Komparasi Chevrolet Captiva, Hyundai Santa FE, Kia Sportage

0

Ulasan

mobilmotor.co.id Tiga SUV yang menawarkan efisiensi khas  diesel serta  karakter seperti kendaraan penumpang. 

Tingginya minat konsumen terhadap mobil jenis SUV membuat rivalitas di segmen pasar tersebut  semakin memanas. Tentunya, ada banyak hal yang membuat konsumen di Indonesia lebih cenderung memilih SUV dibanding jenis mobil lainnya. Karakter SUV yang bisa dibawa ke mana saja karena memiliki ground clearance tinggi dan bisa memuat 7 penumpang membuat mobil ini semakin digemari konsuen.

Di sisi lain, ketangguhan   Sport Utility Vehicle (SUV)  sudah perlu tidak diragukan lagi. Konstruksi  bodi yang kokoh, penampilan yang maskulin  dan ground clearance yang tinggi menjadikan mobil jenis ini siap  pergi ke mana saja. Namun sejalan perkembangan  waktu dan perubahan  jaman serta perubahan  selera  konsumen, SUV  bukan lagi hanya memiliki spesifikasi teknis yang melebihi mobil lainnya.  Juga menawarkan aspek  lainnya seperti penampilan yang modis serta   unsur efisiensi  yang optimal.

Menilik  latar belakang itu, wajar  kalau  SUV menjadi salah satu segmen pasar  yang berkembang cukup pesat pada  saat ini bagi  konsumen mobil di tanah air.  Jika  melihat sosoknya, konsumen Indonesia  lebih  menyukai SUV karena berbagai faktor. Salah satunya karena dimensi ruang kabin  yang relatif lebih luas  daripada  sedan atau hatchback. Apalagi kebanyakan SUV yang beredar di pasar Indonesia menawarkan  ukuran bodi yang  relatif besar. Dan jangan lupa,  tampilan  SUV yang  gagah  turut mendorong  konsumen di Indonesia untuk menyukai jenis mobil ini.

Belakangan, konsumen menuntut SUV yang menawarkan  efisiensi optimal.  Artinya, konsumen SUV  menuntut konsumsi bahan bakar yang hemat agar  tidak membuat kantung jebol karena  rakus melahap bahan bakar. Terbukti, segmen  SUV bermesin diesel mempunyai konsumen yang fanatik.  Makanya tidak heran kalau saat ini banyak pabrikan otomotif yang saling bersaing untuk menawarkan SUV diesel kepada konsumen.

Salah satu nilai jual  yang menonjol pada  mesin diesel  adalah  efisiensi berkat torsi besar yang tersedia  mulai  putaran bawah. Berbekal  torsi besar, mesin diesel sudah mampu  menghasilkan mobilitas maksimal bagi  SUV yang rata-rata  serba berat.  Untuk menciptakan  performa terbaik, mesin diesel membutuhkan beragam teknologi canggih. Salah satu unsur penting untuk mendukung teknologi tinggi pada mesin diesel adalah penggunaan  bahan bakar yang tepat. Dan bahan bakar  yang mampu memenuhi tuntutan kerja mesin diesel modern saat ini adalah  Pertamina Dex yang ditunjang oleh angka cetane tinggi dan kadar sulfur rendah sesuai spesifikasi  mesin diesel modern.

Dalam segmen pasar SUV diesel di Indonesia, ada banyak produk  yang saling bersaing ketat satu sama lain untuk memperebutkan konsumen. Semuanya saling menawarkan kelebihan dan keunggulan. Nah, di antara mereka terselip  sosok-sosok  seperti Chevrolet Captiva, Hyundai Santa Fe  dan KIA Sportage.   Ketiganya sama-sama menawarkan mesin diesel modern untuk mencapai nilai efisiensi dan keekonomian yang optimal. Siapa di antara ketiganya yang menjadi pilihan Anda, seluruhnya kembali kepada kebutuhan dan selera Anda. Selamat membaca.

Chevrolet Captiva

Sekitar dua tahun lalu, GM Indonesia yang menaungi merek Chevrolet melakukan penyegaran terhadap penampilan Captiva. Pertengahan tahun 2014 dianggap menjadi waktu yang cocok karena menyadari para rivalnya telah menampilkan produk baru atau setidaknya tampil dengan wajah baru. Terlebih, Captiva masih menjadi salah satu tulang punggung  yang sangat diandalkan untuk mendukung  penjualan  Chevrolet di Indonesia setelah GM Indonesia beralih fungsi dari prinsipal otomotif menjadi hanya perwakilan merek.

Saat memasuki kabin  SUV  blasteran Amerika  Korea  ini terpancar aura mewah yang kental berkat penggunaan material  interior yang solid. Pemilihan warna beige juga berperan membuat ruang penumpang  terasa lebih lapang dan nyaman bagi mata. Tata letak dan tata warna dasbor masih mempertahankan  sentuhan two-tone yang mengentalkan kesan berkelas. Sedangkan penerapan panel bermotif serat karbon menciptakan kesan akhir yang lebih sporti.

Sepintas, tata letak tombol dan sistem kontrol di dasbor Captiva terkesan rumit sehingga butuh waktu untuk beradaptasi mengoperasikan seluruh perangkat tersebut. Hal ini masih belum berubah  sejak pertama kali Captiva dirilis di Indonesia pada 7 Juli 2007 lalu. Salah satunya adalah sistem  AC yang didukung fitur climate control dan dual zone. Kesalahan pengoperasian disebabkan oleh  posisi tombol kontrol AC berada di sisi bawah, sedangkan layar monitor sistem AC ditempatkan di sebelah atas. Selain itu, tombol pengatur fan speed sering terhalang tuas transmisi otomatis saat berada di posisi P.

Untuk program  penyegaran  kali ini, Chevrolet menambahkan sejumlah sentuhan kenyamanan. Contohnya rem parkir yang berganti dari tuas tarik menjadi tombol elektrik di belakang tuas transmisi. Tombol kontrol pada kemudi juga mengalami perbaikan. Kini, fungsinya bukan  hanya untuk mengatur sistem audio dan cruise control,  juga mencakup kontrol  AC di sisi kanan palang kemudi.

Salah satu nilai jual unggulan  Captiva berasal dari mesin diesel yang terkenal  andal dan memiliki performa impresif disertai  konsumsi solar yang cukup irit berkat teknologi common-rail. Selain itu, performa mesin 2,0 liter semakin impresif setelah program ulang ECU yang meningkatkan torsi dari 360 Nm menjadi 400 Nm. Transmisi otomatis 6-speed terbaru juga menjanjikan keasyikan  mengemudi yang semakin menyenangkan.

Plus
Performa, Efisiensi
Minus
Ground Clearance

Spek Chevrolet Captiva

Harga                          Rp 386,7 juta – Rp 460,5 juta

Dimensi (P/L/T, mm)              4.673/1.849/1.756

Wheelbase (mm)                     2.707

Mesin

Tipe                                         I-4, VGT, common-rail

Kapasitas (cc)                          1.998

Tenaga (tk/rpm)                       161/3.800

Torsi (Nm/rpm)                       400/2.000

Transmisi                                 otomatis 6-speed

IMG_1236 IMG_1241 39841-11-chev_ok IMG_1240 - Copy IMG_1249 IMG_1262

 

Hyundai Santa Fe

Kehadiran  New Hyundai Santa Fe menambah pilihan bagi konsumen yang menghendaki  SUV tangguh dan ekonomis dengan sentuhan di luar mainstream. Ketangguhannya dibuktikan dengan tes pada berbagai kondisi jalan dan sekaligus untuk mengetahui nilai ekonomis mesin diesel canggih yang digunakan  New Hyundai Santa Fe.

Sepintas, desain eksterior New Hyundai Santa Fe mengalami perubahan yang cukup signifikan. Grille-nya  tampil lebih gagah dan  kini  terpasang  DLR. Sedangkan head lamp  sudah menggunakan LED dan HID  model proyektor.  Secara garis besar, desain  eksterior New Santa Fe masih mirip dengan pendahulunya. Bagian buritan menjadi  sedikit bulat dan  ditambah  tailgate spoiler. Untuk menambah kegaga­hannya, New Santa Fe dilengkapi  pelek alloy 19 inci.

Kabin New San­ta FE  berbeda dengan saudaranya terdahulu. Desain dasbornya  lebih sporty dan mewah. Panel instrumen memadukan  sistem analog dan digital untuk speedometer dan tachometer. New Santa Fe dilengkapi  MID yang menampilkan beragam  informasi, termasuk konsumsi bahan bakar.   Perbedaan lainnya adalah atap panoramic  yang kini  bisa terbuka penuh sampai ke kabin belakang. Untuk  mendapatkan posisi mengemudi  yang pas, jok pengemudi New Santa Fe  dilengkapi   sistem pengaturan  elektrik dengan 8 posisi. Selain itu,  kemudi New Santa Fe dibekali  fitur tilt and telescopic steer­ing  sehingga posisi  kemudi bisa  disetel sesuai  postur tubuh pengemudi.

New Santa Fe didukung  mesin turbo diesel  2,2 liter yang  menghasilkan tenaga 194 tk pada 3.800 rpm dan torsi 44,5 kgm pada  1.800 rpm sampai 2.500 rpm. Secara umum,  akselerasi  New Santa Fe tergolong baik dan untuk  0—400 m hanya butuh waktu 17 detik dengan kecepatan 125,9 km/jam. New Santa Fe dilengkapi dengan transmisi otomatis Shiftronic 6 percepatan. Secara subjektif, per­pindahan gigi transmisinya terasa halus dan responsif.  Untuk menggunakan fitur  manualn­ya, pengemudi hanya perlu meng­geser tongkat persneling ke kiri dan  membuat  akselerasi New Santa Fe jadi semakin cepat dan bertenaga. Kinerja suspensi tergolong baik dan stabil. Begitu juga  di jalan tanah dan berbatu peredaman suspensi  tergolong baik. Suspensi berkarakter medium, tidak terlalu keras dan juga tidak lembek.

Spesifikasi

Harga Rp539 juta

Dimensi (P/L/T) 4.700/1.880/1.680

Wheelbase (mm) 2.700

Mesin

Tipe I-4,  turbo diesel

Kapasitas (cc) 2.199

Tenaga (tk/rpm) 194/3.800

Torsi (Nm/Rpm) 436/1.800-2.500

Transmisi otomatis  6-speed

Plus
Torsi, kabin, akselerasi, sunroof, kaca depan
Minus
Cahaya lampu, jok baris ketiga, dan rem parkir

1071410_New Santa Fe (3) - Copy 1071408_New Santa Fe (2) 1071412_New Santa Fe (5) - Copy DSC07235 1071415_New Santa Fe (7) 1071414_New Santa Fe (8) - Copy

Kia Sportage

Setelah cukup lama (sekitar 4 tahun) beredar  di pasar otomotif Indonesia dengan  mesin bensin Gamma II dan  Nu 2.0 L CVVT, akhirnya pada tahun lalu  PT KIA  Mobil Indonesia (KMI) menghadirkan Sportage bermesin diesel. SUV andalan KIA ini  memakai mesin diesel 4 silinder CRDi (Common Rail Direct Injection)  1.999 cc  dilengkapi  VGT (Variable Geometry Turbo) dengan kode  R 2.0 VGT dan menghasilkan  tenaga 175 hp  pada 4.000 rpm dan torsi  382 Nm yang mengalir rata  mulai 1.800 rpm hingga 2.500 rpm.

Oke cukup untuk perkenalan mesinnya, sekarang mari kita telaah kabinnya. Sepintas,  material dasbor terkesan “kurang mahal” dan minim  fitur. Boleh disebut, fitur yang berperan  mendongkrak penampilan interior Sportage adalah  panoramic roof yang  turut berfungsi sebagai sunroof. Memang,   Sportage menjadi  terlihat mewah. Namun  sunroof  relatif  jarang digunakan di Indonesia yang memiliki  iklim tropis yang panas disertai  humiditas tinggi. Maklum, AC selalu  hidup dan kaca selalu ditutup. Ditambah lagi  tingkat polusi udara tinggi di  kota besar membuat fitur atap bulan semakin jarang  digunakan.

Karakter peredaman  suspensi Sportage  terasa begitu nyaman dan  empuk, apalagi didujung ban dengan  profil tebal.  Anda  pun terbuai dengan  kenyamanan ketika mobil ini melalui permukaan jalan yang  kondisinya  kurang baik. Di sisi lain,  suspensi empuk  memiliki  dampak negatif saat mobil melaju pada  kecepatan tinggi. Gejala body roll akan muncul  saat Sportage diajak menikung cepat pada  kecepatan tinggi.

Kembali ke soal mesin. Harus diakui mesin diesel yang digunakan  Sportage  memiliki performa yang tergolong impresif. Torsi besarnya membuat mobil ini  terasa responsif saat berakselerasi.  Dengan  torsi sebesar 382 Nm sudah tersedia mulai  1.800 rpm, pengemudi  hanya perlu menekan  sedikit  pedal akselerator  untuk menggerakkan  mobil ini. Kelebihan lainnya terletak pada  konsumsi bahan bakar solar yang efisien.

Spesifikasi Kia Sportage

Harga                          Rp 450 juta

Dimensi (P/L/T)          4.440/1.855/1.645

Wheelbase (mm)         2.645

Mesin

Tipe                             I-4,  turbo diesel

Kapasitas (cc)              1.999

Tenaga (tk/rpm)           175/4.000

Torsi (Nm/Rpm)          382/1.800-2.500

Transmisi                     otomatis  6-speed

Plus
Kinerja mesin Suspensi
Minus
Harga Minim fitur

img_sportagerhd_wide_b_ex04_w 5 img_sportagerhd_wide_b_in01_w img_sportagerhd_wide_b_in03_w img_sportagerhd_wide_b_in10_w img_sportagerhd_wide_b_in09_w

Kesimpulan

Chevrolet Captiva

Masih menjadi andalan  bagi penjualan Chevrolet di Indonesia sehingga  wajib menjalani program penyegaran pada tahun 2014 agar tetap memiliki kemampuan berkompetisi  di segmen pasar SUV diesel. Selain penampilan yang lebih menarik,  juga disertai  program ulang pada ECU sehingga torsi mesin meningkat dari 360 Nm menjadi 400 Nm. Kenaikan torsi   berperan sangat penting  untuk  meningkatkan kemampuan berakselerasi dan efisiensi konsumsi bahan bakar. Berbekal penampilan baru dan performa impresif, Chevrolet Indonesia menaruh harapan besar pada  bahu Captiva untuk  tetap mampu menjaga nama besar Chevrolet di Indonesia.

Hyundai Santa FE

Ground clearance yang tinggi ditambah torsi yang besar membuat New Santa Fe patut Anda pertimbangkan untuk dijadikan kendaraan harian atau juga kendaraan bertualang. Adanya fitur Sport dan pilihan transmisi manual juga akan memuaskan hati Anda.

Kia Sportage

Harga yang relatif mahal sebanding dengan teknologi mesin diesel yang ditawarkan. Namun,  jika diukur dengan value for money, tentunya fitur yang tersedia menjadikan menjadi pekerjaan rumah tersendiri.  Bahkan untuk  fitur umum yang  saat ini banyak digunakan  oleh mobil-mobil lain seperti sensor parkir, mobil ini tidak punya. Sebaliknya,  jika menilik  performa mesin diesel yang disandangnya,  Anda mungkin paham mengapa harga mobil ini  relatif mahal

Read more:
DSC_6525 1 (1)
Honda Pecahkan Rekor Penjualan di Indonesia

mobilmotor.co.id Jakarta – PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan sejarah dengan meraih total penjualan sebesar 159.253 unit. Angka tersebut merupakan...

Close