Hybrid Bersih Dan Efisien

0

mobilmotor.co.id Belum lama ini, beberapa produsen mobil, seperti Tata Motors dan produsen mobil Jepang mulai mengembangkan konsep kendaraan bertenaga angin. Teknologi bahan bakar angin ini diklaim tidak menimbulkan polusi udara. Meskipun telah ada teknologi hybrid, faktanya mesin hybrid tetap membutuhkan tenaga dengan menggunakan bahan bakar fosil yang disertai oleh penggunaan baterai. Hasilnya, tetap tersisa emisi gas buang, meskipun kadarnya lebih rendah dibandingkan mobil non-hybrid.

Sekarang, teknologi semakin maju dan muncullah kendaraan konsep bertenaga angin. Namun, bagaimana cara kerja kendaraan bertenaga angin ini? Ikuti ulasan berikut ini.

Mesin bertenaga angin digerakkan oleh sebuah tabung udara. Udara tersebut di-supply ke dalam mesin melalui sebuah kompressor generator. Dengan memanfaatkan udara yang memuai di mesin, secara otomatis pemuaian ini dapat menggerakan piston dalam mesin sehingga roda gigi mobil dapat berjalan. Sebagai contoh, mobil angin buatan Zero Polution Motor dari Amerika dapat melaju hingga kecepatan 150 km/jam dengan kapasitas enam tempat duduk. Mobil ini dapat menempuh jarak sampai 1100 kilometer. Tabung udara normalnya dapat diisi dengan udara sampai tekanan 40 bar dan waktu pengisiannya tidak lebih dari 5 menit, lebih cepat dibandingkan dengan pengisian baterai mobil yang menggunakan quick charge selama 30 menit.

PEUGEOT-HYbrid-Air-13016001

Mobil dengan bahan bakar angin ini tidak membutuhkan listrik atau baterai. Mesin dapat dijalankan dengan memanfaatkan udara bertekanan yang berasal dari mesin kompresor. Udara ini disimpan dalam sebuah tangki fiber carbon yang menyatu dengan sasis. Teknologi bahan bakar udara ini juga dapat dikawinkan dengan penggunaan bahan bakar bensin. Cara kerjanya sama dengan kendaraan hybrid yang memadukan mesin dan listrik. Perbedaannnya, teknologi udara ini memadukan mesin dan udara, seperti yang telah dikembangkan Peugeot dalam tipe 208. Mobil buatan Perancis ini dapat dioperasikan dengan mesin pembakaran biasa, namun didalamnya juga terdapat hidrolik khusus dan gearbox yang disesuaikan dengan silinder udara sehingga dapat memberikan tekanan serta menyimpan dan melepaskan energi.

Peugeot-208-Hybrid-Air-FE_2261peugeot 208 hybrid air

Seperti jenis kendaraan hybrid lainnya, sistem kompresi udara dan baterai hybrid secara otomatis akan terisi kembali saat melakukan pengereman atau saat terjadi deselerasi kecepatan. Peugeot memprediksi mobil dengan teknologi hybrid air ini akan mampu berlari sampai kecepatan 227 km/galon bensin tanpa timbal. Angka ini dua kali lebih ekonomis dibandingkan dengan mobil kecil berkapasitas mesin tidak lebih dari 1.200 cc.

Read more:
Pelepasan Datsun Risers Expedition (Aceh-Medan)-1
Datsun Risers Expedition Masuki Etape Terakhir

mobilmotor.co.id Aceh  – PT Nissan Motor Indonesia (NMI), melalui brand Datsun Indonesia kembali melanjutkan perjalanan inspiratif keliling Indonesia, “Datsun Risers...

Close