Fitur Collision Mitigation Braking System (CMBS) Mencegah Kecelakaan Fatal

0

mobilmotor.co.id Jakarta – Untuk menghindari dan mengantisipasi kecelakaan yang fatal saat berkendara, beberapa pabrikan telah mengaplikasikan teknologi Collision mitigation braking system (CMBS).

Fitur ini dapat dimatikan jika tidak dibutuhkan melalui switch button di dasbor. Selain itu,  hal ini akan berfungsi pada saat sistem tersebut mendeteksi adanya kecelakaan yang tak mungkin dihindari yang secara otomatis perangkat tersebut akan mengencangkan sabuk pengamanan dan mengaktifkan rem dengan bantuan brake assist sehingga pengendara akan mendapatkan pengereman maksimum ketika pedal rem di injak.

Sistem tersebut juga akan memberikan warning signal di instrument cluster pada setiap fase jarak antara mobil yang dilengkapi dengan sistem tersebut dengan di depannya, mulai dari jarak 50 meter hingga 5 meter seperti pada All New Accord. Jika jarak sudah kurang dari 5 meter dengan kecepatan kurang dari 15 km/jam, maka secara otomatis, rem akan bekerja secara otomatis untuk menghentikan mobil Anda. Sistem tersebut dioperasikan melalui 2 lensa di kaca depan mobil dan dibalik gril depan yang dilengkapi dengan sensor infra red.

Untuk beberapa jenis kendaraan premium, seperti Mercedes atau Lexus, sistem tersebut telah terinteregasi dengan adaptive cruise control (ACC)  yang dilengkapi sebuah infra red sensor di balik gril dan sebuah kamera dibawah bumper. Pada saat ACC tersebut diaktifkan, maka ACC ini dapat menghitung kecepatan yang ideal dengan jarak di depan mobil Anda, sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui. ACC ini bukan hanya saja dapat membaca bidang kendaraaan yang melewati di depan mobil Anda, tetapi juga posisi orang yang sedang jalan di depan mobil Anda, hingga binatang yang ada dari jarak sekitar 150 meter di depan kendaraan Anda pun dengan mudah dapat terdeteksi.

Fungsi dari ACC ini tidak hanya untuk mempertahankan kecepatan mobil saja, tetapi juga dapat menghentikan kendaraan Anda dalam kondisi yang dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal. Pengguna juga dapat menaikkan atau menurunkan kecepatan dengan input melalui tombol pengaturnya. Namun ada batas kecepatan minimal untuk cruise control  bisa bekerja, umumnya dimulai 40 km/jam.

Pada saat kapan Collision mitigation braking system dan Adaptive cruise control tidak dapat berfungsi ?

CMBS dan ACC  ini tidak dapat berfungsi jika pada saat lensa camera dan sensor infrared CMBS dan ACC dalam kondisi yang kotor. Hal tersebut dapat mengakibatkan sistem sensor tersebut tidak dapat memantulkan cahaya ke jalan secara maksimal,dan menghitung jarak untuk pengereman terhadap bidang di depannya secara optmal. Pada beberapa jenis kendaraan yang sudah dilengkapi dengan perangkat tersebut, seperti Mercedes. CMBS dan ACC ini dioperasikan melalui aki terpisah dari yang aki mesin, jika aki tersebut dalam kondisi yang tidak sehat maka secara otomatis fitur keamanan canggih ini juga tidak dapat beroperasi secara presisi.

 

Read more:
tim GT Radial Adventure Offroad sedang beraksi
GT Radial Gelar Indonesia Xtreme Adventure 2014 Seri 2

Seri 2 Kejurnas Indonesia Xtreme Adventure 2014 akan digelar 24-25 Mei 2014 di Canti Dharma Offroad Park, Sentul, Bogor. GT...

Close