Jenis dan Fungsi Suspensi Mobil

0

mobilmotor.co.id Jakarta – Suspensi dirancang pada mobil Anda yang bukan hanya saja untuk meredam guncangan, tetapi juga berperan untuk meningkatkan kestabilan mobil Anda, serta meningkatkan daya traksi roda ke jalan.

Suspensi terdiri dari pegas, shockabsorber, stabilizer, link stabilizer atau active stabilizer. Suspensi tersebut dikategorikan dalam beberepa jenis seperti tipe bebas, multi link,five link, machpherson, double wishbone, atau torsion beam.

Jenis suspensi yang digunakan pada setiap kendaraan tergantung dari kelas dan kebutuhan pengunaannya dari masing- masing kendaraan. Ikuti ulasan berikut ini, untuk lebih mengenal karakter dan fungsionalitas dari setiap desain suspensi.

Torsi Beam

Torsion Beam

Torsion Beam
Seperti pada segmen small car, seperti Honda Jazz, Suzuki Swift dan Kia Rio, menggunakan torsion beam. Alasanya karena faktor untuk menekan harga produksi, mudah untuk diperbaiki dan terbukti di kelas mobil tersebut telah menghasilkan kualitas pengendalian yang cukup baik. Kekurangan dari desain torsion beam tersebut, umumnya bantingannya terasa agak keras, terutama saat melintasi permukaan jalan yang agak keriting.

Suspensi Rigid

Suspensi Rigid

Suspensi Rigid
Pada jenis suspensi tipe rigid, roda yang sebelah kiri dan kanan terhubungkan ke axle tunggal. Axle tersebut terhubungkan ke bodi dan frame melalui pegas (pegas daun atau pegas coil). Suspensi rigid banyak digunakan pada jenis kendaraan commercial vechile seperti bus dan truck, alasanya karena konstruksi desainnya kuat dan sederhana. Terutama pada saat membawa beban yang berat dan melintasi kondisi permukaan jalan yang kurang baik.

Suspensi Independent

Suspensi Independent

Suspensi Independent
Pada desain suspensi independen tersebut, roda –roda kiri dan kanan tidak dihubungkan secara langsung pada axle tunggal. Efek dari konsep struktur tersebut dapat bergerak secara bebas tanpa saling mempengaruhi, yang dapat menghasilkan tingkat kepresisian pengendalian yang cukup baik terutama saat melintasi permukaan jalan yang bergelombang, karena jenis suspensi tersebut dapat menyesuaikan dengan cepat perubahan pada putaran setir dan kontur jalan. Yang secara otomatis dapat lebih meningkatkan traksi roda ke jalan. Kelebihan dari jenis suspensi tersebut dapat menyerap getaran secara lebih optimal, dan memaksimalkan gaya pengereman, serta memelihara letak geometris antara bodi dan roda – roda.

Multilink

Multilink

Multi Link
Jenis suspensi multi link ini dilengkapi dengan tiga lengan atau lebih. Sambungan konstruksi logam dari beragam lokasi dihububungkan ke beragam lokasi dan diadopsi demi memanipulasi gerakan yang terjadi pada bodi mobil Anda. Suspensi multilink dinilai sangat komplek dan untuk proses penyetelannya dibutuhkan sistem komputerisasi yang dapat menampilkan citra 3 dimensi secara real time. Kelebihan dari jenis suspensi ini dapat menghasilkan bantingan yang cukup lembut, terutama saat melintasi permukaan jalan yang bergelombang dan kualitas pengendalian yang sangat baik. Untuk kendaraan kelas premium seperti Audi atau Mercedes diusung oleh jenis suspensi Multilink yang dapat menopang guncangan dan mengeliminasi gejala bodi roll pada bodi kendaraan tersebut secara maksimal.

Double Wishbone

Double Wishbone

Double Wishbone
Suspensi double wishbone diusung oleh konstruksi yang menggunakan 2 batang penahan di atas dan di bawah. Kelebihan dari jenis suspensi ini, seberapa banyak gerakan yang terjadi pada suspensi di mobil Anda, gerakan bodi mobil dan sudut kemiringan roda tetap stabil. Dengan demikian maka gejala bodi roll pada saat menikung cepat dapat lebih diminimalkan, termasuk pada saat pengereman mendadak, gejala dive atau menukik dapat ditahan oleh suspensi oleh suspensi double wishbone tersebut.

Per Daun

Per Daun

Per Daun
Jenis suspensi per daun ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah flexibilitasnya untuk disetel sesuai kebutuhan dengan menambah atau mengurangi bilah – bilah pernya dan juga tingkat ketebalan pernya. Sehingga tingkat kelembutan atau kekerasan per tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan. Namun kenyataannya banyak faktor yang kemudian mengharuskan per tersebut digulung ulang sesuai kebutuhan,” papar Heri Yudha dari Hussu Suspension yang bermarkas di Bandung.

Jenis dan Fungsi Suspensi Mobil 5.00/5 (100.00%) 1 vote
(Visited 3,043 times, 10 visits today)
Read more:
nbox_ncamp-1
Honda Luncurkan Mobil Mungil Lengkap dengan Trailer

Honda Motor Co memperkenalkan mobil mungil lengkap dengan sebuah trailer untuk mereka suka jalan-jalan dengan mobil. Mobil mungil tersebut diberi...

Close