Pengaturan Sudut Camber

0

mobilmotor.co.id – Mempertahankan keselarasan roda adalah hal yang sangat diperlukan untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan berkendara. Beberapa gejala tidak menyenangkan mungkin pernah dirasakan saat Anda mengemudi, seperti setir bergetar saat melaju pada kecepatan rendah, bergetar saat melaju pada kecepatan tinggi, atau setir mobil terasa menarik ke kanan atau ke kiri. Gejala sekecil apa pun jika dirasakan terus menerus sebaiknya jangan diabaikan.

Setiap gejala perlu penanganan yang berbeda. Jangan didiamkan karena gejala sederhana tersebut bisa semakin parah dan bisa merusak komponen kaki-kaki mobil Anda. Sebaiknya lakukan perawatan secara rutin, seperti melakukan spooring atau wheel alignment secara berkala untuk menjaga keselarasan roda mobil sehingga mobil stabil dan tidak sulit dikendalikan. Saat spooring dilakukan, beberapa penyetelan juga dilakukan, seperti penyetelan toe-in, toe-out, penyetelan caster dan penyetelan sudut camber.

Penyetelan sudut camber dilakukan sesuai kebutuhan dan tujuan pemakaian mobil. Untuk pemakaian harian, penyetelannya berbeda dengan pengguna kendaraan yang menyukai kecepatan tinggi dan menghendaki performa tinggi di tikungan. Berbeda juga dengan penyetelan untuk penggunaan balapan di sirkuit. Untuk penggunaan di jalan raya, disarankan Anda mengacu kepada rekomendasi dari pabrikan mobil.

Camber adalah sudut kemiringan roda terhadap posisi roda secara vertikal jika roda dilihat dari depan atau dari belakang mobil. Camber memegang peranan penting terhadap kestabilan dan saat melibas tikungan. Penyetelan ini dibutuhkan untuk mobil dengan performa tinggi.

Bila berat kendaraan diposisikan di sisi bagian luar ban, ini disebut camber positif. Camber positif berguna untuk meningkatkan kualitas pengendaraan dan kestabilan. Jika camber disetel terlalu positif, akibatnya adalah berkurangnya daya cengkeram dan bahkan bisa mengakibatkan selip.

camber

Jika berat kendaraan dibebankan di sisi bagian dalam ban, ini disebut camber negatif. Posisi sudut camber negatif ini banyak disukai oleh pengemudi yang agresif karena memberi daya cengkeram yang lebih baik, teBAUT CAMBERrutama saat melaju di tikungan. Namun, posisi camber negatif ini dapat mengurangi kontak antara permukaan ban dengan permukaan jalan.

Dalam beberapa mobil, untuk melakukan penyetelan camber dibutuhkan komponen pendukung tambahan berupa baut camber. Baut camber umumnya tersedia dalam ukuran 14 mm sampai 17 mm.

Penyetelan camber positif dan negatif, selain memberi manfaat, juga memiliki kelemahan terhadap penggunaan ban. Keausan permukaan ban jadi tidak rata. Sisi yang menanggung beban lebih berat akan aus lebih dahulu. Dalam mobil dengan camber positif, sisi bagian luar ban akan aus lebih dahulu. Dalam mobil dengan camber negatif, sisi bagian dalam akan aus lebih dahulu. Jika posisi sudut camber 0o, tingkat keausan ban bersifat merata.

Sudut mana yang paling baik? Sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Read more:
Rolls-Royce-Dawn-0
Mobil Mewah Eurokars Mejeng di Plaza Senayan

mobilmotor.co.id - Seiring berjalan waktu, dimulai pada tahun 2016 lalu dengan komitmen untuk memberikan pengalaman eksklusif dan unik kepada para pelanggan, Eurokars...

Close