Tip & Trik
Dongkrak, Sahabat Dikala Darurat

0

mobilmotor.co.id Jakarta – Menghadapi kondisi darurat pada mobil bisa terjadi kapan saja. Beberapa kondisi darurat membutuhkan dongkrak, seperti saat ban kempes. Banyak kondisi lainnya yang membutuhkan dongkrak untuk melakukan pengecekan dan perbaikan komponen yang ada pada bagian kolong mobil. Untuk memeriksa bearing roda juga butuh dongkrak.

Ada tiga macam jenis dongkrak, yaitu dongkrak botol, dongkrak silang atau dongkrak gunting dan dongkrak buaya. Dongkrak buaya juga menggunakan sistem kerja hidrolik sehingga sangat mudah untuk dioperasikan. Bagian bawahnya juga tersedia roda sehingga mudah digeser-geser ke tempat yang diinginkan.

Dongkrok Botol

Dongkrok Botol

1. Dongkrak Botol (Bottle Jack)

Dongkrak botol (bottle jack) umumnya banyak disediakan sebagai kelengkapan standar. Ukurannya kecil sehingga mudah diletakkan di dalam mobil. Dongkrak ini menggunakan sistem hidrolik untuk naik turun.

Dongkrak Silang/Gunting

Dongkrak Silang/Gunting

2. Dongkrak Silang/Gunting

Jenis dongkrak lainnya adalah dongkrak silang atau dongkrak gunting(scissor jack). Gerakan naik turunnya menyilang seperti gunting. Dongkrak ini digerakan secara manual. Oleh sebab itu membutuhkan tenaga lebih besar untuk memutar karena lebih berat dibanding dongkrak botol. Dari segi harga, dongkrak gunting ini lebih murah dibanding dongkrak botol dan banyak juga disediakan sebagai kelengkapan standar mobil.

Dongkrak Buaya

Dongkrak Buaya

3. Dongkrak Buaya (Crocodile Jack)

Satu lagi jenis dongkrak adalah dongkrak buaya (crocodile jack). Kebanyakan dongkrak ini digunakan pada bengkel mobil. Dongkrak buaya memiliki roda di bawahnya serta tuas yang cukup panjang sehingga mudah untuk didorong dan diletakkan ditempat yang diinginkan. Ukurannya kebanyakan besar dan berat dan sangat tidak praktis jika dibawa-bawa, harganya juga jauh lebih mahal dibanding 2 jenis dongkrak yang telah disebut sebelumnya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendongkrak Mobil

Kondisi dongkrak harus selalu dijaga. Ada baiknya sesekali dilakukan pengecekan untuk memastikan kondisi dongkrak masih berfungsi dengan baik. Dalam menggunakan dongkrak, jangan menahan beban terlalu lama, gunakan jackstand untuk menopang beban kendaraan agar lebih aman dan  menjaga umur dongkrak agar tidak cepat rusak.

Pada saat mendongkrak, pastikan posisi mobil pada tempat datar dan mobil dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Pada mobil transmisi otomatis, pasitikan tuas transmisis pada posisi P. Sedangkan pada mobil manual, maukkan transmisi pada posisi gigi 1.

Letakkan posisi dongkrak pada sasis, untuk menghindari adanya komponen yang rusak saat dongkrak dioperasikan untuk mengankat mobil. Jangan angkat mobil terlalu tinggi karena berbahaya bisa goyang. Jangan masukkan badan ke kolong mobil saat mendongkrak untuk mncegah hal-hal tidak diinginkan.

Hal yang perlu diketahui adalah kemampuan dongkrak untuk mengangkat beban. Jangan gunakan dongkrak yang lebih kecil kemampuan mengangkat bebannya dibanding dengan bobot kendaraan yang akan didongkrak. Baca pada buku petunjuk kendaraan untuk mengetahui bobot kendaraan.

 

 

Read more:
Daihatsu Serahkan Xenia Setia di Surabaya (2-12)
Daihatsu Serahkan Xenia Setia di Surabaya

mobilmotor.co.id - Mengulang sukses program Xenia Setia sebelumnya, tahun ini Daihatsu kembali menyelenggarakan program tersebut. Program Xenia Setia adalah program...

Close