diler di Bojonegoro

mobilmotor - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors di Indonesia, bekerja...

Close