Road Test
New Maserati Quattroporte S

0

Ulasan

Maserati Quattroporte merupakan sebuah nama yang sudah terdengar sejak awal tahun 60an sebagai sebuah produk sedan mewah dengan karakter khas Italia.

mobilmotor.co.id Jakarta – Nama Maserati sendiri juga merupakan sebuah nama pabrikan mobil asal Italia dengan sejarahnya tersendiri, terutama di bidang perlombaan yang juga bersejarah seperti Formula 1 dan Grand Prix.

Nama Quattroporte pertama kali muncul pada tahun 1963 saat ajang pameran mobil Turin Auto Show, yang kemudian menjadi sedan terkencang di dunia pada saat itu.

tampilan depan

Tampilan Depan New Maserati Quattroporte S

Sekarang, Quattroporte telah memasuki generasi keenamnya yang melanjutkan kesukesan generasi kelima. Generasi keenam sedan mewah ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 di acara North American International Auto Show.

Quattroporte sekarang ini mempunyai dimensi panjang 5,262 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 3,171 mm yang saat dilihat secara langsung memang menunjukkan sebuah kendaraan dengan dimensi yang menarik perhatian, ditambah dengan desain eksterior hasil karya Pininfarina yang terlihat melekuk dengan halus dan indah, mulai dari moncong depan hingga ke buritan belakang, yang semakin lama diperhatikan akan semakin membuat anda jatuh cinta.

Tampilan Samping

Tampilan Samping New Maserati Quattroporte S

Keindahan desain eksterior dan kegagahan dimensi bodi didukukan oleh velg model Titano yang berukuran 21-inci dengan kaliper rem berwarna merah.

Pun halnya dengan desain interior Quattroporte S ini, dimana penulis merasakan aura khas kemewahan Italia yang sangat kental melalui perpaduan kulit Poltrona Frau lembut yang menyelimuti roda kemudi, keempat jok, dasbor atas, panel pintu, dan konsol tengah, yang kemudian diperkental dengan panel aluminum dan kayu jenis Tanganyika. Warna “Cuoio” yang terasa hangat pun turut mengentalkan kemewahan kabin.

Kabin

Kabin New Maserati Quattroporte S

Secara keseluruhan, desain eksterior dan nuansa kabin Quattroporte S menyajikan sebuah kemewahan yang unik yang memang sangat terasa khas Italia.

Lantas, bagaimana dengan sisi mekanikal dan sensasi berkendaranya?

Driving Experience

Mesin yang digunakan oleh Quattroporte S ini adalah mesin V6 berkapasitas 3,0L yang mendapatkan hembusan twin-turbocharger dimana ia menghasilkan tenaga sebesar 410 dk dengan torsi sebesar 550 Nm, dipadukan dengan transmisi otomatis racikan ZF dengan 8-percepatan.

Mesin

Mesin New Maserati Quattroporte S

Angka 410 ini merupakan angka yang besar untuk sebuah sedan mewah, dan mungkin banyak yang akan merasa terkejut bahwa Quattroporte S ini bertenaga sebesar itu. Namun, yang akan sangat menarik perhatian lagi bukanlah bilangan angka itu, namun suara mesin yang dihasilkan melalui keempat pipa knalpot di buritan.

Anda tahu bagaimana suara sebuah Ferrari? Ya, itulah suara Quattroporte S ini. Disinilah dimana Quattroporte S terasa lebih menonjol dibandingkan dari para pesaing berkat sensasi aural yang sangat membangunkan jiwa dan raga siapa pun yang sedang memegang roda kemudinya.

Penulis sendiri tak kuasa untuk menahan kaki kanan dari menginjak pedal gas setiap sedang berhenti di lampu merah hanya untuk mendengar suara knalpot nya, walaupun kesannya menjadi kampungan, dan ini semua masih berada di mode Normal. Tekan tombol “Sport” dan sensasi aural dari knalpotnya akan terasa lebih agresif lagi!

Akselerasi

Akselerasi New Maserati Quattroporte S

Mengenai akselerasi, tak dipungkiri ia mempunyai performa yang mumpuni, dengan turbo lag yang minimal dimana Quattroporte S ini dapat mencapai kecepatan tiga digit dengan mudah, dengan perpindahan gigi transmisi yang halus dan cepat. Untuk sensasi yang lebih sporti, anda dapat menggunakan sepasang paddles shifters dibalik roda kemudinya, dimana mereka terbuat dari bahan aluminium asli.

Berkendara dengan velg 21-inci menghasilkan sebuah pengendaraan yang lembut dan stabil, walaupun penggunaan ban yang tipis, bantingan suspensi terasa cukup keras, namun tidak sampai ke kategori pengendaraan yang tidak nyaman. Quattoporte S ini juga mempunyai fitur adaptive suspension yang saat diaktifkan, penulis merasakan sebuah perbedaan yang cukup kentara, dimana ia dapat menyerap lubang/gundukan jalanan dengan lebih baik, atau lain kata, “Wah, ngga kerasa ya lubang jalan yang tadi”.

Disaat momen berkendara ini, penulis juga mencoba sistem infotainment nya melalui Maserati Touch Control yang menggunakan layar sentuh berukuran 8-inci dimana pengaturan sistem audio, AC, navigasi, dan informasi berkendara mobil berpusat. Secara keseluruhan, sistem ini bekerja dengan baik, walaupun bukanlah sebuah sistem yang sangat responsif, dan desain grafisnya terasa agak ketinggalan bila dibandingkan dengan sistem infotainment para pesaing.

Tampilan Belakang New Maserati Quattroporte S

Tampilan Belakang New Maserati Quattroporte S

Kesimpulan 

Overall, Maserati Quattoporte S merupakan sebuah sedan mewah yang mempunyai nilai kemewahan tersendiri, dengan sensasi visual dan aural  khas Italia, memberikannya sebuah keunikan yang akan susah ditandingi oleh para pesaing. Sebuah pilihan alternatif yang dapat memberikan sensasi tersendiri kepada siapapun yang membelinya. (APT)

Spesifikasi

SPESIFIKASI   New Maserati Quattroporte S

Harga                           $ 250.000 (Rp 3,5 milyar)

Tipe Kendaraan        Sedan 4 penumpang

Fitur                            Dual airbags,ABS,  HDC, ESC, power steering,

Sound System           Head Unit  Head Unit 8,4inci, USB,  15 speaker

DIMENSI

Pjg/ lbr/tng (mm)   5.261mm x 2.100mm x 1.481mm

Wheelbase (mm)   3.171

INTERIOR/FITUR SAFETY

Depan             2 x 3 point seat belt kantung udara

Baris ke dua   2 x 3 point seat belt

JOK

Depan/belakang   :  Sliding, reclining, hight adjuster  elektrik

PENGGERAK MESIN

Tipe                            Quattroporte  V6  twin turbo

Kapasitas (cc)           2.979

Tenaga (HP/rpm)   410/5.500

Torsi (kgm/rpm)     56/1.750 – 5.000

SISTEM GERAK

Transmisi                    A/T 7 percepatan

KEMUDI

Sistem            Rack & Pinion ElectricPower steering

REM

Depan           disc brake ABS, EBD, EBA

Belakang      disc brake ABS

Ban

Merek         Firelli

Ukuran        245/35  ZR21 96 Y

INTERIOR

Head room (mm) : 900/890

Leg room  (mm)     1160/1330

Lebar (mm)             1480/1460

Bagasi (p/l/t) mm   1010/1000/460

Tail gate (mm)      1670

Dek  (mm)            680

Hasil Test

Akselerasi  (kondisi kering)

0 – 20 km/jam  1,2   detik

0 – 40 km/jam    2,3  detik

0 – 60 km/jam    3,4 detik

0 – 80 km/jam   4,7 detik

0 – 100 km/jam  6,4  detik

0 – 400m  15,7 detik @128,2km/jam

Bahan bakar

Konsumsi BBM dalam kota 7.6  km/liter

Konsumsi BBM TOL 9,5  km/liter

Hasil pengujian       8,1     km/liter

Jenis bahan bakar    Pertamax Plus

Kesenyapan Kabin (dB)

Idle               48,4

20 km/jam     57,1

40 km/jam     59,8

60 km/jam     61,3

80 km/jam     64,4

100 km/jam   66,5

Read more:
IMG-20160107-WA0003
Bridgestone Ecopia EP150 Menjadi Ban Resmi New Suzuki Ertiga Dreza GS

mobilmotor.co.id Jakarta- PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) secara resmi mengumumkan ban merek Ecopia EP150 menjadi ban standar New Suzuki...

Close