Mempertajam Akurasi Setir Dengan Teknologi Servotronic

0

mobilmotor.co.id Jakarta – Teknologi Servotronic setir ini dapat menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan dan kondisi jalan

Demi meningkatkan kemantapan dan akurasi putaran setir, telah dikembangkan teknologi servotronic yang menjadi bagian dari sistem electric power steering. Dengan teknologi yang juga telah dilengkapi dengan variable ratio ini, maka transisi perpindahan bobot putaran setir dari ringan ke berat secara otomatis dapat terjadi secara halus.

Teknologi ini juga dapat menyesuaikan dengan kondisi kecepatan kendaraan dan disesuaikan dengan ratio gear yang lebih kecil. Tujuannya agar dengan gerakan putaran setir yang sedikit dapat menghasilkan putaran yang maksimal. Terutama saat parkir dengan teknologi servotronic ini, putarannya pun menjadi lebih ringan dan tidak melelahkan. Namun saat kecepatan tinggi sistem tersebut secara otomatis akan mengurangi peran kerja dari sistem power steering tersebut untuk meningkatkan keakuratan bobot kerja putaran setir, serta lebih mempertajam kepresisian putaran setir pada setiap kecepatan.

Dimana jika dibandingkan dengan sistem power steering yang konvensional untuk menghasilkan tingkat kepresisian putaran setir yang sama seperti servotronic tersebut, bobot putarannya perlu penyesuaian terhadap putaran mesin. Efek dari hal tersebut pastinya dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih banyak dan tidak efisien dibandingkan sistem servotronic electric power steering ini.

Sistem tersebut dioperasikan secara elektronis, yang juga telah terhubungkan dengan perangkat electonic unit pada mobil Anda. ECU tersebut akan mengirim sinyal data torsi dan kecepatan ke sistem servotronic tersebut, agar pada setiap kecepatan dan permukaan jalan yang dilintasinya, putaran setir tetap terasa direct.

Dengan teknologi servotronic ini, gejala lebih limbung dan melayang saat kondisi jalan berangin atau bergelombang dapat dimimalkan, karena secara otomatis fitur ini mengurangi porsi putarannya agar setir lebih mengunci dan mobilnya pun terasa lebih mantap.

Metode Penyetelan Servotronic

Untuk beberapa jenis kendaraan high performance, seperti BMW M5, tingkat presentase bobot putarannya dapat disetel melalui tombol button sport mode steering. Dengan fitur servotronic ini maka tersedia tiga setelan, yaitu normal, sport atau sport + seperti pada BMW.

Pada posisi yang pertama, bobot putaran setir terasa ringan, tetapi setelah Anda tekan tombol kedua atau ketiga, maka putaran setir menjadi lebih kecil. Namun pada beberapa jenis kendaraan, penyetelannya juga dapat dilakukan melalui alat g scan dengan peran fungsi yang sama seperti yang dapat dilakukan pada fitur tersebut. Bahkan akurasi dari sistem kerja servotonic tersebut dapat ditingkatkan akurasinya, dengan melakukan remap ulang pada sistem electronic control unit.

Read more:
WhatsApp Image 2017-03-01 at 17.21.38
Daihatsu HUT ke 110 Tahun

mobilmotor.co.id - Tahun 2017 ini Daihatsu genap berusia ke 110 tahun. Daihatsu didirikan di Jepang pada 1907 dengan nama Hatsudoki Zeido Co.Ltd....

Close