Berbagai Macam Jenis Atap Terbuka

1

mobilmotor.co.id Jakarta – Pada setiap kendaraan yang dirancang, pastinya dapat dilengkapi dengan open roof, agar matahari dan udara secara maksimal dapat masuk ke dalam kabin. Open Roof ini ditawarkan dengan berbagai macam desain dan sisi fungsionalitasnya yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan si pemakai kendaraan. Seperti tersedia jenis sunroof in built, spoiler sunroof, pop up sunroof, topmount folding sunroof, panoramic roof, targa roof, hardtop convertible dan softop convertible. Hampir semua jenis open roof tersebut dapat digunakan pada setiap kendaraan. Namun esensi dari penggunaan dari setiap open roof tersebut, MM akan mengulas sebagai berikut.

Sunroof in Built

Sunroof in Built

Sunroof in Built

Jenis sunroof in built ini sudah terpasang dari awal mobil tersebut di rakit, dan peletakkannya telah diukur secara presisi pada luas atap mobil yang digunakan. Sunroof ini posisi gerakan membukanya masuk ke dalam atap (diantara atap dan bahan pelapis plafon), dengan menggunakan mekanisme dalam bentuk rangka dan rel yang berukuran dua kali lipat dari panel roof atau kacanya. Sunroof in built ini dapat dioperasikan secara manual atau elektrik.  Kelebihan dari jenis sunroof tersebut dapat dibuka secara penuh, tetapi dapat juga dinaikkan posisinya ke atas sedikit, jika Anda menginginkan hanya sedikit angin saja masuk ke dalam kabin tanpa perlu ada sinar matahari yang masuk. Untuk menghindari terjadinya masalah pada jenis sunroof in built, disarankan secara rutin untuk melumasi bagian rel sunroof dengan gemuk yang tahan panas dan tidak mudah encer.

Spoiler Sunroof

Spoiler Sunroof

Spoiler Sunroof

Cara kerja dari  membuka dan menutup spoiler sunroof ini, dengan cara diangkat dan digeser. Jenis sunroof ini dimensinya paling kecil dibandingkan tipe sunroof yang lainnya, serta dilengkapi dengan panel penahan sinar matahari untuk menghindari panas terik matahari yang berlebihan di kabin mobil. Spoiler sunroof ini dapat digerakkan secara manual dan juga otomatis.

Pop Up Sunroof

Pop up Sunroof

Pop up Sunroof

Popup sunroof adalah jenis sunroof yang paling sederhana. Cara membukanya cukup dengan mengangkat panelnya,dan matahari pun dapat masuk kedalam kabin meskipun tidak maksimal. Namun buka tutupnya harus dilakukan secara manual. Pemasangan pada pop up sunroof ini dapat dilakukan di bengkel bengkel modifikasi atau spesialis sunroof. Biaya pemasangannya berkisar hingga 15 juta rupiah, tergantung jenis dan dimensi kendaraan yang digunakannya.

Targa Roof

Targa Roof

Targa Roof

Pada beberapa jenis kendaraan sport car, seperti Porsche Carrera atau Honda NSX generasi pertama, ditawarkan jenis atap Targa. Desain atap Targa ini dapat dibuka pasang secara manual. Saat atap targa ini tidak digunakan, Anda dapat meyimpannya di ruang bagasi depan atau di jok belakang. Targa roof ini dapat terbuat dari besi atau baja alumuium ringan, yang dimana saat digunakan tidak mengurangi kekokohkan dari struktur bodi mobil. Serta saat terjadi kecelakaan atau mobil tersebut terbalik, maka penumpang di dalamnya dapat tetap terhindar dari benturan keras, karena targa roof terbuat dari material yang kuat.

Panaromic Roof

Panaromic Roof

Panoramic Roof

Panoramic roof adalah sistem sunroof yang menggunakan kaca atau panel berukuran besar ataupun kaca ganda yang mampu dinikmati dari baris depan hingga baris penumpang belakang. Meskipun pada beberapa jenis kaca panoramic roof tersebut tidak dapat dibuka tutup seperti sunroof, tetapi telah dilengkapi dengan tirai elektrik yang dapat membuka tutup kaca panoramic tersebut. Dengan menggunakan jenis panoramic roof tersebut pada saat tirainya di buka maka cahaya sinar matahari dapat tetap masuk kedalam kabin. Efek dari desain tersebut  telah menciptakan rasa lebih lapang atau airy saat duduk di dalamnya. Meskipun tidak ada angin yang masuk kedalamnya.

Topmount Sliding Sunroof

Topmount Sliding Sunroof

Topmount Sliding Sunroof

Jenis sunroof ini menggunakan panel kaca besar ataupun kaca ganda yang dapat membuka pada jalur khusus di atas atap. Topmount sliding sunroof ini dapat digunakan pada ruang atap yang agak panjang, untuk meletakkan rel sunroof pada bagian atap mobil. Pemasangan topmount sliding sunroof dapat dilakukan di bengkel spesialis sunroof. Waktu untuk pemasangan topmount sliding sunroof ini  butuh waktu sekitar 1 bulan, karena sebagian atap mobil harus dipotong untuk memasang sunroof ini.

Hartop Convertible

Hartop Convertible

Hartop Convertible

Hardtop convertible seluruh atapnya dapat dibuka tutup secara elektrik atau manual. Atap tersebut terbuat dari body steel yang kuat dan ringan. Efek dari penggunaan bahan tersebut dapat menekan suara yang masuk ke dalam kabin, serta meningkatkan kekokohan pada seluruh bodi mobil dan mengurangi gejala bodi flex yang umumnya timbul pada mobil convetible beratap kanvas. Hardtop convertible juga lebih aman digunakan saat parkir di lokasi yang rawan pencuri, karena tidak dapat dirusak atau dirobek oleh benda tajam seperti pada mobil yang menggunakan softop convertible.  Hanya saja atap besi ini dapat meningkatkan bobot kendaraan hingga 100 kg dibandingkan softop convertible.

Softop Convertible

Softop Convertible

Softop Convertible

Penggunaan soft top convertible ini masih cukup digemari, karena terbuat dari kanvas tebal, ringan dan tahan panas. Untuk buka tutup softtop convertible ini dapat dilakukan secara manual atau otomatis. Namun sisi minus untuk jenis softtop convertible yang masih menggunakan kaca plastik untuk bagian kaca belakang saat dalam keadaan terpakai, cepat berembum pada waktu hujan, dalam kondisi ac dimatikan.

Berbagai Macam Jenis Atap Terbuka 1.75/5 (35.00%) 4 votes
(Visited 15,180 times, 42 visits today)
  • Didi Petet

    PROMO FREECHIP Rp 10.000,- Buat 5000 Member Baru 234Poker,COM Dengan Ketentuan Sebagai Berikut :

    1.Promo Hanya Berlaku Untuk Member Baru 234Poker,COM per Tanggal 1 NOV 2015

    2.Member Baru Wajib Melakukan min depo 20.000 (20.000 + 10.000) Freechip Hanya 10.000 Tidak Berlaku Kelipatan

    3.Untuk melakuan Withdraw min Turn over Harus nilai deposit + 2 x nilai freechip

    Contoh : DP 20.000 + freechips 2 x 10.000 = 40.000, setelah TO Anda 40.000 anda bisa melakukan Withdraw

    4.Buat Member Lama Akan Mendapatkan 5.000/hari Dengan Melakukan Deposit Sebesar 50.000 (Diperbolehkan Klaim 1x /Hari)

    5.Konfirmasi Terlebih Dahulu ke Livechat Kami Untuk Ketersediaan Freechips Sebelum Anda Melakukan Deposit

    5.Peraturan dan Ketentuan Management 234Poker,COM Adalah Mutlak dan Bisa Berubah Sewaktu waktu Tanpa Pemberitahuan

    Selamat Bermain di 234Poker,COM dan Semoga Beruntung !!!

    Info lebih lanjut hub kami di :

    YM: cs1_234poker

    BBM: 58d46088

    facebook : 234poker

    Twitter : 234poker

    line : 234poker

Read more:
2
KTB Gelar Mitsubishi Motors Special Exhibition di Jakarta

mobilmotor.co.id -  PT Krama Yudha tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia, kembali menyelenggarakan Mitsubishi Motors Special...

Close