RoadTest Chevrolet 1.4 Trax LTZ AT

0

Ulasan

mobilmotor.co.idDimensi yang kompak dan ruang kabinnya yang lapang menjadikan penumpang nyaman di dalamnya

Meningkatnya minat  konsumen pada  mobil jenis  SUV (Sport Utility Vehicle), memiliki nilai positif disaat lesunya penjualan mobil saat ini. Pantas, kalau   APM terus mengenjot penjualan mobilnya melalui SUV.  Spesifikasi yang dimiliki mobil SUV diantaranya memiliki  ground clearance yang tinggi dan tangguh, menjadikan mobil ini  bisa dibawa kemana saja. Kenyamanan dan ruang kabinnya pun menyamai mobil sedan.

Hadirnya Chevrolet Trax di Indonesia menambah  banyaknya  pilihan  mobil SUV bagi Konsumen.   Trax tentunya memberikan  tawaran menarik bagi konsumen yang mencari hal berbeda dari sebuah mobil SUV yang telah ada sebelumnya . Untuk mengetahui  ketangguhan Chevrolet Trax  ini MM melakukan  Road Test dengan berbagai kondisi  jalan yang bervariasi.

EKSTERIOR

Desain eksterior Trax  terlihat seperti  hasil perpaduan antara sebuah cross over dengan mobil SUV. Perpaduan tersebut menghasilkan tampilan Trax terlihat kompak,  dinamis,  dan sporti. Penggunaan electric sunroof  dan dudukan rak (kargo) di bagian atas  menambahan kesan mobil petualang dan kerennya tampilan luar Trax. Penggunaan pelek alumunium berukuran 18 inci  menambah gagahnya tampilan Trax.

Kesan garang  diperlihatkan  pada bagian depan, dimana bemper depan dibuat dengan ukuran  tebal.  Bember yang lengkap dengan lampu kabut terpasang menyatu dengan spakbor . Lampu utamanya yang terkesan kebesaran dilengkapi dengan lampu jenis Halogen dan dilengkapi dengan  auto on/off. Kesan sporti di bagian belakang diperlihatkan dengan adanya  tailgate spoiler dan bemper yang diberi  warna berbeda dengan bodi.

INTERIOR

Memiliki dimensi yang kompak seperti Trax ini, membutuhkan perhitungan yang cermat dalam mendesain  ruang kabin.  Chevrolet memang cerdas dalam mendesain kabin berpenumpang 5 orang ini. Hasilnya Trax  menawarkan  ruang kabin  yang mewah, lapang dan modern. Penggunaan  material plastik pada dasbor serta  perpaduan  warna gelap yang dikombinasi dengan warna silver menambah kesan sporti di ruang kabin.

Dasbor dilengkapi dengan cluster meter  yang menggabungkan sistem analog dan digital  untuk  petunjuk kecepatan dan putaran mesin. Untuk memudahkan pengemudi mendapat posisi duduk yang pas, jok pengemudi dilengkapi dengan setelan maju – mundur, turun- naik, reclining dan dilengkapi dengan roda kemudi sistem  tilt dan telescopic steering.  Selain AC untuk menambah kenyamanan,  pada dasbor dipasangkan pula head unit 7 inci LCD. Head unit ini dilengkapi dengan radio, pemutar  CD/DVD player, MP3, iPod/iPhone/Android, USB Port dan Bluetooth. Enam speaker menjadi pelengkap pada sistem audio di Trax.

PERFORMA

Chevrolet Trax yang dibekali mesin bensin empat silinder  1.400 dilengkapi turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal 138 HP pada 4.900 – 6.000 rpm.  Torsi 20,4 kgm direntang 1.850 – 4.900 ditambah dengan turbocharger  menjadikan mesin  mampu menghasilkan tenaga, sekalipun mesin masih berada diputaran bawah. Untuk meneruskan putaran mesin keroda, Trax dilengkapi dengan transmisi matic 6 percepatan dengan tiptronic.

Mengendarai Trax di jalan perkotaan tidak mengalami hambatan. Ditambah penggunaan  penggunaan transmisi matik 6 percepatan mengemudikan Trax  sangat menyenangkan dan santai. Di jalan bebas hambatan Trax mampu dilarikan hingga 155 km/jam. Tingkat kenyamanan dan keamanan yang dirasakan MM berada pada  kecepatan 110 km/jam sampai 120 km/jam. Ada sedikit diluar kebiasaan dengan  sistem tiptronic yang dipergunakan Trax, yaitu posisi tombol yang berada di tongkat transmisi. Tombol  yang  berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan gigi transmisi  MM merasakan kurang nyaman dan tidak ergonomis saat dipergunakan.

Kenyamanan dari sistem kerja suspensi tidak saja dirasakan MM di jalan TOL. Di permukaan jalan berbatu dan tanah kering, Trax tergolong stabil dan mantap .  Trax menggunakan supensi depan McPherson Strut dan Compound Crank Rear Axle di roda belakang. Perpaduan dua jenis suspensi ini menghasilkan suspensi Trax berkarater medium hard, sehingga memberikan kompromi paling pas antara kenyamanan dan stabilitas. Kemantapan berkendara  Trax di segala medan  didukung pula oleh power steering yang bekerja cukup baik. Begitu pula dengan rem yang dilengkapi  ABS, EBD dan PBA membuat daya pengereman  semakin terjamin dan aman.

Komentar:

Chevrolet Trax perlu dipertimbangkan untuk dijadikan kendaraan harian yang bisa diajak berpetualang. Penataan ruang kabin yang  baik menjadikan  penumpang nyaman diperjalanan. Suspensinya yang cendrung medium hard sehingga memberikan kompromi paling pas antara kenyamanan dan stabilitas untuk di segala permukaan jalan.

we like: kenyamanan, akselerasi, audio
we don’t: tombol perseneling tiptronic, noise

Spesifikasi

SPESIFIKASI              CHEVROLET TRAX 1.4 T LTZ AT 

Harga                          Rp 291 juta

Tipe Kendaraan         SUV 5 pintu, 5 penumpang

Fitur                            Dual airbags,  power steering

Sound System           Head Unit Double DIN , CD, Radio, USB. iPod

DIMENSI

Pjg/ lbr/tng (mm)    4.248/ 2.035/ 1.674

Wheel base (mm)   2.555

INTERIOR   FITUR SAFETY

Depan                   2 x 3 point seat belt, air bag

Baris ke dua          2 x 3 point seat belt

JOK

Depan           Sliding, reclining, turun- naik

PENGGERAK    MESIN

Tipe                            4 silinder turbocharger  Dual CVCP

Kapasitas (cc)          1.364

Tenaga (TK/rpm)       138/4.600 – 6.000

Torsi (kgm/rpm)          20,4/1.850 – 4.900

SISTEM GERAK

Transmisi                   Matik  6 percepatan

Opsi tambahan          Tiptronic

KEMUDI

Sistem                       Rack & Pinion Power steering

SUSPENSI

Depan               McPherson Strut

Belakang       Compound Crank Rear Axle

REM

Depan          Disc brake ABS

Belakang      Disc brake

Ban

Merek        Continental

Ukuran        215/55 R18 95 H

INTERIOR

Headroom (mm)   930/890

Legroom  (mm)   1170/1290

Lebar (mm)          1410/1370

Bagasi (p/l/t) mm   700/1000/780

Dek  (mm)          720

Tailgate (mm)     1890

Hasil Test

HASIL TES

Akselerasi            kondisi kering

0 – 20 km/jam     1,2 detik

0 – 40 km/jam     2,7 detik

0 – 60 km/jam    4,6 detik

0 – 80 km/jam    7 detik

0 – 100 km/jam  10,1 detik

0 – 400 meter 118,5km/jam @ 20 detik

Bahan bakar

Konsumsi BBM dalam  10,4 km/liter

Konsumsi BBM Tol  14,2 km/liter

Hasil pengujian           12,3 km/liter

Kapasitas Tangki        53  liter

Jenis bahan bakar       Pertamax

Kesenyapan Kabin (dB)

Idle                      37,6

20 km/jam            46,7

40 km/jam            57,3

60 km/jam            60,4

80 km/jam            61,7

100 km/jam          66,5

Foto

IMG_5331 IMG_5431 IMG_5404 IMG_5341 IMG_5335 IMG_5427

Read more:
Weekend Test Drive_Mercedes-Benz GLE
Mercedes-Benz Kembali Gelar Weekend Test Drive

mobilmotor.co.id - Pada kuartal pertama di tahun ini, Mercedes-Benz Indonesia kembali menyelenggarakan Mercedes-Benz Weekend Test Drive, yang berlokasi di Epiwalk...

Close