First Drive
All New Jeep Renegade

0

Ulasan

mobilmotor.co.id Jakarta – All New Jeep Renegade limited ini telah menghasilkan sebuah kendaraan subcompact crossover dengan desain yang trendi dan sporti. Ini dapat dirasakan dari tampilan kap mesinnya yang kotak dengan desain lampu depannya yang  bulat khas kendaraan Jeep. Bentuk belakangnya lebih terlihat seperti hatchback ketimbang light SUV. Jeep Renegade ini desain oleh Jeremy Glover and Ian Hedge dengan menggunakan basis chasis dari Fiat 500 X dan 500 L. Sangat dirasakan SUV 4 x4 ini dirancang agar dapat digunakan secara fungsional pada setiap medan yang dilintasinya, tanpa mengurangi sisi fungsionalitasnya.

Tampilan Depan All New Jeep Renegade

Tampilan Depan All New Jeep Renegade

SUV kompak ini telah dilengkapi dengan mesin 1.400 cc multiair yang dilengkali perangkat turbocharged ini. Mesin kecil ini dapat menyemburkan tenaga hingga 160 tenaga kuda pada putaran 5.500 rpm, dengan dorongan torsinya yang dapat mencapai hingga 24.5 kgm di rentang putaran 2.500 – 4.000 rpm. Dikawinkan dengan perpindahan transmisi 9 percepatan yang halus ini, dorongan akselerasinya dapat mulai dirasakan di atas putaran 2.500 rpm. Meskipun uji akselerasi belum dapat dilakukan, namun Jeep telah mengklaim waktu yang dibutuhkan dari 0 hingga 100 km/jm hanya dalam waktu dibawah 10 detik, dengan kecepatan maksimum yang dapat mencapai hingga diatas 170 km/jm. Hal yang juga cukup mengesankan untuk kapasitas mesin yang tak terbilang terlalu besar, getaran dan vibrasinya dinilai sangat minim.

FD Jeep Renegade 081

Mesin 1.400 cc All New Jeep Renegade

Meskipun Renegade ini berspostur cukup tinggi, namun hasil dari perpaduan dari penggunaan suspensi machpherson pada roda depan dan chapman strut pada roda belakang, telah membekali kendaraan ini dengan kualitas pengendalian dan kenyamanan berkendara yang cukup baik. Ini dapat dirasakan saat melintasi permukaan jalan yang keriting, bantingannya tetap terasa nyaman, tanpa menimbulkan gejala limbung yang berlebihan. Bobot putaran setirnya juga terasa pas, ringan saat digunakan pada waktu parkir dan mantap digenggam saat melaju pada kecepatan diatas 60 km/jm. Meskipun SUV ini telah dilengkapi dengan fitur selec terrain, auto, snow, sand, mud, rock, namun MM belum dapat menguji kapabilitas dari fitur – fitur tersebut, mengingat kondisi uji coba yang belum memungkinkan.

FD Jeep Renegade 087

Tampilan Samping All New Jeep Renegade

Material kabin yang digunakan di dalam Renegade ini terasa sangat berkualitas, disertai dengan ruang kaki depan dan belakang yang cukup lapang. Posisi duduknya juga terasa cukup ergonomis, tombol – tombol di sekitarnya juga terasa mudah untuk dijangkau dan dioperasikan. Pada limited ini juga telah dilengkapi dengan fitur removable front and rear panels. Dengan fitur ini, kedua roof depan dan belakang dapat dilepas secara terpisah, jika ingin merasakan udara segar. Setiap panel memiliki berat 4.5 kg dan dapat dilepaskan mudah dengan cukup satu orang.

FD Jeep Renegade 049

Interior All New Jeep Renegade

Bagi yang sering melalukan kegiatan outdoor, dan butuh kendaraan yang nyaman untuk digunakan har- hari, tanpa mengurangi sisi fungsionalitasnya. Tak salah lagi memilih kendaraan ini.

Spesifikasi

 

Harga: Rp 669 juta off the road

Dimensi : 

Pjg/lbr/tng (mm)  4.230/1.880/1.690

Wheelbase (mm)  2.570

Kapasitas tangki (liter)  48

Mesin Tipe :

Turbocharged multiair

Kapasitas (cc)  1.368

Tenaga (tk/rpm) 160/5.500

Torsi (kgm/rpm) 24.5/2.500-4.000

Transmisi :  9 percepatan otomatis

Tipe Suspensi :

Depan : McPherson strut, coil springs

Belakang : Chapman strut

Rem :

Depan :  Ventilated disc

Belakang : Ventilated disc

Ban : Bridgestone turanza T 100

Depan: 225/55/18

Belakang: 225/55/18

Read more:
Photo 3
Ikatan Motor Indonesia Terima Penghargaan Dari FIM

mobilmotor.co.id - Bertepatan dengan pelaksanaan sidang umum tahunannya, yang dilaksanakan di Berlin, Jerman hari Sabtu kemarin, 26 November 2016, Federation...

Close