Road Test
Mencoba Kemampuan All New Daihatsu Copen

0

Ulasan

mobilmotor.co.id Jakarta Nama Daihatsu, atau Astra Daihatsu Motor untuk Indonesia, selalunya identik dengan image mobil keluarga seperti Xenia dan Gran Max. Namun sekarang, ADM juga menjual sebuah produk yang sangat menarik perhatian.

Untuk mendapatkan hati konsumen, sebuah produsen seperti pabrikan mobil harus dapat menyediakan sebuah pilihan kendaraan yang berbeda dengan nilai keunikan tersendiri; yang dapat mencerahkan wajah konsumen disaat mereka mengemudikan produk tersebut.

Berbicara mengenai Daihatsu, khususnya Astra Daihatsu Motor, produk-produk yang ditawarkan mempunyai fokus yang lebih mengarah kepada konsumen yang berkeluarga, dengan kendaraan yang menyediakan kapasitas angkut maksimum namun dengan biaya pengoperasian yang minimum. Contohnya, pemain kelas LMPV seperti Xenia atau kelas minivan seperti Daihatsu Gran Max.

Kedua contoh produk diatas memang mampu memuaskan kebutuhan keluarga, namun secara faktor kesenangan, ia biasa-biasa saja.

Disinilah kehadiran all-new Daihatsu Copen menjadi sebuah produk yang berbeda dari pilihan biasanya, yang mempunyai nilai ketertarikan sendiri untuk mata konsumen. Sebuah produk yang sarat dengan fun factor dan cocok untuk dijadikan sebagai produk koleksi.

Bagaimana Copen ini berbeda dan unik?

Hal pertama yang akan anda perhatikan adalah dimensi bodinya yang sangat kompak dengan panjang yang hanya 3,39 m; dimensinya bahkan lebih kecil dari Daihatsu Agya, dan lebih menyerupai dimensi Daihatsu Ceria yang dulu.

Tampilan Samping All New Daihatsu Copen

Tampilan Samping All New Daihatsu Copen

Kemudian, anda baca brosurnya, dan sekali lagi anda menemukan sebuah fakta unik: mesin yang digunakan oleh all-new Copen ini juga merupakan mesin berkapasitas mungil, yaitu 659cc. Mungil sekali!

Kenapa dimensinya begitu kompak?

Ini karena Daihatsu Copen merupakan sebuah produk yang diciptakan untuk kategori mobil yang di Jepang disebut sebagai kategori kei-car. Nah, kategori ini mempunyai dua regulasi utama: dimensi panjang mobil tidak boleh melebihi 3,4 m dan kapasitas mesin yang digunakan tidak boleh melebihi 660cc.

Kategori ini, secara teori, mirip dengan kategori mobil LCGC di Indonesia, dimana fokus kategori ini adalah kendaraan yang ramah lingkungan serta rendah pajak. Kategori kei-car ini mempunyai variasi jenis, seperti mobil keluarga (maks. 4 penumpang) atau fun roadster seperti Copen ini.

Lantas, bagaimana rasanya mengendarai mobil mungil ini ditengah-tengah ganasnya lalu lintas ibukota Jakarta?

Desain & Ruang Kabin

Tampilan Depan All New Daihatsu Copen

Tampilan Depan All New Daihatsu Copen

Dimensinya yang sangat kompak ini memang sangat menarik banyak perhatian pengendara sekitar, dan ia juga membantu manuver-manuver di jalanan yang sempit.

Namun, dimensinya yang kompak juga memberinya sebuah kabin dengan ruang yang terbatas. Tinggi Copen ini hanya 128 cm, sementara tinggi penulis berdiri di angka 165 cm, dimana saat berada di dalam kabin, penulis tidak dapat bergerak dengan leluasa.

Disaat yang sama, posisi duduk memang terasa sangat rendah, dan Copen tidak punya pengatur ketinggian jok, hanya dapat dimajukan atau dimundurkan. Ruang kepala pun sempit, dan beberapa kali saat penulis keluar dari mobil, kepala penulis akan menyentuh atap. Disarankan untuk setiap ingin keluar dari mobil, posisi badan agak lebih menunduk.

Interior All New Daihatsu Copen

Interior All New Daihatsu Copen

Secara desain, All-new Copen ini mempunyai konsol tengah yang terbilang minimalis, dengan sistem audio 2-DIN berlayar sentuh menduduki posisi teratas konsol. Kemudian dibawahnya, terdapat panel kontrol AC yang sudah digital, dilanjutkan dengan tuas transmisi CVT.

Panel instrumen nya pun simpel dengan speedometer yang minimalis dengan layar info mungil sebagai fungsi trip komputer. Ruang penyimpanan di kabin bisa dibilang minim, dengan dua penyangga botol yang berada ditengah kedua jok serta konsol boks tengah yang cukup kecil kapasitasnya. Sementara, penyimpanan di panel pintu hanyalah dua pasang jaring tipis.

Material kabinnya OK, dengan penggunaan plastik keras yang mendominasi ruang kabin.

Driving Experience 

Unit Daihatsu Copen yang digunakan mempunyai transmisi otomatis tipe CVT dengan mode manual 7-percepatan, secara teori merupakan pilihan transmisi yang tepat khususnya untuk lalu lintas Jakarta.

Mesin All New Daihatsu Copen

Mesin All New Daihatsu Copen

Kembali menyinggung soal mesin, all-new Copen menggunakan mesin 3-silinder berkapasitas 659cc yang menyalurkan tenaga ke roda depan. Menariknya, mesin ini mempunyai teknologi turbocharging yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 64 dk (47 kW) dengan torsi sebesar 92 Nm.

Tenaga yang dihasilkan bisa dibilang kecil, namun bukan masalah karena dimensinya kompak dan bobotnya sangat ringan, yaitu hanya seberat 870 kg! Momentum akselerasi terasa mantap, apalagi saat ingin mengalahkan mobil lainnya dari lampu merah.

Transmisi CVT nya halus dan membuat berkendara dalam kota menjadi sangat mudah. Namun, bantingan suspensinya terbilang keras dan ini membuat pengendaraan menjadi kurang nyaman. Setiap kali Copen ini melalui jalanan lubang atau bahkan gundukan kecil, efek getaran sangat terasa di kabin. Ditambah dengan panel-panel bodinya yang terbuat dari bahan resin, yang membantu untuk meringankan bobot mobil, namun ia menjadikan mobil terasa agak ringkih.

Akselerasi All New Daihatsu Copen

Akselerasi All New Daihatsu Copen

Lalu berpindah ke jalan tol, sekali lagi mesinnya memberikan cukup tenaga untuk membawa Copen ini ke angka kecepatan tiga digit. Namun kemudian, penulis mengingat kembali pengalaman mengendarai all-new Copen ini untuk pertama kalinya saat ajang media drive di Pulau Bali, dimana penulis mendapatkan unit Copen dengan transmisi manual.

Perbandingannya dengan transmisi CVT adalah faktor fun-to-drive nya yang terasa lebih signifikan dengan menukar gigi secara manual. Hal ini didukung dengan siulan turbocharger nya yang selalu terdengar disaat hendak berpindah gigi, dimana kemudian suara yang dihasilkan oleh knalpot ganda nya menciptakan sebuah suara yang terdengar seperti mini sportscar, dengan karakter suara khas mesin 3-silinder.

Penulis mencoba untuk menghadirkan suasana yang serupa dengan menggunakan mode manual, namun yang namanya transmisi manual sebenar memang tidak dapat disamakan.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakar nya?

Penulis mengambil rute yang menuju kearah Tangerang dengan kombinasi jalanan tol serta jalanan kota. Total jarak yang ditempuh adalah 100 km dan saat mengisi ulang, Copen ini hanya mengkonsumsi sekitar 6,5L bensin. Berarti, ia mampu untuk berjalan sejauh 15,3 km hanya dengan satu liter bensin.

Performa? Bagus!

Konsumsi bahan bakar? Hemat!

Kesimpulan

All-new Daihatsu Copen dengan transmisi CVT ini dibanderol seharga 431,5 juta Rupiah. Namun perlu diketahui bahwa pembeli umum hanya dapat membeli Copen dengan transmisi manual, dimana harganya lebih murah menjadi 416,5 juta Rupiah. Namun untuk sebuah merek Daihatsu, tidak dapat dipungkiri bahwa ia adalah angka yang sangat tinggi.

Tapi, patut dicatat lagi bahwa ini memang merupakan sebuah produk yang dijual ADM sebagai collector’s item, untuk para pehobi mobil yang menginginkan sebuah kendaraan unik dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pilihan biasanya.

Lagipula, All-new Copen ini sarat dengan teknologi-teknologi canggih seperti lampu depan serta daytime running lights LED, start/stop, TCS (Traction Control System), VSC (Vehicle Stability Control), serta atap yang dapat dibuka secara elektris. Ditambah dengan mesin turbocharger yang memiliki performa serta efesiensi bahan bakar.

Sebuah produk dari Daihatsu yang unik dan menarik, bukan? (APT)

All New Daihatsu Copen

All New Daihatsu Copen

Spesifikasi

SPESIFIKASI                     All-New Daihatsu Copen CVT

Harga                                       Rp 431,5 juta

Tipe Kendaraan                     Mini Roadster, 2-penumpang

Fitur                                         Dual airbags, Power steering

Sound System                        4-speaker, Double DIN Head Unit, CD, Radio, USB, Bluetooth

DIMENSI

Pjg/ lbr/tng (mm)             3.395/1.475/1.280

Jarak sumbu roda (mm)  2.230

Berat kosong (kg)              870 kg

 

INTERIOR/FITUR SAFETY

Depan                   2 x 3 point seat belt

JOK

Depan                   Sliding, reclining

PENGGERAK MESIN

Tipe     KF, 3-silinder 12 katup, DOHC VVT turbocharged

Kapasitas (cc)     658

Tenaga (TK/rpm)   64/6.400

Torsi (Nm/rpm)       92/3.200

SISTEM GERAK

Transmisi                   CVT + Manual mode 7-percepatan

KEMUDI

Sistem                       Rack & Pinion, Electronic Power steering

SUSPENSI

Depan                MacPherson strut  dengan coil spring

Belakang           Torsion Beam dengan coil spring

REM

Depan               Cakram Ventilasi

Belakang           Tromol

 Ban

Merek               GTRadial Champiro Eco

Ukuran             165/50 R15

Hasil Test

Akselerasi            kondisi kering

0 – 20 km/jam         1,7 detik

0 – 40 km/jam          3,8 detik

0 – 60 km/jam         6,7 detik

0 – 80 km/jam        10,6 detik

0 – 100 km/jam      15,8 detik

0 – 400 Meter        20,5 detik @ 111,5 kpj

Bahan Bakar

Konsumsi BBM dalam kota  16,9 km/liter

Konsumsi BBM Tol              14,5 km/liter

Hasil pengujian                    15,3 km/liter

Kapasitas Tangki                   30  liter

 

Kesenyapan Kabin (dB)

Idle                       43,4

20 km/jam            56

40 km/jam            64

60 km/jam            66

80 km/jam            68

100 km/jam          69,2

Read more:
gallery_1
Mazda Umukan Harga Jual CX-3 di Inggris

Setelah melakukan debutnya di Eropa pada ajang Geneva Motor Show 2015, Mazda telah resmi mengumumkan daftar harga jual CX-3 untuk...

Close