Tip & Trik
Cara Merawat dan Pengganti Lampu Mobil

0

mobilmotor.co.id Jakarta – Kenali jenis dan tanda-tanda kerusakan pada lampu. Lakukan penggantian dengan cara tepat. Anda pun akan semakin jauh dari kemalangan di jalan raya.

Penerangan pada mobil sangat penting untuk pengendaraan pada malam hari. Pada siang hari, lampu sen dan lampu mundur juga sangat penting. Penyinaran yang baik dan terang sangat membantu pengemudi dan merupakan salah satu faktor keamanan dan sarana komunikasi dengan pengendara lain. Oleh karena itu pemilik mobil wajib menjaga dan merawat agar lampu-lampu sebegai penerangan pada mobil bekerja dengan baik dan memancar dengan terang.

Pancaran sinar bohlam bisa meredup karena berbagai sebab seperti mika headlamp yang berubah jadi kekuningan atau  sangat berjamur sehingga mengganggu pancara sinar bohlam, atau bisa juga karena bohlam itu sendiri.

Lampu Belakang

Lampu Belakang

Jika lampu depan putus atau redup sebelah akan mudah ketahuan karena pengemudi bisa melihat refleksi sinar lampu pada mobil di depannya. Lampu belakang sulit untuk di deteksi jika putus. Oleh sebab itu secara berkala harus diperiksa apakah masih menyala dan pastikan sinarnya terang agar pengemudi lain bisa melihat dengan jelas terutama saat berkendara disiang hari.  Agar lebih aman bohlam lampu mudur bisa diganti dengan yang lebih terang, atau bisa juga dengan memasang high mounted stop lamp. Selain untuk keamanan, tampilan mobil juga lebih sporty.

Yang perlu disiapkan sebelum melakukan penggantian bohlam lampu mundur dengan bohlam yang lebih terang :

1. Siapkan bohlam dengan watt yang lebih besar

2. Ganti fitting lampu mundur dengan fitting 2 kaki (lampu rem dan lampu kecil)

3. Kabel lampu mundur ada 2 kabel, yaitu kabel masa dan satu kabel + lampu mundur yang disambung ke lampu yang sudah diparalel

4. Setelah semuanya disambung, pasang lampu pada dudukannya

Biaya yang dibutuhkan relatif tidak mahal. Harga satu fitting lampu Rp. 7.500,-

Harga satu buah bohlam Rp. 15.000,- Jasa penggantian bohlam dan fitting serta kabel berkisar Rp. 100.000,-

Headlamp

Headlamp

Jika ingin mengganti bohlam lampu depan, gunakan bohlam yang sesuai dengan spesifikasi standar pabrik. Penggunaan bohlam yang tidak sesuai bisa menyebabkan panas yang berlebih sehingga lama kelamaan bisa merusak reflector dan juga bisa mengakibatkan mika menguning.

Ada beberapa tipe bohlam lampu yang digunakan untuk lampu depan seperti lampu halogen dan lampu HID atau dikenal juga sebagai lampu xenon. Hampir semua mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan lampu HID.

Xenon Plasma

Lampu Xenon Plasma

Lampu HID/xenon  ini memiliki kelebihan dibanding lampu halogen, yang mana lampu HID mengkonsumsi daya listrik lebih irit daripada lampu halogen. Pancaran sinar lampu HID lebih terang dengan jangkauan lebih luas pula. Selain itu lampu HID memiliki umur yang lebih panjang dibanding lampu.

Lampu HID ini memiliki kelemahan dibanding lampu halogen, dari sisi harga lebih mahal. Sebagai contoh, harga lampu halogen H4 12V-100watt berkisar Rp. 70.000,- sementara harga lampu HID H4 12V-100watt mencapai Rp. 250.000,-

Namun demikian, mengingat kelebihan-kelebihannya, bohlam HID tetap memberikan nilai lebih dalam kenyamanan dan keamanan berkendara.

Read more:
IMG_1643
168 Hours Nonstop Extreme Challenge

mobilmotor.co.id - Ada dua unit Land Rover Discovery Sport menggunakan oli TOP 1 EVOLUTION OEM SERIES IV 5W-30 API SN...

Close