Tips Porting Polish

0

mobilmotor.co.id – Tenaga mesin merupakan salah satu faktor kenyamanan berkendara, terutama bagi yang menyukai kendaraan dengan performa yang baik. Kadang kondisi standar pabrikan dirasa kurang cukup sehingga pemilik kendaraan melakukan berbagai modifikasi untuk meningkatkan performa kendaraannya, baik dari mesin, suspensi dan komponen lainnya demi kepuasan berkendara.

Banyak cara untuk mendapatkan mesin bertenaga, misalnya dengan mengganti parts kendaraan seperti filter udara, ganti knalpot, ganti busi dan masih banyak lagi. Tapi hanya satu cara yang paling jitu untuk meningkatkan tenaga mesin secara signifikan, yaitu dengan melakukan porting polish atau lebih dikenal korek mesin.

Apa sih porting polish? Sederhananya adalah membuang semua kelebihan material yang ada pada intake port, exhaust port hingga combustion chamber (ruang bakar), sehingga permukaan  intake dan exhaust  port menjadi halus dan licin. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas udara yang masuk dan keluar agar tidak ada hambatan.

Porting cylinder head akan meningkatkan efisiensi. Hasil apa yang didapat dari porting polish? Tenaga mesin (horsepower) dan torsi bisa meningkat hingga 10%. Polishing permukaan combustion chamber akan membantu mengurangi penumpukan carbon. Permukaan piston dibersihkan dari kerak karbon.

Pengaplikasian porting polish dilakukan pada seluruh mobil balap. Namun pada dasarnya pengaplikasian dapat dilakukan pada mobil yang dipakai harian. Hasil porting polish akan sangat terasa pada mobil natural aspirated. Proses pengerjaannya dengan menggunakan gerinda khusus.

Hasil porting polish akan lebih maksimal jika didukung dengan penggantian parts seperti filter udara dan exhaust manifold.

Dengan mengganti filter udara, udara menjadi leluasa masuk ke ruang bakar. Air fuel ratio disetel secara berimbang sehingga pembakaran menjadi sempurna dan efisien.

Filter udara ada dua macam.
1. Replacement dari filter udara standar.
Kelebihan filter udara macam ini:
– Ditempatkan pada box filter udara sehingga tidak menimbulkan suara bising     pada mesin hingga ke kabin.
– Tidak cepat kotor karena tertutup filter box

Kekurangan:
– Debit udara tidak sebanyak open pod air filter

2. Open pod air filter
Kelebihan air filter jenis ini:
Debit udara lebih banyak dari jenis replacement air filter, udara mengalir lebih baik daripada dan pastinya jauh lebih baik dibandingkan dengan filter standar.

Kekurangan filter udara jenis ini menjadi kelebihan dari replacement filter udara standar. Open pod air filter ini cenderung berisik karena tidak tertutup filter box. Disamping itu filter udara jenis ini lebih cepat kotor karena terbuka.

Exhaust manifold (header) dari yang standar diganti menjadi konfigurasi 4-1 atau 4-2-1.
Untuk konfigurasi 4-2-1 tenaga mesin putaran bawah lebih kuat. Sebaliknya exhaust manifold 4-1 cenderung putaran atasnya lebih baik dari pada putaran bawah. Kesimpulannya pemakaian jenis header harus disesuaikan dengan kebutuhan dan disain mesin

Bobot dari pipa header lebih ringan dari exhaust manifold standar yang pada umumnya terbuat dari besi cor.

Apabila mesin efisien dan bertenaga, maka pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas dalam-dalam untuk berakselerasi, cukup sedikit saja, maka mobil langsung ngacir. Efeknya adalah penghematan bahan bakar. Biasanya dengan tenaga mesin yang enak, pengemudi terpancing untuk ngebut, saat itulah bahan bakar menjadi boros.

Read more:
IMG_1643
168 Hours Nonstop Extreme Challenge

mobilmotor.co.id - Ada dua unit Land Rover Discovery Sport menggunakan oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN...

Close