First Drive
Honda Civic Type R

0

Ulasan

mobilmotor.co.id Jakarta – Tampilan All Civic type R generasi  keempat (FK2 chasis) ini terlihat lebih sangar dan sporti dari pendahulunya. Ini dapat dirasakan dari bentuk bodi kit dan spoiler yang aerodinamis, tanpa menghilangkan gen desain dari type R itu sendiri.

Tampilan Depan Honda Civic Type R

Tampilan Depan Honda Civic Type R

Meskipun bentuk kap mesin depannya seperti generasi yang ketiga, namun pada model teranyar ini terlihat lebih panjang dan landai. Honda mengklaim All New Civic type R terbaru ini menjadi direct rival bagi Vokswagen Golf R dan Ford Focus RS.  Hot hatch yang berdimensi  hampir 4.4 meter ini diklaim oleh Honda telah menghasilkan performa yang optimal untuk dikelasnya.

Mesin Honda Civic Type R

Mesin Honda Civic Type R

Honda Civic type R hasil rancangan Honda UK ini  telah dilengkapi dengan jantung hati berkapasitas  2.000 cc, Variable valve timing (VTEC) 4 silinder turbocharged. Mesin bertenaga ini dapat menyemburkan tenaga hingga 310 tenaga kuda pada putaran 6.500 rpm, dengan dorongan torsinya yang dapat menyentuh hingga angka  40.8 kgm pada rentang putaran 2.500 – 4.500 rpm.

Sistem Transmisi Manual Honda Civic Type R

Sistem Transmisi Manual Honda Civic Type R

Dipadu dengan  perpindahan transmisi manual 6 percepatan yang slick dan cepat in, disertai dengan desingan suara dari perangkat turbonya saat bekerja. Cukup dirasakan dari mulai putaran diatas 2.500 rpm, dorongan akselerasinya terasa sangat responsif. Meskipun uji akselerasi belum dapat kami lakukan, namun Honda telah mengklaim, bahwa waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm  hanya 5.7 detik, dengan kecepatan maksimum yang dapat mencapai hingga 270 km/jm.

Bagian Samping Honda Civic Type R

Bagian Samping Honda Civic Type R

Pada saat tombol type R ditekan, bukan hanya saja dapat lebih meningkatkan responsivitas mesin pada All New Civic Type R ini. Tetapi juga dapat merubah karakter sistem bekerja dari adaptive damper di mobil ini menjadi  lebih kaku,secara otomatis menyesuaikan juga dengan kondisi jalan yang dilintasinnya. Meskipun bantingannya terasa cukup keras, namun masih dalam batas yang bisa ditoleransi, dipadu juga dengan bobot putaran setirnya yang terasa mantap pada saat melaju cepat dan ringan diputar saat digunakan untuk parkir. Satu hal yang membuat MM cukup berkesan saat mengendarai mobil high peformance ini, noise kabinnnya dinilai cukup rendah, sekalipun saat melintasi permukaan jalan yang agak keriting.

Interior Honda Civic Type R

Interior Honda Civic Type R

Bukan hanya material kabinnya yang dinilai sangat berkelas dan berkualitas. Tetapi juga posisi duduk mengemudinya dirasakan sangat nyaman dan ergonomis. Tombol – tombol kabin di sekitarnya juga dapat dioperasikan dengan mudah dan presisi. Ruang kaki depan juga terasa cukup lapang, meskipun pada ruang kaki tempat duduk belakang terasa agak sempit.Honda mengklaim kapasitas bagasi saat tempat duduk belakang dalam posisi yang tegak, dapat mencapai hingga 498 liter, dan saat direbahkan dapat meningkat hingga 1.427 liter.

Tampilan Belakang Honda Civic Type R

Tampilan Belakang Honda Civic Type R

Secara keseluruhan, All New Civic type R ini, telah menghasilkan perpaduan antara tenaga, kecepatan dan kenyamanan, tanpa terlalu banyak mengurangi dari sisi fungsionalitasnya. (AS)

 

Spesifikasi

Harga: Rp 1.5 milliar (off the road)

Dimensi :

Pjg/lbr/tng (mm)   4.390/1.878/1.466

Wheelbase (mm)  2.594

Kapasitas tangki (liter)  50

Mesin Tipe :

Turbocharged VTEC

Kapasitas (cc)  1.998

Tenaga (tk/rpm) 310/6.500

Torsi (kgm/rpm) 40.8/2.500-4.500

Transmisi :

6 percepatan manual

Tipe Suspensi :

Depan :Dual axis suspension

Belakang : Torsion beam

Rem :

Depan : Ventilated disc

Belakang : Ventilated disc

Read more:
Ford Endeavor Generasi Baru

Ford Endeavor generasi baru akan ditampilkan di India. Endeavor berbasis Ford T6 atau All New Ranger . itu berarti Endeavor...

Close