Komparasi Chevrolet Trax LTZ Ford EcoSport Honda HR-V

0

Ulasan

mobilmotor.co.id – Segmen pasar SUV (Sport Utility Vehicle) kompak masih tetap menjadi salah satu primadona di pasar otomotif Indonesia. Karena menjadi favorit konsumen, permintaan pasar pun jadi cukup tinggi. Ini wajar saja karena SUV kompak menawarkan dimensi fisik yang cocok untuk penggunaan dalam kota dan mumpuni untuk pemakaian  di luar kota. Selain itu, mesin berkapasitas 1,5 liter diyakini mampu memberikan kompromi yang ideal antara performa dan efisiensi.

Meski PT Ford Motor Indonesia sudah tidak aktif lagi di pasar otomotif Indonesia, produk-produknya tetap setia menyapa konsumen. Salah satunya adalah EcoSport yang bermain di segmen SUV kompak. Rivalnya ada Honda yang selama ini menjadi penonton yang mengamati kompetisi di segmen SUV kompak dari jauh. Honda akhirnya merasa perlu mengeluarkan jagoan andalannya untuk bersaing di kelas ini dengan nama HR-V. Untuk pasar otomotif Indonesia, PT Honda Prospect Motor selaku APM Honda di Indonesia menawarkan HR-V dengan pilihan mesin berkapasitas 1,5 L dan 1,8 L. Di sisi lain, PT General Motors Indonesia sebagai satu-satunya perwakilan merek Amerika di Indonesia menghadirkan Trax, SUV kompak yang didatangkan langsung dari Korea Selatan.

Sejatinya, ketiga kontestan yang saling bertarung kali ini menampilkan konsep produk yang mirip satu sama lain. Semuanya menganut konstruksi monocoque body dan suspensi ala sedan serta sistem penggerak roda depan. Secara teknis, platform ketiganya mengadaptasi platform sedan yang berarti mengedepankan pengendalian tanpa mengorbankan aspek lainnya. Ketiganya—Chevrolet Trax, Honda HR-V, dan  Ford EcoSport—tidak hanya menampilkan desain sporty, tetapi juga mementingkan unsur fungsional. Faktanya, ketiganya bisa diajak menjelajah ke mana pun Anda suka. Ternyata, mobil-mobil seperti ini bisa mengarungi medan yang terhitung cukup berat untuk dilalui oleh mobil sekelas sedan atau MPV.

Di sisi lain, harus diakui bahwa ketiganya juga menawarkan nilai jual di sektor performa. Untuk mendapatkan kadar performa yang optimal, tiga SUV ini didukung mesin modern berteknologi canggih yang tentunya membutuhkan bensin beroktan  tinggi. Khususnya ksatria  asal Jepang dan Amerika Serikat. Yaitu Honda dan Chevrolet, yang sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan teknologi yang canggih.

Selebihnya, trio SUV kompak ini memang diciptakan khusus dengan kemampuan yang prima untuk mengimbangi gaya hidup aktif pemiliknya. Siapa yang paling sesuai dan memenuhi kebutuhan konsumen? Mari kita simak bersama-sama.

Chevrolet Trax LTZ

Chevrolet Trax LTZ tampil sporty dan memikat berkat perpaduan grille besar, buritan besar, dan efek lebar fender. Berbekal dimensi panjang 4,2 meter, SUV crossover asal Negeri Paman Sam ini tidak terlihat kompak. Apalagi lebar totalnya hampir mencapai 1,8 meter yang sekaligus menciptakan kesan kokoh.

Chevrolet Trax dilengkapi dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1,4 L. Berkat turbo, tenaga mesinya dapat mencapai 140 tk pada 4.900 rpm, sedangkan  torsinya berjumlah 200 Nm pada 1.850 rpm—4.900 rpm. Mesin ini dipadukan bersama  transmisi otomatis 6 percepatan yang bekerja cepat dan halus. Kombinasi mesin dan transmisi menghasilkan kemampuan akselerasi mulai putaran bawah sampai menengah yang terasa sangat responsif. Chevrolet mengklaim akselerasi dari 0—100 km/jam hanya butuh waktu 9 detik dan kecepatan puncak bisa mencapai 210 km/jam.

Hal yang cukup mengesankan dari Trax LTZ adalah karakter peredaman suspensi yang terasa lembut saat melintasi permukaan jalan tidak rata. Kabinnya juga tergolong cukup senyap. Meskipun mobil ini berpostur tinggi, gejala body roll saat menikung agak cepat hampir tidak terasa. Bobot putaran kemudinya terasa ringan saat parkir dan mantap saat Trax melaju dengan kecepatan tinggi. Dari segi keselamatan aktif dan pasif, Trax dibekali dengan fitur ABS, 6 airbag, dan Hill Start Assist yang  menahan posisi mobil saat berhenti di posisi menanjak agar tidak tergelincir ke bawah ketika pengemudi melepas pedal rem.

Interior Trax terasa lapang walau dimensi luarnya terkesan kompak. Kabin terkesan berkelas karena disertai penggunaan material dasbor serta jok yang lembut dan berkualitas. Posisi mengemudinya tergolong ergonomis dan segenap tombol di sekitarnya cukup mudah dijangkau dan dioperasikan. Sayangnya, posisi duduk di kursi baris belakang agak tegak sehingga membuat punggung terasa cepat lelah saat perjalanan jauh. Akses bagasi cukup mudah, tetapi kapasitasnya kompak jika tempat duduk belakang berada dalam posisi tegak.

Plus

Performa mesin, desain.

Minus

Bagasi, kursi belakang.

Secara keseluruhan, Chevrolet Trax cukup responsif dan nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan harian tanpa mengurangi sisi fungsionalitas. Fitur-fitur yang ditawarkan pun cukup lengkap sehingga cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

SPEK CHEVROLET TRAX

Harga: Rp291 juta

Dimensi (P/L/T) 4.248/ 1.766/ 1.674

Wheelbase (mm) 2.555

Mesin

Tipe I-4 DOHC 16 katup turbo

Kapasitas (cc) 1,4 liter

Tenaga (tk/rpm) 140/4.900

Torsi (Nm/Rpm) 200/1.850—4.900

Transmisi  Otomatis  6 percepatan

Lead IMG_8537 IMG_8510 IMG_8487

Ford EcoSport

Ford mengandalkan EcoSport untuk bersaing melawan rival sekelasnya di seluruh dunia. Sebagai produk global, EcoSport lahir melalui kebijakan One Ford yang berarti tidak ada perbedaan mendasar dalam hal spesifikasi untuk setiap pasar. Sebagai SUV berukuran kompak, sosok EcoSport memang cukup berhasil menciptakan ilusi. Sepintas bodinya memang terkesan besar, namun setelah melihatnya langsung, ternyata dimensinya masuk kategori kompak sehingga mudah bermanuver dengan gesit dan lincah di jalan sempit atau di lahan parkir yang rapat.

Tampilan depan EcoSport menganut filosofi desain terbaru Ford yang disebut  Kinetic Design yang saat ini menjadi bahasa tubuh seluruh model Ford terbaru. Secara keseluruhan, setiap detail EcoSport dirancang untuk mengoptimalkan aspek aerodinamika. Di buritan, terlihat sentuhan bergaya macho khas SUV yang terkesan kuno berupa penempatan ban cadangan di pintu belakang. Hal yang unik di EcoSport adalah letak handle pembuka pintu belakang berada di sebelah kanan dan menyatu  dengan rumah lampu belakang.

Sekalipun EcoSport adalah SUV kota, kemampuan lintas jalan yang dimilikinya layak diberi pujian. Bekal ground clearance sebanyak 200 mm dan water fording 550 mm menjadi jaminan bahwa EcoSport cukup tangguh melintasi jalan rusak dan berlubang serta melalui genangan air yang cukup tinggi.

Masuk ke dalam kabin EcoSport, Anda akan langsung familier dengan atmosfer Fiesta karena EcoSport memakai platform Fiesta. Jadi, tak salah jika dikatakan bahwa EcoSport adalah Fiesta versi jangkung. Perbedaanny hanya terdapat di desain ventilasi AC dan door trim. Di sisi lain, kursi pengemudi dilengkapi dengan pengaturan yang sangat lengkap, mulai dari Tilt and Telescopic Steering, Height Adjuster, dan Lumbar Support sehingga pengemudi mendapatkan posisi mengemudi yang paling pas.

Akomodasi untuk penumpang depan dan belakang didukung volume ruang kaki dan ruang kepala yang cukup lapang. Duduk di bangku belakang juga cukup nyaman berkat 5 macam penyetelan sudut reclining sandaran punggung. Terdapat pula beberapa power outlet guna menjamin pasokan listrik untuk baterai gadget penumpang dan pengemudi. Sayangnya, dimensi ruang bagasi masih tergolong kompak.

Plus

Fitur, teknologi.

Minus

Bagasi, visibilitas belakang.

Harga Rp215,2 juta—Rp267,9 juta

Dimensi (P/L/T) 4.245/2.054/1.708

Wheelbase (mm) 2.521

Mesin

Tipe I-4 DOHC 16 katup

Kapasitas (cc) 1.499

Tenaga (tk/rpm) 108/6.050

Torsi (Nm/Rpm) 142/4.500

Transmisi Manual 5 percepatan/ Otomatis 6 percepatan

Kendati PT Ford Motor Indonesia (FMI) untuk saat ini sudah tidak beroperasi lagi, nama besarnya di segmen SUV kompak tetap dilanjutkan oleh EcoSport yang menawarkan desain sporty dengan sentuhan kinetik yang menjadi bahasa desain Ford secara global. Berbekal platform Fiesta, EcoSport menawarkan kualitas pengendalian dan stabilitas yang prima tanpa mengorbankan kenyamanan. Faktor utilitas juga menjadi nilai unggulan yang ditawarkan EcoSport melalui beragam ruang simpan dan fasilitas penunjang bagi para penumpang.

2_ford_ecosport 1115824_New-Ford-EcoSport-Titanium-9 engine-ecosport Ford_EcoSport_Rear

Honda HR-V

Honda menghadirkan HR-V sebagai jawaban atas permintaan konsumen yang membutuhkan SUV kompak dengan tingkat kenyamanan, stabilitas, daya jelajah tinggi, serta memberikan unsur prestise. Selain itu, HR-V juga diciptakan untuk memanjakan konsumen muda yang stylish, dinamis, dan suka berpetualang. Boleh dikatakan, Honda HR-V menawarkan kemewahan yang cukup menawan.

Desain eksteriornya terlihat sporty dan elegan. Untuk menambah kesan dinamis dan sporty, bagian depan HR-V dilengkapi bumper berukuran besar dan bumper spoiler di sisi bawahnya yang memiliki unsur fungsional. Penampilan sampingnya terkesan sporty dengan aksen side moulding sporty dan desain tuas pembuka pintu belakang  yang unik sehingga menciptakan kesan sebagai SUV coupe berpintu ganda. Tak ketinggalan, desain jendela pintu belakang yang berbentuk lengkung juga mengentalkan aura aerodinamis.

Masuk ke bagian kabin, HR-V menawarkan ruang dalam yang mewah dan modern. Dasbor dengan aksen warna gelap telah dilengkapi head unit model 2 DIN yang disertai layar sentuh. Untuk memudahkan pengemudi mengatur sistem audio, roda kemudi HR-V dilengkapi dengan sistem audio Steering Switch yang praktis dan mudah dioperasikan. Untuk panel instrumen, Honda memberikan sentuhan tersendiri dalam HR-V berupa perangkat yang memadukan sentuhan analog dan digital. Pengemudi juga dimanjakan dengan jok model sporty yang dilengkapi penyetelan yang cukup komprehensif dan lengkap mencakup maju-mundur, naik-turun, dan reclining.

Lalu, bagaimana dengan performa mesin sampai suspensinya? Sebagai SUV yang menyandang nama besar Honda, tentunya HR-V menawarkan performa dan pengendalian khas Honda yang selama ini menjadi nilai jual unggulan Honda. Karena itulah mesin HR-V 1,5 L yang mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 118 hp  pada 6.600 rpm disertai torsi 145 Nm pada 4.600 rpm disematkan. Mesinnya jadi terasa cukup bertenaga dan responsif. Kinerja mesin didukung transmisi pintar tanpa gigi (CVT) yang juga menawarkan performa responsif. Pengendalian tentunya tidak perlu dikomentari lagi karena karakter suspensi HR-V yang cenderung medium menjanjikan stabilitas prima dan minim gelaja body roll. HR-V juga dilengkapi fitur Auto Brake Hold (ABH) untuk menjaga posisi mobil agar tidak tergelincir ke belakang saat berhenti di tanjakan yang terjal dan ketika pengemudi melepaskan rem parkir dan rem kaki.

Harga Rp246 juta—Rp291 juta

Dimensi (P/L/T) 4.294/1.772/1.580

Wheelbase (mm) 2.610

Mesin

Tipe I-4, SOHC 16 katup

Kapasitas (cc) 1.497

Tenaga (tk/rpm) 118/6.600

Torsi (Nm/Rpm) 145/4.600

Transmisi manual 6 percepatan, CVT

Plus

Audio, kabin.

Minus

Noise, kursi belakang.

Sebagai pemimpin di segmen pasar SUV kompak kelas 1,5 L, Honda  HR-V memang  menawarkan banyak hal menarik. Mulai desain yang dinamis dan sporty, performa yang impresif, sampai kualitas pengendalian khas Honda semuanya tersaji lengkap. Dibandingkan para rivalnya, HR-V juga tersedia dengan mesin berkapasitas 1,8 L yang cocok bagi konsumen yang mengutamakan performa dan sedikit mengurangi efisiensi. Konsumenlah yang menentukan pilihan akhir, lebih suka efisiensi atau performa?

DSC00121 DSC00137 IMG_0150 IMG_0176

Read more:
IMG_0966
Road Test Renault Koleos 2.5 CVT

HALUS TAPI GARANG Transmisinya menghasilkan perpindahan gigi tanpa hentakan. Kemampuan jelajahnya patut diperhitungkan. mobilmotor.co.id, RoadTest - Kolaborasi Renault Prancis dengan...

Close