TMIIN Kembali Raih Penghargaan

0

mobilmotor.co.id – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali meraih penghargaan “Indonesia Most Admired Companies 2016” dari Majalah Warta Ekonomi. Penghargaan yang diberikan kepada perusahaan dengan citra yang baik di kalangan publik ini, diterima oleh Wakil Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono dari Founder Majalah Warta Ekonomi Fadel Muhammad, yang didampingi Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi M. Iksan dalam acara Malam Penganugerahan Penghargaan di Hotel Pullman pada tanggal 19 Mei 2016.

“Kami mengucapkan terimakasih atas penghargaan kedua yang kami terima sebagai Indonesia Most Admired Companies dari Majalah Warta Ekonomi. Penghargaan ini merupakan penyemangat bagi kami, Toyota Indonesia, untuk secara konsisten mendukung kegiatan pengembangan industri dan memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, sebagaimana yang tercantum dalam filosofi “Toyota Berbagi.” Kami berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik kedepannya” ujar Warih.

Sejak tahun 2001 atau selama 15 tahun, Warta Ekonomi menyelenggarakan pemilihan Indonesia Most Admired Companies (WIMACO). Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berdasarkan riset memiliki awareness tertinggi dan image terbaik berdasarkan persepsi responden sebagai perusahaan yang diidam-idamkan oleh responden.

Kriteria penilaian yang ditentukan oleh Warta Ekonomi termasuk diantaranya citra perusahaan, kepercayaan publik yang diberikan, investasi yang sudah dilakukan oleh perusahaan, pengelolaan sumber daya manusia, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Selain itu, penilaian juga mencakup pada kemampuan perusahaan untuk bersaing di pasar global serta perkembangan bisnis di pasar domestik dan internasional.

Pada tahun 2015, TMMIN mencatatkan pertumbuhan positif pada performa ekspor dari pencapaian di tahun 2014. Total ekspor kendaraan utuh (Complete Build-up Unit/CBU) model Toyota mencapai 176.700 unit atau naik 10% dibanding tahun sebelumnya, sehingga kontribusi terhadap total ekspor kendaraan utuh dari Indonesia naik menjadi 88%. Model-model kendaraan utuh bermerek Toyota yang diekspor adalah Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Agya, dan Town Ace/Lite Ace.

Di Bulan November 2015, Toyota meluncurkan produk baru All New Kijang Inova yang kemudian dilanjutkan dengan kehadiran All New Fortuner di awal tahun 2016 dengan nilai investasi sebesar 4,9 triliun Rupiah. Kedua produk ini memperoleh respon positif dari masyarakat Indonesia dan juga konsumen mancanegara. Tercatat, kedua model ini menyumbangkan porsi 48% dari total kinerja ekspor kendaraan bermerek Toyota di Bulan April 2016 yang berjumlah 16.800 unit.

Sebagai wujud komitmen untuk menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif Indonesia, Toyota menanamkan investasi sebesar 2,3 triliun Rupiah untuk pembangunan Pabrik baru Toyota di Karawang yang memproduksi mesin bensin aluminium bertipe R-NR untuk mobil penumpang dengan kapasitas produksi sebesar 216.000 unit per tahun yang baru saja diresmikan pada bulan Maret 2016 lalu.

Kedalaman rasio kandungan lokal menjadi salah satu perhatian utama bagi TMMIN. Seiring dengan pertumbuhan bisnis Toyota, sepanjang tahun 2015 jumlah pemasok komponen lapis pertama yang terlibat dalam rantai produksi TMMIN meningkat dari 107 perusahaan pemasok menjadi 123 perusahaan.

Peluncuran mesin R-NR di awal 2016 menambah jumlah menjadi 135 perusahaan. Baik All New Kijang Innova, All New Fortuner, maupun mesin baru yang diproduksi Toyota memiliki tingkat kandungan lokal yang tinggi, yaitu 85%, 75%, dan 80%. Sedangkan model lainnya yaitu Vios, Yaris, dan Etios memiliki tingkat kandungan lokal 60%.

Sejalan dengan filosofi Toyota Indonesia “We Make People Before We Make Product”, TMMIN mengembangkan dan mengoperasikan 3 TMMIN Learning Center (TLC) di area fasilitas produksi TMMIN. Selain sebagai sarana peningkatan kapabilitas karyawan, TLC juga digunakan oleh pemasok dan lembaga pendidikan di sekitar lokasi. Rangkaian upaya pengembangan SDM diwujudkan pula dengan pendirian Toyota Indonesia Academy (TIA) yang terletak di sebelah Pabrik Mesin Karawang. Akademi ini mengundang lulusan SMK terpilih dari penjuru Indonesia untuk mempelajari teknologi dan karakter manufaktur otomotif selama 1 tahun tanpa dipungut biaya. Sebanyak 32 siswa akan menjadi calon lulusan pertama dari TIA di akhir tahun 2016 ini.

Corporate Social Responsibility (CSR)
Kelestarian lingkungan tidak kalah penting menjadi fokus utama Toyota Indonesia yang aktif dalam aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan (CSR – Corporate Social Responsibility). Di awal tahun, Toyota melakukan kegiatan Toyota Forest berupa penanaman pohon bakau di Pantai Utara Semarang. Kegiatan ini merupakan rangkaian cita-cita Toyota untuk menanam sebanyak 1.000.000 pohon bakau di sepanjang pesisir Pantai Jawa hingga akhir 2016.

Selain di bidang lingkungan, Toyota juga memberikan perhatian yang besar di bidang pendidikan. Salah satunya melalui program Toyota Eco Youth (TEY), sebuah kontes perbaikan lingkungan bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Kejuruan (SMK) yang saat ini telah menginjak usia 1 dekade. Toyota juga memiliki Yayasan Toyota Astra (YTA) yang memberikan kesempatan beasiswa bagi para pelajar Indonesia yang berprestasi. Alat bantu peraga berupa kendaraan dan mesin utuh sebagai materi pelajaran bagi mahasiswa juga disumbangkan oleh Toyota Indonesia ke berbagai perguruan tinggi serta SMK di nusantara.

“Selama 45 tahun, Toyota menjadi bagian dari perkembangan dan kemajuan masyarakat Indonesia. Kami mendukung dan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk masa depan bangsa Indonesia yang lebih gemilang,“ujar Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN,  I Made Dana Tangkas.(AR)

Read more:
baksos-kti-jaya-autodigest4
Komunitas Trooper Indonesia Gelar Baksos ke Desa Rancabolang Gunung Patuha

mobilmotor - Kegiatan bakti sosial menjadi salah satu agenda rutin bagi komunitas otomotif. Selain menjalin silaturahmi antar anggota saat mengadakan...

Close