Tips Mencuci Mobil

0

mobilmotor.co.id –┬áKondisi cuaca panas, kering, dan berdebu tidak selalu lebih baik untuk mobil Anda dibandingkan hujan. Menghadapi kedua kondisi cuaca tersebut, mobil tetap harus dirawat eksteriornya. Saat panas, debu menempel di bodi mobil dan akan semakin tebal jika terus dibiarkan. Pada malam hari, suhu menjadi lebih dingin sehingga timbul embun yang membuat debu semakin melekat.

Bolak-balik ke tempat pencucian mobil menjadi tidak efisien bagi sebagian orang. Ditambah lagi, biaya yang harus dikeluarkan juga tak sedikit. Melakukan kegiatan mencuci mobil sebenarnya tidak sulit. Asalkan dilakukan dengan benar, hasilnya akan maksimal. Tips berikut perlu Anda perhatikan supaya proses mencuci mobil sendiri jadi lebih efisien.

  1. 1. Jangan mengelap bodi mobil dalam kondisi kering karena debu dan kotoran yang ditekan dengan kain lap dapat menyebabkan goresan di cat atau kaca mobil. Gunakan lap bersih yang menyerap air serta aman bagi cat dan kaca. Sebelumnya, basahi dulu bodi mobil dengan air mengalir, baru kemudian di Jika mobil sangat kotor, lakukan langkah ini dua kali untuk memastikan permukaan yang akan dilap benar-benar basah.
  1. 2. Jangan cuci langsung di bawah terik matahari karena dapat meninggalkan noda pada cat dan merusak lapisan luar cat. Mengembalikan kondisi cat membutuhkan biaya lebih besar. Jadi, sebaiknya Anda berhati-jati saat mencuci mobil.
  1. 3. Bila mencuci menggunakan air dan ember, jangan malas mengganti air yang sudah keruh untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Mencuci dengan air satu ember yang juga digunakan untuk membilas membuat kotoran kembali menempel di bodi mobil. Hasilnya tak akan semaksimal jika Anda menggunakan dua buah wadah air; satu untuk mencuci dan satu untuk membilas.
  1. 4. Jangan gunakan sembarang sabun. Gunakan sabun khusus untuk mencuci mobil agar keindahan warna cat tahan lama.
  1. 5. Bersihkan pula ban dan pelek sampai ke sela-sela pelek paling dalam. Kotoran yang tertinggal di sela-sela pelek, terutama di bibir pelek, lama kelamaan akan menyebabkan korosi. Korosi di bibir pelek akan mengakibatkan angin ban merembes sehingga tekanan angin ban akan terus-menerus berkurang.
  1. 6. Jangan lupa juga mencuci karpet dalam kabin agar bebas dari debu dan kotoran. Kotoran di karpet dan interior akan membebani kerja AC. Kabin yang bebas debu akan membuat pengemudi dan penumpang nyaman.
Read more:
Segenap Management UD Trucks Indonesia bersama Astra International UD Trucks Sales Operations(1)
UD Trucks memberikan perhatian lebih bagi pengemudi truk di Indonesia

mobilmotor.co.id UD Trucks memberikan apresiasi bagi para pengemudi truk Indonesia melalui kegiatan aktivasi pertama di pom bensin, yang akan berlangsung...

Close