Motor Starter Tanpa Gigi

0

mobilmotor.co.id – ACG (Alternating Current Generator) adalah teknologi starter yang menggunakan starter elektrik seperti pada jenis kendaraan terkini atau premium car. Perbedaanya, sistem starter konvensional menggunakan motor listrik dan beberapa gigi penghubung untuk memutar kruk as sehingga, saat tombol starter ditekan atau stop kontak diputar, akan timbul suara seperti besi beradu sebagai pertanda gigi-gigi starter saling menggerakkan sampai mesin menyala. Tetapi, teknologi ACG tidak lagi membutuhkan motor starter dan mekanisme gigi starter sehingga dapat mengurangi suara kasar dari gigi starter dan sangat minim getaran.

ACG menggunakan motor starter elektrik yang mengandalkan putaran dari generator atau alternator untuk memutar kruk as. Alternator di sistem ACG berfungsi sebagai pembangkit listrik dan motor starter. Perangkat ACG memiliki 12 kutub magnet permanen yang melekat di dinding flywheel yang didalamnya terdapat 18 kumparan yang melilit inti besi. Saat ACG bekerja, kumparan-kumparan tersebut akan dapat berubah menjadi magnet yang tidak tetap untuk menggerakkan ACG.

Cara kerjanya, saat pengendara menekan tombol Auto Start/Stop atau memutar stop kontak, secara otomatis Electronic Control Unit di mesin akan mengirim perintah ke fitur ACG untuk mengerahkan aliran listrik ke 18 kumparan dengan 3 hal berbeda. Saat arus listrik mengalir melalui lilitan kawat yang memiliki inti besi, akan timbul medan magnet (prinsip kerja perangkat elektromagnet). Efek dari 3 hal yang berbeda di elektromagnet ini akan menghasilkan hukum tarik-menarik atau tolak-menolak. Kutub elektromagnet akan bekerja dengan magnet-magnet permanen di flywheel yang diletakkan dengan kutub-kutub yang berbeda. Saat flywheel bergerak untuk memutar kruk as, piston akan bergerak naik dan turun.

Ecu

Untuk memudahkan proses putaran kruk as, sistem ACG tersebut telah dilengkapi dengan sebuah perangkat dekompresi dan swingback. Fungsi dekompresi adalah mengurangi tekanan di ruang bahan bakar agar lebih mudah menghidupkan mesin sebelum starter dihidupkan swingback atau saat posisi kruk as berputar ke arah berlawanan. Saat mesin sudah dalam kondisi hidup, Electronic Control Unit akan memutus aliran kumparan ke listrik.dynamo starter

Kelebihan utama sistem ACG starter adalah sebagai berikut.

  1. 1. ACG starter tidak lagi menggunakan dinamo starter, jadi dapat lebih menekan penggunaan bahan bakar dan dapat lebih mengoptimalkan akselerasi mobil.
  2. 2. Dengan menghubungkan sistem ACG ke sistem fuel injection, kinerja Electronic Control Unit pun dapat lebih dimaksimalkan.
  3. 3. Sistem ACG juga dapat diterapkan di fitur Auto Start/Stop sehingga dapat mematikan mesin saat mobil tidak dalam kondisi idle.
Read more:
click
REKOR BARU PENGUNJUNG IIMS 2016

mobilmotor.co.id Jakarta, 18 April 2016 – Konsep dan jadwal baru penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) benar-benar berdampak positif. Dalam...

Close