Si Karet Besi

0

mobilmotor.co.id Engine mounting adalah salah satu komponen di bagian mesin yang terbuat dari karet dan dilapisi dengan besi. Fungsi dudukan mesin ini adalah untuk mengaitkan mesin dengan sasis agar dapat meredam getaran mesin saat mesin dihidupkan. Mobil berpenggerak roda belakang umumnya dilengkapi dengan dua engine mounting yang terletak di bagian kanan dan kiri mesin. Lihat saja di Daihatsu Xenia atau Toyota Rush.

Sementara itu, dalam mobil dengan penggerak roda depan biasanya dilengkapi dengan empat engine mounting. Posisinya dibagi dua, yaitu dua di sisi kanan kiri, sementara dua lagi di posisi depan dan belakang. Ini karena adanya konfigurasi front wheel drive ditambah satu buah trans mounting (dudukan transmisi) yang berfungsi untuk meminimalkan getaran saat transmisi digunakan.

Umumnya, dalam mobil dengan transmisi otomatis, beban pengoperasiannya lebih tinggi dibandingkan transmisi manual. Jadi, di beberapa mobil bertransmisi pedal dua, ukuran dan spesifikasi karet engine mounting telah disesuaikan dengan penambahan bobot tersebut atau ditambahkan dengan jenis dudukan mesin hidrolik. Penyesuaian ini dapat memaksimalkan peredaman getaran mesin serta meningkatkan kenyamanan berkendara. Engine mounting mampu bekerja maksimal saat mobil sedang berakselerasi atau berdeselarasi untuk menahan gerakan mesin yang diakibatkan oleh efek momen puntir.

Apa penyebab kerusakan engine mounting?

Engine mounting dapat mengalami kerusakan jika sudah dipakai cukup lama. Indikasinya dapat terlihat dari retakan-retakan di karet engine mounting. Jika tidak diganti dengan yang baru, maka, seiring umur pemakaiannya, karet engine mounting akan sobek. Lain lagi halnya dengan engine mounting hidrolik. Jika terjadi kerusakan, di sekitar engine mounting akan terdapat rembesan cairan hidrolik.

Pic14Gejala kerusakan engine mounting dapat terdeteksi ketika mesin pertama kali dihidupkan. Jika ada masalah, akan terdengar bunyi gaduh di bagian mesin, seperti ada entakan. Bunyi ini juga akan terdengar saat melintasi permukaan jalan yang bergelombang.

Dalam mobil bertransmisi manual, saat melepas kopling dan pindah gigi, akan terasa sedikit entakan. Namun, di mobil bertansmisi otomatis, perpindahan giginya akan terasa mengentak terus menerus, mulai dari pindah gigi dalam keadaan mobil berhenti sampai jalan.

Bagaimana menjaga karet engine mounting agar tidak mudah rusak?

Untuk mencegah kerusakan karet engine mounting, Anda bisa menyemprotkan silicone ke bagian tersebut secara rutin. Cairan silikon mampu membuat karet engine mounting tidak mudah getas sehingga lebih tahan lama. Gunakan silicone spray yang tahan air agar elastisitas karetnya tidak berubah meski terkena air. Harga silicone spray di pasaran sekitar Rp100 ribu dan bisa Anda dapatkan di toko aksesori atau onderdil mobil.

Toyato_Camry_engine_mount 2006_Honda_Civic_engine_mounting

Read more:
DSC07337
Honda Keluarkan Pesaing Juke

Secara resmi, Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan kehadiran anggota baru keluarga besar mereka. Mobil baru ini masuk dalam kategori compact...

Close