Bergetar Hingga Setir

0

mobilmotor.co.id – Fungsi utama cross joint adalah untuk menghubungkan dua as atau kopel yang tidak segaris dengan sumbu as-nya. Tidak hanya itu, cross joint juga dapat mengubah gerak memutar menjadi gerak mendatar atau lateral. Itulah sebabnya cross joint banyak dipergunakan di kendaraan bermotor, seperti mobil, untuk menghubungkan kopel atau setir (roda kemudi).

Tugas cross joint adalah menghubungkan putaran roda kemudi ke steering column, lalu diteruskan ke steering gearbox. Di steering gearbox inilah gaya puntir setir diubah menjadi gaya lateral untuk menggerakkan roda depan melalui long tierot atau batang penghubung. Secara teknis, kerja cross joint cukup berat dan bisa mengalami keausan. Fungsi penting cross joint untuk setir membuat kita harus mewaspadai kerusakannya karena bisa berefek sebagai berikut.

  1. 1. Saat roda kemudi diputar (dibelokkan) ke kanan atau ke kiri, akan terasa adanya celah pergerakan dan pukulan logam di roda kemudi.
  2. 2. Roda kemudi masih bergetar sekali pun, ban sudah di-balancing atau di-spooring.
  3. 3. Jika cross joint rusak parah, bisa jadi roda kemudi tidak bisa diputar lagi.
  4. 4. Saat melintasi jalan berbatu (rusak), akan terdengar pukulan logam dari dalam kabin sampai terasa sampai ke roda kemudi.

Karena itu, Anda perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan kerusakan cross joint.

  1. 1. Saat melintasi jalan rusak (berbatu/ berlubang), mobil tetap dipacu kencang.
  2. 2. Roda sering dipaksa berbelok dalam keadaan mobil tidak bergerak.
  3. 3. Sistem suspensi yang rusak tidak segera diganti atau diperbaiki.
  4. 4.Penggunaan komponen berukuran sangat besar atau di luar ketentuan.

Jika cross joint setir rusak, Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel terdekat atau bengkel resmi. Pastikan Anda mendatangi bengkel yang terpercaya agar kerusakan bisa segera diatasi.(ARM)

DSCN4235 41KJn9KAWHL

Read more:
article-kia-kx3-produccion-china-marzo-2015-102799-54be2a906f090
KIA KX3 Calon Pesaing Berat Honda HR-V

Beberapa waktu lalu, KIA telah merilis mobil SUV mungil yang diberi nama KIA KX3. Crossover Compact ini dipersiapkan untuk menjadi...

Close