Komparasi Chevrolet Trax, Honda HR-V, Suzuki S-Cross

0

Ulasan

mobilmotor.co.id – Trio produk andalan yang siap memanjakan Anda dengan karakter khas dari setiap merek. 

Di Indonesia, segmen pasar SUV (Sport Utility Vehicle) kompak termasuk  salah satu penyumbang penjualan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sama seperti MPV, segmen pasar SUV kompak menjadi unsur yang berperan penting untuk menggerakkan pasar otomotif di tanah air. Tentunya ada banyak  faktor yang menyebabkan segmen pasar SUV kompak mampu memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan bagi pemegang mereknya di Indonesia.

Secara umum, ada beberapa alasan yang mendorong konsumen untuk menjadikan SUV kompak sebagai kendaraan sehari-hari  pengganti “kaki”.  Sejauh ini, SUV kompak  menjadi favorit konsumen sehingga dapat  menciptakan  permintaan pasar yang cukup tinggi bagi para APM (agen pemegang merek). Dari sudut pandang teknis,  SUV kompak menawarkan   dimensi fisik yang cocok untuk penggunaan  dalam kota serta masih cukup prima untuk pemakaian  di luar kota maupun medan off road ringan semisal tanah licin, jalan rusak ataupun genangan air yang tinggi. O ya, jangan lupa perhitungan biaya ini dan  biaya itu  selama masa kepemilikan yang nantinya akan mempengaruhi pertimbangan konsumen sebelum menjatuhkan pilihan akhir mereka.

Menilik para peserta komparasi  kali ini, boleh disebut kalau mereka sama-sama memiliki kekuatan yang tidak boleh dianggap remeh. Siapa yang tidak kenal dengan Chevrolet, Honda dan Suzuki yang seluruhnya  tergolong  sebagai pabrikan otomotif kelas papan atas. Kini, Chevrolet melalui General Motors Indonesia menjadi satu-satunya perwakilan merek Amerika Serikat setelah PT Ford Motor Indonesia  (FMI)  tidak aktif lagi di pasar otomotif Indonesia. Mengandalkan Trax yang diproduksi di negeri ginseng, Chevy mencoba peruntungan di segmen pasar SUV kompak di Indonesia dan harus diakui kalau hasil penjualannya cukup baik. Kemudian  Honda yang cukup lama  menjadi pengamat  kompetisi di segmen SUV kompak, ternyata akhirnya merasa perlu untuk  menghadirkan  produk  andalannya yang disebut dengan nama HR-V. Di  Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM Honda di Indonesia menyediakan  HR-V dengan opsi  mesin  1,5 liter dan 1,8 liter. Sedangkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menampilkan crossover andalannya S-Cross yang meneruskan legenda pendahulunya SX4. Itu sebabnya, generasi terbaru crossover ini disebut sebagai S-Cross SX4.

Ketiga kontestan yang berasal dari tiga merek otomotif  yang berskala global ini saling memperebutkan minat konsumen dengan mengedepankan  konsep produk crossover yang identik.  Ketiganya sama-sama menerapkan  platform sedan berupa konstruksi monocoque body  dan suspensi depan belakang independen beserta  sistem penggerak roda depan. Dengan demikian,  aspek kenyamanan dan pengendalian menjadi target utamanya. Hanya saja, pendekatan crossover dan SUV membuat ketiganya memiliki kekuatan struktural yang  lebih baik daripada sedan, plus menawarkan keunggulan di sektor lain tanpa mengorbankan aspek lainnya. Sebagai contoh, karakter crossover dan SUV membuat semua peserta komparasi mampu melewati kondisi jalan yang tidak normal tanpa mengalami msalah.

Pada sisi lain, semua produk—Chevrolet Trax, Honda HR-V dan  Suzuki S-Cross—bukan hanya menampilkan desain yang sporty,  juga mementingkan unsur fungsional. Dan inilah yang menjadi nilai jual unggulan ketiganya dibanding produk seperti sedan atau hatchback. Faktanya, mereka tidak memiliki masalah jika satu saat digunakan oleh sang pemiliknya untuk  bepergian  ke mana saja Anda. Terbukti,  mobil-mobil di segmen  ini bisa melalui  kondisi jalan yang cukup berat untuk dilalui oleh mobil sekelas city car atau MPV.

Di luar aspek-aspek tersebut, trio penjelajah ini  juga memiliki  nilai jual yang tak kalah menarik di sektor performa. Bicara produk Honda tentunya tak lepas dari DNA khas pabrikan berlogo huruf H ini, terlebih mereka memiliki heritage yang hebat di ajang motorsport. Sedangkan Suzuki S-Cross, tentunya sudah tidak asing lagi dengan dunia crossover karena SX4 di masa lalu telah menciptakan legendanya sendiri. Bagaimana dengan Chevy Trax?  Mesin berkapasitas 1,4 liter yang dilengkapi turbocharger tentunya menjamin aspek performa tidak dikesampingkan namun tidak mengorbankan urusan efisiensi bahan bakar.  Nah, untuk mendapatkan kadar performa yang optimal, ketiga SUV ini didukung mesin modern berteknologi canggih yang  membutuhkan bensin beroktan  tinggi.

Selebihnya, trio  SUV kompak ini memang disiapkan secara  khusus agar mempunyai kapabilitas  yang impresif  untuk mengimbangi gaya hidup dinamis  para pemiliknya. Siapa yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen? Mari kita ulas bersama-sama.

Chevrolet Trax

Andalan Chevrolet di segmen pasar SUV kompak ini menampilkan  desain eksterior  khas crossover masa kini yang kompak, dinamis, dan sporti. Penggunaan roof rail untuk  dudukan rak kargo di bagian atap  dan pelek alloy 18 inci menegaskan  kesan sebagai mobil petualang yang gagah.  Sedangkan kesan garang terpancar  pada bagian depan melalui  bemper depan yang memiliki  ukuran tebal dan dilengkapi  lampu kabut yang terpasang menyatu. Lampu utamanya yang terkesan besar  menganut Halogen dan dilengkapi dengan fitur auto on/off. Kesan sporti di bagian belakang ditampilkan oleh  tailgate spoiler dan bemper yang  berwarna gelap.

Satu kelebihan Trax terletak pada pengaturan proporsi yang pas antara dimensi kabin dan dimensi keseluruhan. Melalui  perhitungan yang cermat, Trax menawarkan  kabin berpenumpang 5 orang  yang  lapan dan nyaman.  Penerapan  bahan  plastik untuk  dasbor serta paduan  dua warna (gelap  dan silver) menambah kesan sporti pada kabin. Dasbor dilengkapi cluster meter paduan analog dan digital serta posisi  mengemudi  yang ergonomis. Sayang, posisi sandaran punggung pada kursi  belakang cukup tegak sehingga  penumpang cepat lelah saat perjalanan jauh. Kapasitas ruang bagasi  cukup “kompak” jika kursi belakang ditegakkan.

Chevrolet Trax dilengkapi  mesin bensin 4 silinder 1,4 liter turbo yang menghasilkan  138  hp  pada  4.900rpm – 6.000 rpm disertai  torsi 200 Nm pada  1.850 rpm – 4.900 rpm. Mesin ini dipadukan  transmisi otomatis 6-speed  yang  cepat dan halus.  Kombinasi mesin bertenaga dan transmisi pintar menghasilkan   akselerasi responsif.  Sayangnya, fungsi manual shift pada transmisi otomatis Trax Chevrolet menganut sistem tombol di tuas transmisi yang mengurangi aspek ergonomika dan kenyamanan.

Pengendaraan  Trax didukung  karakter peredaman suspensi  yang tergolong medium sehingga terasa  nyaman  saat melintasi permukaan jalan tidak rata. Kabinnya juga  cukup senyap. Meski  berpostur relatif tinggi, gejala body roll saat menikung agak cepat hampir tidak terasa. Bobot putaran kemudinya  terasa ringan saat parkir dan  mantap saat  melaju dengan  kecepatan tinggi. Untuk  keselamatan aktif dan pasif, Trax  dibekali  fitur ABS 6 airbag, dan Hill Start Assist yang  menahan posisi mobil saat berhenti di posisi menanjak agar tidak mundur   ketika pengemudi melepas kaki kanan dari pedal rem.

 

Plus
Kenyamanan, performa, sistem audio

Minus
Tombol manual shift, noise, kursi belakang

SPEK CHEVROLET TRAX

Harga  : Rp 277 juta – Rp 301 juta
Dimensi : (P/L/T) 4.248/ 1.766/ 1.674 mm
Wheelbase : 2.555

Mesin

Tipe : I-4 DOHC 16 katup turbo
Kapasitas (cc) : 1,4 liter
Tenaga (tk/rpm) :  140/4.900
Torsi (Nm/Rpm) : 200/1.850—4.900
Transmisi otomatis : 6-speed

IMG_5322 IMG_5335 IMG_5343 IMG_5341 IMG_5404 IMG_5431

Honda HR-V

Boleh disebut HR-V muncul terlambat setelah segmen pasar SUV kompak di Indonesia sudah sempat didominasi oleh Nissan Juke. Hebatnya, dalam waktu singkat HR-V mampu menjadi “game changer” dan kemudian menempati posisi sebagai pemimpin di segmen pasar SUV kompak. Selain karena nama besar dan tingginya brand awareness Honda di Indonesia, HR-V dapat  menjawab tuntutan  konsumen yang menginginkan SUV kompak  sesuai dengan  selera mereka. Begitu pula kehadiran  HR-V untuk memenuhi permintaan  konsumen yang berusia muda dan berjiwa muda yang menghendaki SUV dengan kemasan stylish dan  dinamis.

Secara umum, desain  eksterior HR-V terkesan dinamis dan sporty melalui garis-garis bodi yang tegas. Untuk menguatkan kesan tersebut, bagian depan HR-V dilengkapi bemper  besar dengan  spoiler di bawahnya. Lalu sisi sampingnya terlihat sporti berkat desain rangka  jendela pintu depan hingga  pintu belakang yang melengkung. Bukan hanya mengedepankan aspek aerodinamika, desain seperti ini juga memberikan sentuhan desain tersendiri. O ya, tuas pembuka pintu belakang ditempatkan di bagian ujung rangka jendela sehingga  sepintas lalu HR-V  terkesan sebagai SUV  a la Coupe dengan sepasang pintu.

Kabin HR-V menawarkan sentuhan modern dan nyaman berupa jok berlapis kulit dan dashboard berwarna gelap disertai HU  model 2 DIN dengan sistem layar sentuh. Roda kemudi HR-V dilengkapi dengan fitur tombol multiguna berupa audio switch, cruise control dan paddle shift yang menjamin kesenangan selama mengemudi. Seperti SUV kompak lainnya, panel instrumen  HR-V memadukan  perangkat dengan  sentuhan analog dan digital sehingga unsur sporti kian maksimal. Hal lain yang menonjol dari HR-V adalah dimensi kabin yang lapang sehingga menyediakan ruang gerak yang maksimal bagi para penumpang. Demikian pula ruang bagasinya termasuk salah satu yang paling besar di kelasnya.

Honda menyediakan HR-V dengan opsi mesin 1,5 liter yang ekonomis dan 1,8 liter yang bertenaga. Mesin 1,5 liter  memproduksi tenaga 118 tk pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm serta dipadankan dengan transmisi manual 6-speed dan CVT. Secara spesifik, CVT yang digunakan HR-V 1,5 liter memiliki rentang rasio 2,526-0,408 dan final gear ratio 5,948 yang menandakan kompromi optimal antara efisiensi dan performa yang selama ini menjadi salah satu ciri khas produk Honda. Faktor pengendalian turut menjadi nilai jual HR-V  karena peredaman  suspensi  yang berkarakter  medium. Soal fitur keselamatan, HR-V menawarkan  Hill Start Assist, ABS/EBD/BA dan Auto Brake Hold (ABH) untuk menjaga posisi mobil saat berhenti di tanjakan terjal. Di sisi lain,   varian 1,5 liter  tidak dilengkapi  side airbag dan curtain airbag serta kamera parkir ditiadakan.

Spesifikasi Honda HR-V

Harga : Rp 272 juta – Rp 330 juta
Dimensi : (P/L/T) 4.294/1.772/1.580
Wheelbase (mm) : 2.610

Mesin

Tipe :I-4, SOHC 16 katup
Kapasitas (cc) : 1.497
Tenaga (tk/rpm): 118/6.600
Torsi (Nm/Rpm) : 145/4.600
Transmisi : manual 6-speed, CVT

Plus
Audio, kabin

Minus
Noise, kursi belakang

IMG_2576_ok DSCN1070 DSCN1105 DSCN1076_ok DSCN1079 DSCN1065

Suzuki S-Croos

Angkat jempol untuk keberanian PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan legenda SX4 terbaru yang disebut S-Cross sehingga  menjadikan kompetisi  di segmen pasar  SUV kompak  semakin panas. Tentunya, kehadiran  S-Cross memberikan pilihan yang semakin banyak untuk konsumen yang sedang mencari SUV kompak dan sekaligus  menjaga loyalitas para pengguna Suzuki yang selama ini menunggu sosok penerus SX4.

Sejatinya tampang  S-Cross tidak begitu agresif. Lampu utama berukuran cukup besar  mendominasi bagian  depan dan sudah menganut proyektor  LED dan HID.  Gril berlapis krom dengan logo S di tengah dan  lampu kabut  di bawah bemper serta aksen hitam menjadikan tampilan depan S-Cross makin agresif dan gagah. Aura  SUV kian tegas berkat  skid plate di  bawah bemper depan belakang dan samping kanan kiri. Bagian belakang dilengkapi  lampu  kombinasi model terpisah yang mirip dengan Chevy Trax. Walau  Suzuki mengklaim S-Cross sebagai crossover, nyatanya  ground clearance  mobil ini hanya 180 mm yang berpotensi menjadi  sedikit hambatan di  medan off road ringan.

Kabin  S-Cross  menawarkan aura  mewah dan modern berkat ornamen  warna hitam mulai dasbor, trim pintu dan jok,  sedangkan console box  berwarna silver menambah kesan elegan. Dasbor dilengkapi  head unit  layar sentuh 7 inci  dengan fitur radio, CD/DVD player, MP3 iPod/iPhone/Android, USB Port, navigasi, dan konektivitas Bluetooth. Panel instrumen  menggunakan paduan sistem analog dan digital serta  dilengkapi  multi information display. Terdapat tombol engine start/stop untuk mematikan dan menghidupkan mesin.  O ya,
jok diposisikan  agak tinggi untuk  menjamin visibilitas  yang optimal ke segala arah. Bagi penumpang tersedia  ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lapang untuk penghuni kursi maupun belakang.  Sayangnya, tidak ada kisi ventilasi AC atau soket 12 Volt untuk  kenyamanan penumpang belakang selama perjalanan.

Unjuk  performa S-Cross berasal dari mesin 4 silinder 1.491 cc  dengan kode M15A yang terkenal tangguh karena sudah teruji saat digunakan oleh Baleno Next G dan Aerio. Mesin bertenaga  107 tk dan torsi 138 Nm ini  terhubung ke roda depan melalui  transmisi otomatis 6-speed atau manual 5-speed. Secara umum, karakter  mesin S-Cross terasa agak lambat di putaran bawah namun semakin galak di putaran tengah hingga atas.   Dari segi pengendaraan, paduan  suspensi depan MacPherson strut dan  suspensi belakang torsion beam  menghasilkan peredaman  cukup nyaman  namun masih terasa gejala body roll saat melesat cepat di tikungan.

Spesifikasi Suzuki S-Croos

Harga : Rp 246,9 juta – Rp 259,9 juta
Dimensi : (P/L/T) 4.300/1.765/1.590
Wheelbase (mm) : 2.600

Mesin
Tipe : I-4, DOHC VVT 16 katup
Kapasitas (cc) : 1.491
Tenaga (tk/rpm) : 107/6.000
Torsi (Nm/Rpm) : 138/4.400
Transmisi : manual 5-speed, otomatis 6-speed

Plus
Fitur, Kabin

Minus
Ground clearance, body roll

IMG_7085 IMG_7107 IMG_6393 IMG_7073 IMG_7081 IMG_7069

Kesimpulan

Chevrolet Trax :

Secara keseluruhan, Chevrolet Trax bisa  diandalkan sebagai  kendaraan sehari-hari disertai  kemampuan menjelajahi medan off road ringan pada akhir pekan. Kabin lapang dan kelengkapan fitur memberikan kenyamanan bagi penumpang saat  perjalanan jauh. Suspensi berkarakter medium memadukan kenyamanan dan stabilitas pada berbagai kondisi jalan.

Honda HR-V :

Dalam  segmen pasar  SUV kompak kelas 1,5 liter, Honda  HR-V  menawarkan nilai jual unggulan yang menarik. Desain  dinamis dan sporti, performa  prima,  efisiensi impresif, kabin lapang hingga kesenangan mengemudi  dan  jaminan nama besar Honda. Selain dengan mesin 1,5 liter, HR-V  tersedia dengan  opsi mesin 1,8 liter untuk menjawab kebutuhan  konsumen yang lebih mementingkan performa.

Suzuki S-Crooss : 

Desain eksteriornya  terkesan kalem namun  gagah  layaknya SUV. Agak terlambat hadir  kembali untuk meneruskan legenda SX4  di segmen pasar  SUV kompak, namun ketangguhan, kelengkapan fitur dan harga kompetitif  menjadi nilai jual unggulan yang tidak bisa diabaikan oleh pemain  lain. Bodi panjang menjamin  kabin nyaman bagi penumpang dan  ban   semi off-road  mendukung karakternya sebagai SUV.

Read more:
IMG_20141213_193839
Inilah Pemenang Juke Alter Ego Modification Contest

Nissan Motor Indonesia (NMI) mengumumkan King of Juke Alter Ego Modification Contest untuk Wilayah Barat (Jakarta dan sekitarnya). Gelar King of...

Close