Apa Fungsi dari Supercharger dan Turbocharger? Cek Disini

0

Kedua perangkat tersebut berfungsi untuk mendongrak tenaga mesin secara signifikan. Bagaimana cara bekerjanya ? Mari kita simak artikel ini.

mobilmotor.co.id Jakarta Supercharger dan turbocharged memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk meningkatkan tenaga pada mesin Anda. Tetapi yang membedakan antara kedua perangkat tersebut adalah cara kerjanya. Supercharger atau blower adalah sebuah kompresor gas yang berfungsi untuk memompa udara ke dalam pembakaran silinder mesin. Dengan bertambahnya oksigen yang di dorong untuk masuk ke dalam silinder, membuat mesin membakar lebih banyak bahan bakar dan mengoptimalisasi efisiensi volumetrik mesin, yang membuat tenaga mesin menjadi lebih meningkat. Supercharger tersebut digerakkan oleh sabuk  puli, rantai sproket,dan juga melalui roda gigi dari poros engkol mesin

Supercharger

Supercharger

Dimana turbocharger menghasilkan dayanya dari turbin lebih efisien dengan mengambil tenaganya dari asap gas buang kendaraan untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi mesin dengan menambah tekanan udara yang masuk ke dalam mesin. Kelebihan dari turbocharger tersebut dibandingkan supercharger adalah sangat optimal untuk diaplikasikan pada mesin berkapasitas kecil, karena dengan meningkatkan dorongan udara yang ada di dalam mesin, secara otomatis torsi atau daya dorong mesinnya pun juga dapat ditingkatkan dalam ukuran yang cukup siginifikan. Efeknya adalah untuk pencapaian pada akselerasi yang maksimal, mesin tidak selalu harus diputar pada putaran yang tinggi, tetapi di rentang putaran yang pendek pun, daya momen puntir torsinya juga sudah cukup terasa.

Turbocharger

Turbocharger

Hasil dari ditambahkannya turbocharged ini, maka akan membuat campuran udara dengan bahan bakar semakin sempurna. Dengan turbocharger sering menghasilkan tenaga dikisaran 15% hingga 30% lebih tinggi. Namun sisi kelemahan dari turbocharged tersebut dibandingkan supercharged dapat menghasilkan istilah “lag” atau waktu spool. Lag ini adalah waktu permintaan untuk meningkatkan daya tenaga dan mem-boost tekanan intake yang terjadi karena ada penimbunan tekanan gas buang untuk menggerakkan turbin. Pada saat mesin sudah mencapai kecepatan tertentu, maka bagian turbin mulai berputar lebih cepat untuk menghasilkan tekanan intake.

Sisi kelemahan dari sistem turbocharged dan supercharged adalah ratio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah ngelitik) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah. Kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin.

Intercooler Kit

Intercooler Kit

Intercooler

Efek dari kenaikan tekanan udara dalam sebuah ruangan dengan volume konstan, disertai juga dengan kenaikan temperatur. Pada hukum termodinamika, proses ini disebut dengan proses isokhorik atau isovoulmetrik. Setiap diikuti dengan proses isokhorik, tak terkecuali pada turbocharger. Indikasinya adalah dengan naiknya temperatur udara terkompresi yag keluar dari kompressor turbocharger. Dengan demikian dibutuhkan sebuah sistem pendingin udara bernama intercooler sebelum udara bertekanan masuk ke intake manifold.

Apa Fungsi dari Supercharger dan Turbocharger? Cek Disini 3.00/5 (60.00%) 2 votes
(Visited 4,027 times, 11 visits today)
Read more:
Jajaran Manajemen NMI usai melalukan Ground Breaking Ceremony New Engine Machining Plant
Nissan Bangun Pabrik Mesin & Transmisi Baru di Indonesia

mobilmotor.co.id - Nissan Motor Indonesia (NMI) memulai pembangunan pabrik baru yang akan memproduksi mesin dan transmisi di Indonesia. Kehadiran pabrik...

Close