Perpaduan Hidrogen dan Tenaga Listrik

0

mobilmotor.co.id – Mirai adalah mobil pertama yang dikembangkan oleh Toyota yang mengaplikasikan perpaduan penggunaan bahan bakar hidrogen dan tenaga listrik. Mobil ini menggunakan fuel cell dan dapat menghasilkan listrik dari hasil reaksi reaksi hidrogen dengan oksigen. Toyota Mirai diklaim sangat ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi gas berbahaya. Prinsip cara kerjanya menggunakan gabungan fuel cell dengan basis teknologi hybrid dari Toyota Prius.

Cara kerja di sistem fuel cell dalam menghasilkan tenaga listrik mobil hidrogen listrik ini diawali dengan suplai hidrogen yang masuk ke anoda (kutub negatif) di fuel cell. Setelah proses tersebut terjadi, molekul hidrogen akan bereaksi untuk melepas elektron dan saat itulah berubah menjadi ion hidrogen. Kedua aksi kimia ini akan bergerak melalui membran polimer elektrolit ke sisi katoda sampai menghasilkan arus listrik. Sisa hasil reaksinya berupa air. Hasil dari listrik yang dihasilkan oleh fuel cell diarahkan ke motor listrik untuk menggerakkan mobil dan secara otomatis akan menyimpan energi listrik dalam baterai sekunder.

Dalam Toyota Mirai ini, bahan bakar hidrogen disimpan dalam dua tangki bertekanan tinggi dengan lapisan terdalam yang terbuat dari poliamida, dilapisi bahan resin yang tahan bocor (700 bar). Peningkatan kapasitas tangki berguna untuk memangkas bobot Toyota Mirai.

Fuel cell tersebut terdiri atas sel-sel dalam rangkaian membran elektroda (MEA). MEA terdiri atas membran elektrolit polimer yang dilapisi katalisator positif dan negatif di kedua sisinya. Sel-sel tersebut dapat menghasilkan kurang dari 1 Volt listrik terkoneksi secara seri untuk menghasilkan tengangan keluaran yang diperlukan. Fuel cell dapat menghasilkan reaksi yang optimal dari reaksi hidrokarbon untuk memproduksi energi listrik tanpa perlu membuang energi pembakaran. Sebanyak 83% dari energi molekul hidrogen dapat diubah menjadi tenaga listrik. Ini hampir tiga kali lipat lebih efisien dari penggunaan bahan bakar bensin.

Sistem kelistrikankan di sistem fuel cell Toyota Mirai juga telah diperkuat oleh boost converter yang menyatu di fuel cell tersebut untuk mengirim perintah ke motor listrik. Total tenaga yang dapat dihasilkan oleh motor listrik tersebut dapat mencapai 159 tk dengan dorongan torsi mencapai 335 Nm. Motor listrik dioperasikan secara otomatis melalui fuel cell saat mobil berakselerasi. Baterainya memiliki kapasitas 60 kWh dan pasokan maksimumnya adalah 9 kW.

941683_060114-toy-b 941676_060114-toy-d

Read more:
preview icoty
Preview Indonesian Car of the Year 2014

Berbeda dengan pelaksanaan ICOTY pada tahun-tahun sebelumnya, dalam pergelaran ICOTY kali ini, ada nuansa baru yang begitu unik. Terlihat ada...

Close