Throttle Body

0

Mobilmotor.co.id Jakarta: Mobil dengan sistem injeksi memiliki komponen throttle body yang merupakan satu bagian dari air intake system. Throttle body berfungsi mengontrol udara bersih yang telah disaring ke ruang bakar. Di ruang mesin, posisinya berada di antara boks filter udara dan intake manifold.

Ada dua cara mengomunikasikan gerakan akselerasi di pedal gas yang dilakukan pengemudi ke throttle body, yaitu dengan kabel gas. Ada juga cara tanpa kabel gas yang juga dikenal dengan drive by wire seperti yang terdapat di mobil-mobil keluaran terbaru. Ketika pengemudi berakselerasi dengan menekan pedal gas, throttle valve berotasi, membuka saluran bypass dan mengalirkan udara ke intake manifold.

Komponen penting lainnya yang juga merupakan bagian dari intake system adalah Throttle Position Sensor (TPS). TPS menempel di throttle body dan berfungsi mendeteksi pembukaan throttle valve dengan menggunakan potensiometer. TPS memberi informasi kepada ECU (Electronic Computer Unit) mengenai kondisi throttle ketika berada pada posisi idle, terbuka lebar, atau berada pada posisi di antaranya.

Ketika mesin mendapat beban, misalnya saat AC dihidupkan, putaran mesin kadang menurun. Kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan setting idle-up sehingga putaran mesin tidak menurun dan kembali normal. Ada beberapa mobil berperforma tinggi yang mengaplikasikan satu throttle body pada setiap silinder. Sistem ini disebut Individual Throttle Body (ITB). Selain dalam mobil berperforma tinggi, sistem ini juga diaplikasikan dalam mobil balap dan dapat pula diaplikasikan di mobil jalanan yang dimodifikasi untuk mendapatkan performa tinggi.

Throttle body harus dirawat agar tetap bersih. Throttle body yang kotor menyebabkan putaran mesin tidak stabil saat idle. Saringan udara juga harus selalu bersih agar semua kotoran dapat tersaring. Saringan udara yang kotor menyebabkan kotoran menumpuk di dinding bagian dalam serta di katup throttle body. Throttle body yang kotor menyebabkan tarikan tenaga mesin kurang responsif. Apabila kotoran menumpuk di throttle position censor, mesin akan pincang.

Oleh sebab itu, lakukan perawatan membersihkan saringan udara dan  throttle body secara berkala. Membersihkan throttle body bisa dilakukan sendiri dengan cairan khusus injection cleaner yang dijual di toko perlengkapan mobil. Semprotkan cairan pembersih ke mulut throttle body dalam keaadaan mesin dihidupkan. Jaga pada 5.000—6.000 rpm agar kerak yang terbakar terbuang melalui gas buang. Matikan mesin jika sudah terlihat bersih. Selama membersihkan throttle body, Anda harus berhati-hati karena cara ini mengandung risiko kesehatan. Gas buang mengandung karbon dioksida yang beracun. Jadi, jangan sampai terhirup.

Jika tidak punya waktu untuk membersihkan sendiri throttle body, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel. Di bengkel tersedia layanan pembersihan throttle body dengan kisaran biaya mulai dari Rp200.000 sampai Rp250.000. Pastikan Anda memilih bengkel yang terpercaya kualitas pembersihannya untuk mendapatkan hasil terbaik.(MI)

 

Read more:
Booth Adira Insurance saat  Bagi-Bagi Polis Gratis di SPBU Pertamina  Kuningan
Adira Insurance Bagi-Bagi Asuransi Kecelakan Gratis

mobilmotor - Adira Insurance melalui produk Autocillin menggelar program bagi-bagi asuransi kecelakaan diri gratis. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta pemahaman...

Close