Sirkuit Manggul di Lahat, Sumatera Selatan Siap Gelar Multi Event

0

mobilmotor.co.id – Proses pembangunan Sirkuit Manggul di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan termasuk cepat. Dalam setahun, sirkuit yang dikelola PT Cendrawasih Bungsu itu rampung dan langsung menggelar ajang balap motor perdana pada Sabtu-Minggu (20-21/5).

Event pertama bertajuk “Open Championship Cendrawasih Bungsu Road to Professional Racer” dalam rangka HUT Kabupaten Lahat ke-148 tahun sekaligus menjadi Soft Opening sirkuit multi event di atas lahan seluas 10,5 hektar. Ada banyak cabang otomotif bisa digelar, mulai dari road race, drag race, drag bike, gokart, slalom test dan drift, serta supermoto.

Fantastis! Ini jelas ide brilian H. Saifudin Aswari Riva’i, Bupati Lahat dua periode. “Sirkuit memang dirancang bisa mengadakan banyak kegiatan. Dengan panjang lintasan 1.600 meter dan lebar trek bervariasi dari 12-14-16 meter, serta memiliki dua trek lurus sejajar, cocok buat drag race dan drag bike,” jelas Aswari Riva’i yang lebih sering dipanggil Kak Wari.

Penampakan Sirkuit Manggul Lahat dari udaraTak hanya itu yang unik. Fasilitas yang dipakai dalam sirkuit merupakan proses daur ulang kreatif. Seperti paddock, podium juara, steward room dan ruang pers serta komentator balap dibuat dari kontainer. Termasuk kantin yang menjadi bagian tak terpisahkan. “Tak mahal kok membangun sebuah sirkuit,” sebut Kak Wari yang siap melangkah maju sebagai kandidat Calon Gubernur Sumatera Selatan tahun 2018 mendatang.

Paddock mampu menampung hingga 600 starter, termasuk ruangan untuk pit crew. Karakter sirkuit pun cukup lengkap. Ada trek lurus panjang bisa digeber fast speed, lalu masuk tikungan pertama ke kanan high speed. Setelah itu dihadang hairpin. Dua handicap lainnya yaitu chicane dan tikungan slow speed.

“Sirkuit Manggul ini diharapkan muncul bibit potensial yang kelak membawa nama Sumatera Selatan, bahkan mampu mengharumkan nama Indonesia. Untuk itu kita juga akan bikin sekolah balap,” pungkas Kak Wari yang mahir adventure offroad dan trail. Salut Lihat Lahat!

Read more:
L494_15SVR_EXT_LOC14_11
Land Rover Rilis Harga SUV Tercepat

Pabrikan mobil asal Inggris, Land Rover. Telah merilis harga SUV tercepat mereka yang diberi nama Rover Sport SVR. Rover Sport...

Close