Cegah Pemalsuan Pelumas, Shell Perkenalkan Teknologi Segel Jam Jar

0

mobilmotor – Antisipasi pelumas palsu, Shell Indonesia memperkenalkan teknologi Jam Jar, segel inovatif baru yang ekslusif diciptakan oleh Shell. Segel Jam Jar memiliki kode QR pada lapisan kedua yang dapat dipindai dan terhubung ke server Shell Anti-Counterfeit System (sistem Shell untuk anti pemalsuan).

“Pemalsuan tidak hanya terjadi pada produk elektronik dan pakaian saja, namun juga kerap terjadi pada barang-barang otomotif, seperti suku cadang dan pelumas. Memahami kondisi tersebut, Shell Indonesia khususnya Shell Lubricants, menghadirkan teknologi segel Jam Jar, sebuah terobosan baru untuk menjaga keaslian produk yang beredar. Kami berkomitmen untuk menyediakan produk terbaik bagi pelanggan kami dan kami akan terus membawa inovasi untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk terbaik kami, termasuk menjaga keaslian produk yang beredar di tengah masyarakat,” Ujar Dian Andyasuri, Direktur Pelumas PT Shell Indonesia.

Di waktu yang sama, Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) menyambut baik upaya Shell dalam mengantisipasi peredaran pelumas palsu di Indonesia. “Meningkatnya kepemilikan kendaraan motor di Indonesia merupakan salah saty pendorong ramainya peredarsb pelumas palsu, Untuk itu, produsen pelumas perlu membantu konsumennya mengidentifikasi produk pelumas asli,” tutur Justisiari P. Kusumah, Ketua MIAP.

Pemerintah Indonesia sendiri cukup serius menanggapi kondisi yang ada. Hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya UU No.20 Tahun 2016 yang bisa menjerat produsen, bukan konsumen, barang palsu dengan ancaman maksimal lima tahun penjara dan denda paling banyak 1 miliar. Sedangkan, Pasal 480 KUHP mengenai Tindak Penadahan mengancam pengguna barang palsu dengan penjara maksimal 4 tahun.

“Selain Pemerintah dan produsen, masyarakat juga perlu turut aktif mengantisipasi peredaran pelumas palsu, karena penggunaan pelumas palsu pada mesin kendaraan membuat kerja mesin menjadi lebih berat dan menyebabkan kerusakan yang membuat biaya perawatan kendaraan menjadi lebih tinggi,” imbuh Justisiari.

IMG_20171018_125501

Selain dengan cara memindai keaslian produk melalui QR Code, Dian menjelaskan bahwa konsumen dapat mengunjungi web http://ac.shell.com dan memasukan 16 angka yang tertera di lapisan kedua pada segel pengaman untuk melakukan verifikasi produk. Untuk mempermudah melakukan pengecekan, konsumen juga dapat mengirimkan SMS 16 angka yang tertera pada lapisan kedua segel pengaman ke nomor 085574670055 secara gratis.

Hingga saat ini, sekitar 80% produk pelumas Shell Helix Ultra, Shell Helix HX8, Shell Helix HX7, dan Shell Helix HX5 di kemasan 4L dan 1L yang beredar telah mengadopsi teknologi segel Jam Jar.

“Lewat teknologi ini, Shell berharap hanya produk pelumas terbaik dan aslilah yang beredar di pasaran. Lebih lanjut, kami juga berharap penggunaan pelumas asli Shell dapat membantu konsumen dalam merawat kendaraan bermotornya,” tutur Dian.

Read more:
100 - Honda Kupang Indah - Day (3S)
Honda Resmikan Diler ke-100 di Kupang

PT Honda Prospect Motor meresmikan dealer Honda Kupang Indah sebagai dealer resminya yang ke-100 di Indonesia, pada 9 September 2014...

Close