Mencari SUV Sejati

0

Ulasan

mobilmotor.co.id -Dunia permobilan terus berkembang, awal perkembangan permobilan tanah air diramaikan oleh hadirnya mobil-mobil MPV dengan kapasitas 7 penumpang.  Sesuai permintaan, kini pasar diramaikan oleh mobil-mobil yang lebih bergaya, mobil SUV juga dengan kapasitas 7 penumpang.

Beragam pilihan memang memberikan keuntungan bagi konsumennya, terdapat banyak pilihan harga dan kemampuan.  Dari sederet SUV yang telah ada, kini telah hadir SUV terbaru yang menjanjikan berbagai keunggulan.  Dalam hal keunggulan memang ada  perbedaan nyata antara SUV terbaru dengan SUV sejati yang dikhususkan untuk penggunaan medan berat.  SUV modern cenderung lebih kearah mobil rekreasi yang bisa dipergunakan berlibur sekeluarga ke tempat dengan kondisi jalan tergolong berat.  Tapi SUV modern akan tetap nyaman untuk penggunaan harian.

Ada tiga SUV terbaru yang patut menjadi pilihan para penggemar petualangan ringan yaitu Hyundai Santa Fe, Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota All New Fortuner.  Menarik untuk disimak bahwa dari ketiganya hanya All New Pajero Sport yang tidak memiliki pilihan mesin bensin, hanya tersedia pilihan mesin diesel saja.  Tapi untuk perangkat penggeraknya semua mempunyai pilihan penggerak 4 roda atau dua roda baik dengan transmisi manual maupun otomatis. Dan tentunya ketiga mobil tersebut mempunyai ruang bagasi yang sangat fleksibel untuk membawa barang bawaan sesuai kebutuhan.   Bila dilihat dimensinya, dari ketiga mobil ini Hyundai Santa Fe adalah terkecil, termasuk kapasitas mesinnnya.  Walau demikian tenaga dan torsi yang dihasilkan mesinnya adalah terbesar dikelasnya.  Dimana Pajero Sport dengan mesin 4N15 2.4l MIVEC hanya terpaut tipis dengan kemampuan Santa Fe.

Hyundai Santa FE

Santa Fe mempunyai tampilan khas SUV perkotaan dengan gaya elegannya.  Walau demikian, Santa Fe menjanjikan sederet kemampuan dan kenyamanan serta keamanan lebih saat diajak berpetualang. Bagi penggunanya Hyundai mempersiapakan kemudahan dengan dukungan transmisi otomotis untuk semua line-up Santa Fe.  Disini jelas bahwa Santa Fe dengan tenaga besarnya akan sangat nyaman untuk dipacu di jalan perkotaan maupun saat berada di medan berbatuan.

Melihat bagian interiornya, desainnya tergolong sederhana tapi sangat fungsional.  Di bagian pengemudi sangat lapang dihadapkan dengan panel berdesian fungsinal dan ergonomis.  Untuk perangkat pengamannya,  tersedia dua buah air-bag untuk pengemudi dan penumpang di depan.  Dikarenakan bentuk bodi yang melandai di belakang, ruang penumpang belakang terasa sempit, khususnya bagi penggunan orang dewasa dengan postur tubuh sedang.  Lain bila jok baris ketiga dilipat, terseda ruang bagasi sangat besar, sebesar 1.680 liter.

Eksteriornya, khas SUV perkotaan dengan dandanan cantik, tapi terlihat berotot.  Garis bodi yang tidak terputus dari ujung spakbor depan hingga belakang membuatnya terlihat kekar.  Lebih lagi bentuk garis ini dibuat lebih melebar di belakang.  Di bagian depan, terlihat manis dan rapi berkat dukunga lampu bergaya “Strom Edge” terlihat kekar menyatu dengan grill depan. Bagian belakang bergaya SUV premium ditunjang lampu memanjang dari pintu bagasi hingga bagian samping.  Untuk mempertegas karakter dinamis, Hyundai melengkapi Santa Fe dengan ornament krom dibeberapa bagiannya seperti pada tuas pintu dan grill depan.

Bagi penumpang di baris kedua dan ketiga tidak ada fasilitas tambahan yang diberikan.  Kenyamanan di bagian belakang sedikit berkurang, posisi jok yang lebih tinggi menjadikannya terasa lebih sempit.

Saat berada di jalan raya, pengendalian sangat dinamis dimana respon mesinnya terasa sangat baik.  Di jalan menanjak, dengan transmisi otomatisnya, sangat nyaman.  Saat di jalan jelek dan menanjak, transmisi bisa memberikan traksi yang pas ke semua rodanya, mudah untuk melakukan stop and go.

Spesifikasi:
Harga Rp.417,5 juta
Dimensi (P/L/T) 4.700/1.639/1.680
Wheelbase (mm) 2.700
Mesin tipe R2.2 CRDI
Kapasitas (cc) 2.199
Tenaga (PS/rpm) 197/3.800
Torsi (KGM/Rpm) 44.5/1.800 -25.00
Transmisi Otomatis 6 percepatan

We Like : Nyaman dan halus
We Don’t: Jok baris ketiga sempit

IMG_9186 IMG_9184 IMG_9180 DSC07236 DSC07261 DSC07235

Mitsubishi All New Pajero Sport

Selintas saja sudah bisa ditebak kemampuan mobil yang satu ini, gayanya yang kekar sangat mencerminkan kemampuan dari sebuah SUV sejati.  All New Pajero Sport,  bagian depannya terlihat dinamis, kekar khas SUV modern.  Laluan angin radiator model sarang lebah di bagian bawah serta grill memanjang hingga ke lampu utama memancarkan karisma kekuatan.  Beda saat dilihat dari samping, Pajero Sport terbaru ini sangatlah sederhana, kesan SUV ditampilkan dengan adanya pijakan kaki dikedua sisinya.   Di belakang, sangat unik dengan lampu yang dibuat memanjang hingga ke bagian bawah.  Tapi secara keseluruhan desain belakangnya terlihat kokoh, tanpa adanya banyak detil.

Bagian interior, mulai dari depan hingga belakang tercermin kesan mewah dengan adanya pelapis motif kayu dan aksen metal pada dasbor bagian tengah serta panel-panel pintunya.  Material dan pembuatan bagian interiornya terlihat mempunyai kualitas baik didukung perpaduan warna yang sangat pas. Untuk kemudahan, pengaturan jok depan dilakukan secara elektris.  Masih untuk kenyaman dan kemudahan selama perjalanan perangkat sarana hiburannya di buat terpadu dengan perangkat navigasi serta kamera monitor untuk memudahkan saat parkir.

Paling menarik dari bagian dalam mobil ini, sesuai dengan karakter SUV dengan bodi tinggi, penumpang belakang tetap mudah untuk keluar masuk berkat tersedianya pegangan di pilar B.  Selain itu untuk semua penumpangnya tersedia pegangan tangan, agar tidak terguncang saat off-road.  Dikarenakan atapnya hanya sedikit menurun di belakang, maka penumpang baris ketiga akan tetap nyaman.  Lebih lagi dengan bagian plafon yang dibuat sedikit meninggi. Khusus untuk pengendaranya, selain bisa diatur dalam 8 posisi, juga dibuat lebih nyaman agar tidak cepat lelah.

Mobil yang semua variannya dilengkapi mesin diesel adalah satu-satunya yang telah memakai transmisi 8 percepatan. Untuk kenyamanan dan stabilitas saat berada di jalan berbatu, berlumput atau di permukaan pasir tersedia tombol pilihan Super Select 4ED II yang bisa langsung diaktifkan saat kondisi lintasan berubah.

Kemudahan saat dikendarakan mulai dari control yang bisa dilakukan lewat tombol di roda kemudi, semua informasi yang tampil di panel sangat mudah untuk dilihat.  Walau bermesin diesel. All New Pajero Sport terasa sangat halus.    Getaran dan suara dari mesin bisa diminimalisir, dan memang mesin yang dimilikinya memang bersuara halus.  Rasio kompresi yang relative rendah serta penggunaan turbo dan intercooler sangat mendekung didapatnya suara halus tapi berperforma tinggi.

All New Pajero Sport terdapat dalam tiga varian, varian tertinggi adala Dakar.  Apa perbedaan dari varian tersebut?

Khusus untuk Dakar dicangkokan mesin diesel 4N5 2.4L MIVEC, mesin ini memiliki spesifikasi langkah panjang (diameter x langkah: 86,0 x 105,1 mm).  Ini mengindikasikan bahwa torsi yang dihasilkan akan sangat besar yang berpenghujung, akselerasi All New Pajero Sport Dakar akan sangat gesit.  Itu sebabnya pula Mitsubishi telah mencangkokan transmisi 8 percepatan di mobil ini.  Kemampuannya memang sangat luar biasa.

Tapi perlu diingat, saat mencobanya, embel-embel sport sangat kental dengan kemampuan mesin dan suspensi.  Bila kemampuan mesin telah dibeberkan di atas, karakter sport sangat terasa disini.  Daya cengkram ban di jalan sangat baik, walaupun saat dipergunakan di jalan perkotaan suspensi sportnya terasa sedikit lebih keras, khas mobil sport.

Spesifikasi:
Harga Rp496-622 juta
Dimensi (P/L/T) 4.785/1.815/1.805
Wheelbase (mm) 2.800
Mesin tipe 4N12 mivec
Kapasitas (cc) 2.400
Tenaga (tk/rpm) 181/3.500
Torsi (Nm/Rpm) 430/2.500
Transmisi Otomatis 6 percepatan

We Like : Performa, Suspensi
We Don’t: Kabin Belakang

IMG_2578 IMG_2592 IMG_2595 IMG_2611 IMG_2619 IMG_2652

Toyota All New Fortuner

Tampilan depan kekar ciri khas dari sebuah Fortuner ini kembali ditampilkan di All New Fortuner.  Garis-garis bodinya memberikan kesan berotot, mulai dari bagian depan di bagian bemper tengah dengan model menonjol dengan sudut tumpul terlihat kekar.  Disamping, bodi mengembung dengan garis-garis halus di ujung lamu belakang membuatnya terlihat halus, walau berotot tapi tidak kaku.

Bagian interior, sebagai SUV All New Fortuner menyajikan tampilan dasbor macho dengan desain logo Toyota.  Menjadi pusat perhatian ada di bagian tengah dasbor, selain terdapat perangkat hiburan juga terdapat layar untuk menampilkan berbagai informasi.  Desain bagian tengah dasbor dibuat menonjol dimana dikedua sisinya dibalut kulit berwarna senada dengan panel-panel lainnya.  Untuk mempertegas bagian ini serta memberikan kesan menyatu dengan rumah tuas transmisi, di kedua sisi diberi lis putih metal.

Berada di bagian dalamnya, terasa lapang tak terkecuali untuk penumpang di jok baris ketiga.  Bila diperlukan, jok belakang bisa dilipat menjadi bagasi luas multifungsi.

All New Fortuner tersedia dalam dua pilihan mesin, bensin dan solar.  Untuk bisa membandingkan dengan SUV dikelasnya yang juga bermesin diesel, sebagai pembandingnya adalah di kelas 2.400cc A/T.   Saat dikendarakan diberbagai medan, di jalan toll kemampuannya bisa dirasakan hingga maksimal.  Kemampuannya untuk bermanuver sangat baik, termasuk saat harus berakselerasi dalam jarak pendek untuk mendahului kendaraan lain.  Suspensinya, nyaman dan mampu menjaga stabilitas saat mobil dipacu.  Sayangnya di medan off-road suspensinya terasa terlalu lembut.  Ruang kabin terasa senyap layaknya mempergunakan mesin bensin.

Kemudahan lain yang bisa didapat, seperti mobil modern lainnya untuk mengganti sistem penggerak dari 2 roda ke-4 roda bisa dilakukan dengan mudah.  Pengendalian berbagai kelengkapan bisa dilakukan lewat sentuhan ringan di tombol yang ditempatkan di roda kemudi, sangat praktis.

Sering kurang mendapat perhatian, Fortuner mempunyai tangki terbesar di kelas SUV ini.  Tangki besar sangat menjanjikan, memudahkan saat harus berpetualang karena tidak perlu sering mengisi  bahan bakar.

Spesifikasi:
Harga Rp494 juta
Dimensi (P/L/T) 4.795/1.855/1.835
Wheelbase (mm) 2.745
Mesin tipe 1-4, DOHC 16V TURBO
Kapasitas (cc) 2.393
Tenaga (tk/rpm) 147/3.400
Torsi (Nm/Rpm) 360/1.200 – 2.600
Transmisi Metik 6 percepatan
Manual 6 percepatan

We Like : Performa, Suspensi
We Don’t: Kabin Belakang

IMG_2794_ok1 IMG_2822 IMG_2821 IMG_2848 IMG_2833 IMG_2808

Kesimpulan

Hyundai Santa FE

Hyundai Santa Fe mempunyai gaya yang selalu menarik, cocok sebagai pilihan penggemar SUV  dengan kemudahan dan kenyaman mirip sebuah sedan

Mitsubishi All New Pajero Sport

Dengan karakter sport yang sangat kuat serta fitur canggihnya, pilihan pas bagi para petualang serta penggemar off-road ringan.

Toyota All New Fortuner

Gaya dan performanya bisa menjadi pilihan para penggemar SUV stylish dan ekslusif sebagai kendaraan harian

Read more:
honda mobilio
Mobilio Pimpin Penjualan Honda di November 2015

mobilmotor.co.id Jakarta - Penjualan Honda pada November 2015 mencapai 3.910 unit, sumbangan terbesar berasal dari Honda Mobilio. Kini, total penjualan...

Close