Komparasi All New Fortuner,All New Kijang Innova,Isuzu Panther

1

Ulasan

 mobilmotor.co.id – Di Indonesia, segmen pasar MPV (Multi Purpose Vehicle) atau people carrier tetap menjadi primadona utama para pabrikan otomotif. Hal tersebut tercermin dari volume penjualan MPV (semua kelas) setiap tahun yang selalu mendominasi pasar mobil di tanah air. Manisnya segmen pasar MPV turut mengundang para pabrikan untuk melakukan pengembangan produk secara agresif dan intensif. Tidak heran kalau  sekitar setengah volume penjualan mobil di Indonesia lebih sering didominasi oleh  mobil jenis MPV.

Ada banyak faktor yang membuat MPV menjadi primadona di Indonesia. Daya angkut optimal untuk penumpang dan barang menjadi nilai jual utama MPV dibandingkan jenis mobil lain. Untuk pergi bersama keluarga, jelas MPV lebih nyaman dibandingkan city car. MPV juga menawarkan kemampuan mengangkut barang bawaan yang lebih banyak daripada mobil jenis lainnya. Fleksibilitas kabin turut menjadi nilai jual khas MPV. Umumnya, MPV memiliki tiga baris kursi sehingga konfigurasi tempat duduk juga bisa diatur secara fleksibel sesuai kebutuhan pengguna.

Di sisi lain, SUV menjadi salah satu jenis kendaraan yang cukup digemari oleh konsumen di Indonesia saat ini. Kabin yang lapang dan penampilan yang gagah menjadi alasan favorit pemilik SUV di Indonesia. Begitu pula kemampuan melahap beragam kondisi jalan dan kondisi medan dengan tetap menjaga penumpang dalam kondisi aman dan nyaman, keduanya hanya bisa diberikan oleh SUV. Menilik alasan tersebut, tidak berlebihan jika dikatakan nyaris semua pabrikan mobil memasarkan produk SUV di Indonesia. Pilihannya sangat beragam, mulai dari dimensi bodi dan mesin, transmisi, sistem penggerak, konstruksi sasis dan bodi, serta berbagai opsi lainnya.

Potensi pasar yang terbuka untuk segmen pasar SUV terlihat dari angka penjualan pada 2015 lalu. Segmen pasar SUV memang masih kalah dibanding segmen pasar MPV. Selisih keduanya terpaut sekitar ribuan unit saja. Hal itu menunjukkan kuatnya segmen pasar SUV, meski secara rata-rata harga SUV masih tergolong cukup tinggi.

Dalam komparasi kali ini tersaji tiga pilihan mobil. Ada Toyota Kijang Innova dengan mesin diesel dan transmisi otomatis baru. Lalu, ada Isuzu Panther, Sang Raja MPV bermesin diesel. Terakhir, tentu saja ada Toyota Fortuner generasi terbaru yang juga bermesin diesel. Mungkin Anda akan bertanya, kenapa harus tiga pilihan ini? Sederhana saja, semuanya kembali kepada faktor harga yang terkait dengan kebutuhan dan daya beli konsumen.

Bicara soal kebutuhan, harus diakui bahwa MPV dan SUV bermesin diesel memang memiliki daya tarik, mulai dari efisiensi bahan bakar, usia pakai yang lama, durabilitas yang optimal, sampai ketangguhan. Sementara itu, dari sudut pandang harga, sulit untuk memungkiri bahwa semakin banyak produk MPV dan SUV yang bermain di segmen harga kelas Rp400 juta. Artinya, konsumen harus meraih kocek yang semakin dalam untuk memiliki mobil idamannya. Namun, value for money akan menjadi faktor penentunya.

Saat ini, Toyota Kijang Innova terbaru dengan mesin diesel sudah bermain di kelas Rp400 jutaan. Lalu, ada pilihan Isuzu Panther dan Toyota Fortuner. Harus diakui, keduanya adalah MPV dan SUV diesel legendaris. Panther telah beredar sebagai MPV spesialis diesel sejak 1991 sampai hari ini sehingga usianya sudah mencapai 25 tahun. Meski sosoknya terkesan old school, masa edar selama 25 tahun menjadi bukti bahwa Panther memiliki pesona tersendiri. Sementara itu, Fortuner adalah SUV diesel era modern yang pertama kali hadir di pasar Indonesia pada tahun 2005. Dengan demikian, keduanya bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang sedang menimbang-nimbang untuk meminang Toyota Kijang Innova diesel.

All New Fortuner

Sosoknya sangat berbeda dengan pendahulunya. Kap mesinnya lebih tipis dan desain grille-nya lebih gagah. Lampu depannya memadukan Bi-Beam Hi-tech LED Projector dengan lampu DRL dan dilengkapi Auto Leveling membuat penampilan  depan Fortuner lebih elegan. Di bagian belakang, desain lampunya melebar sampai pintu bagasi dan dilengkapi spoiler atas. Nilai plus Fortuner baru terletak di pintu belakang dengan sistem Power Back Door dan pembuka pintu yang bisa diatur untuk  kenyamanan dan kemudahan saat muat-bongkar barang.

Kabin All New Fortuner dihiasi desain meter cluster baru yang lebih sporty dan  dilengkapi TFT Color untuk memberikan informasi melalui MID dan mudah digunakan. Semua All New Fortuner dilengkapi kemudi model baru dengan Steering Switch dan Paddle Shift. Untuk menambah kenyamanan penumpang, Toyota melengkapi kabin All New Fortuner dengan sistem audio berupa head unit 7,5 inci yang dilengkapi fitur perintah tangan, fasilitas pemutar DVD/ Dolby Digital, CD, radio, Bluetooth, USB, SD Card, iPod, dan sistem navigasi (GPS).

Performa mesin diesel turbo 2,4 liter dengan sistem Common Rail terasa responsif sehingga saat kick down, Fortuner mampu menghasilkan akselerasi yang baik dan mantap. Karakter mesin diesel yang memiliki torsi besar menjadikan Fortuner selalu bertenaga di setiap putaran mesin, mulai dari putaran rendah sampai tinggi. Transmisi otomatis 6 percepatan bekerja halus dan responsif. Selain itu, Fortuner juga dilengkapi Power Mode untuk menghasilkan akselerasi yang semakin cepat dan responsif. Pengemudi juga bisa langsung memanfaatkan fitur Manual Shift melalui tuas transmisi atau Paddle Shift.

Sebagai SUV,  pengendaraan Fortuner cukup stabil dan mantap dengan karakter peredaman suspensi yang tergolong medium hard. Paduan suspensi Double Wishbone dengan per keong dan stabilizer di roda depan serta 4 Link Lateral Rod dengan per keong menjadikan Fortuner siap diajak menjelajah di berbagai kondisi jalan. Fortuner terbaru didukung rem cakram 16 inci di roda depan dan rem  tromol di roda belakang. Fortuner juga dilengkapi ABS sehingga aman untuk dibawa ke mana saja, bahkan saat dipacu pada kecepatan tinggi.

Spesifikasi

Harga                         Rp494 juta

Dimensi (P/ L/ T)      4.795/ 1.855/ 1.835

Wheelbase (mm)      2.745

Mesin

Tipe                            I-4, DOHC 16 katup turbo diesel

Kapasitas (cc)           2.393

Tenaga (tk/rpm)        147/3.400

Torsi (Nm/Rpm)        360/1.200—2.600

Transmisi                   Manual 6 percepatan/ Otomatis 6 percepatan

Plus

Torsi, akselerasi, daya jelajah, kabin

Minus

Kursi belakang, noise

IMG_2799 IMG_2804 IMG_2805 IMG_2809 IMG_2816 IMG_2820 IMG_2823 IMG_2829 IMG_2858 IMG_2848 IMG_2837 IMG_2843 IMG_2836 IMG_2867 IMG_2869 IMG_2871 IMG_2876 IMG_2910

All New Kijang Innova

All New Kijang Innova kini tersedia dengan mesin diesel baru 2GD-FTV 2,4 Liter yang juga dipakai untuk Toy­ota Fortuner terbaru. Mesin diesel baru ini berkapasitas lebih kecil daripada mesin 2KD-FTV, namun lebih unggul di sektor tenaga dan torsi.  Mesin 2KD-FTV 2,5 Liter menghasilkan 102 hp dan 260 Nm, sedangkan mesin 2GD-FTV 2,4 Liter memproduksi 150 tk dan 360 Nm! Selain mesin diesel baru, transmisi otomatis 6 percepatan miliknya juga  baru.

Dibandingkan Kijang Innova bermesin bensin 2,0 L dengan transmisi manual, varian bermesin diesel dengan transmisi otomatis memberi­kan sensasi yang bertenaga. Akselerasi terasa responsif berkat torsi yang berlimpah pada putaran rendah, yaitu sekitar 2.000 rpm. Penambahan dua gear ratio transmisi membantu MPV Toyota ini mampu mencapai kece­patan puncak lebih tinggi, namun tetap hemat bahan bakar. Saat melaju konstan 100 km/jam, konsumsi solarnya sekitar 19—20 km/liter. Ketika melaju lebih cepat lagi, angka konsumsi bahan bakar menjadi 13 km/liter.

Pada kecepatan rata-rata 140—145 km/jam, Kijang Innova generasi kedua masih stabil dan nyaman. Torsi besar, transmisi otomatis yang halus, dan kabin senyap membuat Anda terlena sehingga tanpa terasa laju mobil sudah melebihi angka 100 km/jam. Getaran setir mulai terasa saat melaju pada kecepatan 160 km/jam yang membuktikan Kijang Innova sudah menjadi penjelajah nyaman di jalan tol. Suspensinya  terasa mantap meredam setiap “gangguan” di jalan aspal tanpa gejala body roll berarti. Saat melaju di atas 160 km/jam, suara angin sudah mengisi kabin, meski tidak  mengganggu karena penumpang masih dapat mengobrol tanpa harus berteriak.

Kabin All New Kijang Innova lebih mewah dibanding­kan Kijang Innova terdahulu karena memiliki deretan fitur canggih. Tercatat ada fitur MID dengan layar sentuh 8 inci plus internet dan radio digital, lampu depan LED otomatis, lampu kabin LED, dan AC digital di kabinnya. Khusus varian termewah 2.4Q, mobil ini dilengkapi sistem kontrol stabilitas dan 7 unit airbag. Penumpang di kursi tengah dimanjakan oleh jok kapten dengan sandaran tangan, meja lipat di belakang sandaran kursi depan, dan power outlet 12 V di konsol tengah.

Secara keseluruhan, kombinasi terbaru mesin diesel dan transmisi otomatis 6 percepatan terasa lebih impresif dan cocok untuk mobil keluarga legendaris ini. Besarnya torsi membuat Kijang Innova kian menyenangkan untuk pemakaian harian, apalagi konsumsi bahan bakarnya juga ekonomis.

Spesifikasi

Harga                         Rp 406 juta

Dimensi (P/ L/ T)      4.735/ 1.830/ 1.795

Wheelbase (mm)      2.750

Mesin

Tipe                            I-4, DOHC 16 katup turbo diesel

Kapasitas (cc)           2.393

Tenaga (tk/rpm)        147/3.400

Torsi (Nm/Rpm)        360/1.200—2.600

Transmisi                   manual 6 percepatan/ otomatis 6 percepatan

Plus

Kabin, performa, efisiensi.

Minus

Meja lipat, pintu bagasi.

IMG_8968 IMG_8985 IMG_8990 IMG_8995 IMG_8988 DSC07181 DSC07183 DSC07185 DSC07188 DSC07193

Isuzu Panther

Mungkin benar, Isuzu Panther adalah MPV bermesin diesel yang paling fenomenal dan monumental di Indonesia. Bagaimana tidak? Panther adalah satu-satunya MPV bermesin diesel yang masih bertahan sejak muncul perdana pada 1991 sampai hari ini. Saat itu, Panther menjadi rival langsung Toyota Kijang dan menyediakan pilihan bagi konsumen yang mencari MPV bermesin diesel. Seiring waktu, hadir Mitsubishi Kuda (bensin dan diesel) yang kemudian menghilang dan Toyota Kijang (kapsul, bensin, dan diesel) yang seterusnya berevolusi menjadi Toyota Kijang Innova (kini sudah memasuki generasi kedua).

Sejujurnya, Isuzu Panther memang disiapkan secara khusus untuk memenuhi segenap tuntutan konsumen MPV di pasar otomotif Indonesia. Hasilnya, segala hal yang melekat di MPV diesel legendaris ini memang terkesan old school. Namun, jangan tanya soal ketahanan, kebandelan, apalagi nilai ekonomisnya. Sungguh luar biasa. Intinya, Panther adalah MPV bermesin diesel yang hemat solar, memiliki biaya perawatan relatif murah, dan serbaguna. Itu pula sebabnya, tak ada yang protes soal sosoknya yang terlihat klasik.

Dibandingkan rival lainnya, mesin “terbaru” yang digunakan Isuzu Panther masih menganut rancangan zaman dulu. Spesifikasi teknis injeksi langsung Non-common Rail dan Turbo dianggap sudah cukup oleh konsumen yang tidak mau pusing dengan urusan teknologi dan kualitas bahan bakar solar. Di sisi lain, mesin tersebut masih mampu menjadikan Panther sebagai penjelajah yang andal dan ekonomis.

Hal lain yang membuat konsumen Panther sangat fanatik adalah postur mobil yang tinggi dan karakter peredaman suspensi yang tergolong empuk. Ditambah lagi dengan kaca depan dan kaca jendela samping yang berukuran besar, keduanya membuat visibilitas ke segala arah menjadi optimal. Kabin lapang dengan lantai rata dan pengaturan kursi yang sederhana juga memudahkan konsumen saat melakukan alih fungsi kabin, misalnya untuk mengangkut barang berukuran besar.

Postur tinggi dan mesin diesel juga memberikan keuntungan tersendiri saat melewati genangan air, bahkan sampai yang setinggi 30 cm yang kadang-kadang  muncul di beberapa lokasi di Jakarta setelah diguyur hujan deras. Sistem suspensi dengan langkah panjang dan berkarakter empuk tidak membuat bodi Panther berguncang saat melintasi lubang jalan yang cukup besar dan dalam. Namun, saat melalui jalan berkelok-kelok, seperti di kawasan Puncak, Jawa Barat, memang masih muncul gejala body roll  atau limbung yang membutuhkan penanganan tersendiri.

Spesifikasi

Harga                         Rp258 juta—Rp406 juta

Dimensi (P/ L/ T)      4535/ 1770/ 1920

Wheelbase (mm)      2.685

Mesin

Tipe                            I-4, OHV 8 katup diesel

Kapasitas (cc)           2.499

Tenaga (tk/rpm)        80/3.500

Torsi (Nm/Rpm)        191/1.800

Transmisi                   Manual 5 percepatan/ Otomatis 4 percepatan

Plus

Efisiensi, kabin lapang, tangguh.

Minus

Limbung, pengendalian.

IMG_0558 IMG_0539 IMG_0562 DSC03314 DSC03320 DSC03321 IMG_0545 IMG_0559 DSC03319

Kesimpulan

Fortuner

Forturner merupakan mobil yang cocok di semua medan. Jadi, tidak salah jika Anda memilih mobil untuk ini untuk menjelajah aspal perkotaan sampai jalan terjal pegunungan. Berbekal ground clearance yang tinggi, Fortuner mampu melintasi kawasan rawan banjir, seperti di beberapa wilayah di Jakarta.

All New Kijang Innova

Toyota Kijang Innova generasi terbaru bermesin diesel baru semakin menyenangkan dijadikan mobil keluarga. Besarnya torsi mesin mempermudah operasional harian. Ini juga disertai dengan efisiensi bahan bakar khas mesin diesel. Ruang kabin juga semakin nyaman berkat  kesenyapan dan kelengkapan fasilitas selama perjalanan.

Isuzu Panther

MPV diesel legendaris ini sudah cukup lama beredar di Indonesia. Jika dihitung sejak 1991 sampai 2016, maka Panther sudah 25 tahun mengabdi kepada para konsumen setianya. Hanya sedikit mobil yang mempunyai masa produksi begitu panjang dan tidak banyak perubahan selama rentang waktu tersebut. Panther adalah sebuah contoh produk yang dikembangkan sesuai dengan masukan dan permintaan konsumen.

  • Masak Yu!

    Kalau saya ga salah, Innova G Diesel harganya di bawah Rp 400 juta

Read more:
nuova-toyota-aygo-2014-al-salone-di-ginevra-2014
Toyota Aygo Makin Aman

Bersamaan dengan Citroen C1 dan Peugeot 108, produk mini car Toyota yang seplatform, Aygo generasi kedua, turut dihadirkan. Aygo generasi...

Close