Tips Menghitung Konsumsi Bahan Bakar

0

mobilmotor.co.id – Banyak mobil keluaran baru sudah dilengkapi dengan fitur penghitung konsumsi bahan bakar, baik melalui Multi Display Information maupun berupa display kecil di dasbor. Fitur penghitung konsumsi bahan bakar memberi informasi angka rata-rata pemakaian bahan bakar, atau dengan kata lain, menghitung pemakaian satu liter bahan bakar dalam jarak tertentu.

Fitur ini juga memberi informasi mengenai jarak yang masih dapat ditempuh kendaraan dengan sisa bahan bakar yang ada di tangki. Meski sebuah mobil tidak dilengkapi dengan fitur penghitung konsumsi bahan bakar, pengemudi tetap dapat menghitung konsumsi bahan bakar mobilnya secara manual. Langkahnya tidak sulit dan bisa dilakukan sendiri kapan pun.

  1. 1. Isi bahan bakar hingga penuh. Saat pengisian, apabila keran pengisi bahan bakar berhenti secara otomatis, isi kembali perlahan-lahan sampai bensin hampir mencapai bibir tangki. Hati-hati, jangan sampai bahan bakar meluap dan tumpah keluar.
  1. 2. Tekan tombol odometer sampai ke posisi nol. Jalankan mobil sampai menempuh jarak cukup jauh, di atas 100 km. Lebih jauh jarak yang ditempuh akan lebih baik.
  1. 3. Lihat dan catat berapa persisnya jarak yang ditempuh mobil Anda, kemudian isi kembali bahan bakar dengan cara sesuai poin 1. Gunakan jenis bahan bakar yang sama, kemudian hitung konsumsi bahan bakar dengan cara membagi jarak tempuh dengan jumlah liter yang masuk dalam tangki. Hitung sampai angka desimal yang tertera di mesin pengisi bahan bakar.
  1. 4. Lakukan observasi seperti ini lebih dari 3 kali dengan menempuh jalan yang sama. Sebaiknya Anda juga mengisi bahan bakar di tempat yang sama. Lakukan gaya mengemudi yang sama secara konstan. Kemudian, observasi lagi pada kondisi jalan yang berbeda, misal jalan macet, jalan lengang, atau jalan tol. Observasi berulang ini akan memberikan informasi mengenai konsumsi bahan bakar yang lebih akurat dibandingkan hanya melakukannya satu atau dua kali.

Sebagai ilustrasi, odometer menunjukkan angka 120,85 km, lalu bahan bakar yang bisa masuk tangki saat pengisian ulang adalah 12,721 liter. Maka penghitungannya adalah 120,85 dibagi 12,721, yaitu 9,5. Artinya, sebanyak satu liter bahan bakar dapat menempuh jarak 9,5 km.

Mengetahui konsumsi bahan bakar kendaraan bukan sekadar mengetahui angka, melainkan juga memberi informasi mengenai kondisi mobil tersebut. Konsumsi bahan bakar yang diinformasikan pabrikan menjadi patokan konsumsi bahan bakar yang digunakan sehari-hari. Perbedaan bisa terjadi, bergantung pada kondisi mobil, kondisi jalan, gaya mengemudi, dan beratnya beban yang diangkut mobil tersebut.

Sebaiknya observasi dilakukan secara berkala. Dengan demikian, Anda dapat diketahui kondisi kesehatan mobil. Bila konsumsi bahan bakar lebih boros, padahal kondisi jalan yang ditempuh sama seperti biasa, dengan gaya mengemudi yang sama, beban angkut yang sama, dan kondisi mobil yang sama tanpa adanya modifikasi, mungkin saja ada kerusakan atau kesalahan sistem. Bila terjadi terus menerus, sebaiknya periksakan mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk dianalisis dan diperbaiki sehingga kondisinya dapat kembali seperti semula.

Read more:
IMG_5437
Kuburan Bayi Kambira Tana Toraja

Setelah mendatangi tempat pemakaman Suku Tana Toraja yang disebut Londa. Di hari yang sama Tim Terios 7 Wonders juga mengunjungi...

Close