Terkait Kasus Emisi Mesin Diesel VW, Ini Pernyataan lengkap VW Indonesia

0

mobilmotor.co.id Jakarta – MM dalam ulasan ini akan wewancarai Bpk Rully Johan tentang perkembangan VW di Indonesia, global dan juga efek dari terkaitnya kasus emisi mesin diesel VW. Beliau sebagai selaku Head of Public relations dari Volkswagen Indonesia. Mari kita ikuti ulasan wawancara berikut ini.

Bagaimana perkembangan VW Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini?

Perkembangan VW Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini sangat baik. Ini dapat terindikasi dari total 11 outlet diler yang sudah dibangun di seluruh Indonesia, yaitu di Jakarta,Bandung,Surabaya, Solo, Yogyakarta, Medan, Bali. Pembagunan infrastruktur purna jual ini telah dilakukan oleh kamu demi meningkatkan kualitas kepuasan pelanggan. Hingga akhir YTD 2014, penjualan VW Indonesia telah mencapai hingga 1227 unit. Untuk hingga akihir September 2015, penjualan telah mencapai hingga dikisaran 700 unit .

Tipe Volkswagen apa saja yang dijual di Indonesia?

Tipe Volkswagen yang dijual di Indonesia Polo TSI 1.2, Golf 1.2, Golf 1.4, Golf GTI, Scirocco 1.4,Scirocco 2.0 R, Scirocco 1.4 GTS, Tiguan 1.4, Tiguan 2.0, Touran 1.4, Touareg. Caravelle long wheelbase/short wheelbase dan Panel Van 4×4. Untuk yang Carravelle, Scirocco dan GTI masih didatangkan secara utuh dari German.

Berapa Unit VW yang rata – rata terjual di Indonesia setiap bulan? Dan tipe apa saja yang paling digemari?

Setiap bulan VW Indonesia menjual total unit dikisaran angka 200 unit. Tipe yang paling laris untuk saat ini adalah, Golf 1.4 auto, Polo 1.2 TSI dan Tiguan highline.

Langkah apa yang telah dilakukan oleh VW Indonesia untuk dapat lebih menyakini pengguna VW dengan produknya?

VW telah menawarkan program basic warranty 2 tahun/unlimited kilometers untuk setiap kendaraan yang dibelinya sebagai fitur standar. Namun setelah dua tahun jika ingin diperpanjang, VW menawarkan goodwill warranty, yang dapat diperpanjang setiap tahunnya, hingga jangka waktu 5 tahun. Meskipun per tahunnya akan dikenakan biaya dengan jumlah yang tidak terlalu besar. Program tersebut ditawarkan oleh kami, untuk meningkatkan VW customer driving experience, serta menjaga kondisi VW tetap dalam kondisi yang prima, agar biaya perbaikan yang besar ditanggung sepenuhnya oleh VW Indonesia.

Apakah kasus emisi mesin diesel VW tipe EA 189 ini berdampak signifikan terhadap penjualan VW di Indonesia?

Kami sudah berkomunikasi dengan VW principal, sudah dipastikan untuk tipe mesin diesel EA 189 ini tidak di jual untuk di pasar Indonesia. Jenis mesin diesel tersebut sudah mengadopsi teknologi euro 5, dimana kita masih menggunakan euro 2. Jadi jelas bahwa kasus emisi ini tidak berdampak signifikan terhadap penjualan VW di Indonesia.

Langkah-langkah apa yang akan diambil oleh VW Indonesia untuk mengantisipasi persepsi masyarakat atau pengguna VW terhadap kasus tersebut ?

Untuk mencegah timbulnya persepsi negatif terhadap produk VW secara global. Kami dari VW Indonesia akan selalu mengkomunikasikannya ke VW Principal di German, serta akan selalu meminta kepada mereka agar menginformasikan ke kami tentang perkembangan VW secara global dan mewaspadai dengan kasus seperti investigasi gas emisi yang telah dilakukan di Amerika. Dari pihak VW principal German, telah memastikan untuk seluruh produk Volkswagen yang dijual di Indonesia, dipastikan layak jalan dan tidak berdampak oleh kasus gas emisi tersebut. Kami dari pihak Volkswagen Indonesia juga telah mengedukasi tentang kasus tersebut melalui press release dan media sosial untuk seluruh pengguna VW di Indonesia, dengan tujuan to broaden their knowledge about our product dan menjaga tingkat kepuasan pengguna VW yang ada di Indonesia.

Metode pengetesan emisi seperti apa yang telah dilakukan oleh pihak Volkswagen Indonesia ?

Pengetesan metode emisi yang telah dilakukan oleh pihak Volkswagen Indonesia adalah metode pengetesan dengan alat pengujian emisi, yang di sertai juga dengan alat scan canggih yang dapat membaca kondisi performa mesin, temperatur mesin, performa transmisi dan sistem electrical yang bekerja di setiap VW.

Dengan munculnya kasus emisi tersebut, efek untuk VW berexpansi bagaimana pak ke depannya? Dan rencana VW ke depan bagaimana pak ?

Hingga saat ini VW Indonesia sudah memiliki dua assembly plant untuk proses perakitan semi knock down, yaitu di Bukit Indah Cikampek dan di Pulo Gadung. Untuk dalam waktu dekat kami memang ada rencana untuk membangun diler outlet VW berikut bengkel di Bali. Namun kami pastikan terlebih dahulu ekonomi, baru kami akan merealisasikan proyek tersebut. Kami juga ada rencana untuk menjual Caravelle T6 bensin, namun masih tentatif.

Note:
Skandal manipulasi kadar emisi gas kendaraan yang dilakukan Volkswagen di Amerika Serikat bakal berdampak buruk terhadap industri otomotif, khususnya industri German. Bahkan diperkirakan bisa memicu krisis baru di Eropa. Diperkirakan skandal VW memaksa mobil mengeluarkan biaya tambahan hingga US$ 670 per unit demi memenuhi syarat kadar emisi. Ini dikarenakan, perangkat software yang digunakan pada jenis diesel tipe EA 189 tersebut yang dapat memanipulasi angka gas emisi tersebut. Di mana saat peranti lunak tersebut di nonaktifkan pada kondisi mobil dalam keadaan berjalan, maka angka gas emisi (nitrous oxide) tersebut melonjak 40 kali lebih tinggi dari batas yang diperbolehkan. Kadar Nitrous oxide yang tinggi ini dapat menggangu sistem pernafasan dan memperpendek umur manusia. (AS)

Read more:
4.roofrail
4.Roof Rail

Kebanyakan keluarga Indonesia akan melakukan perjalanan mudik. Termasuk dengan anggota keluarga tambahan. Makanya ruang bagasi yang tersisa di balik jok...

Close