Perubahan Revolusioner Pada All-New Volkswagen Tiguan

0

mobilmotor.co.id Frankfurt – Volkswagen pertama kali meluncurkan crossover Tiguan pada tahun 2009. Enam tahun kemudian, meluncurlah penerusnya pada ajang Frankfurt Motor Show 2015.

Dan tidak seperti tren kebanyakan dimana jalur perubahan yang diambil adalah perubahan secara evolusioner, VW Tiguan generasi kedua ini mengambil jalur perubahan yang revolusioner, dimana karakter desain secara keseluruhan memang berbeda dibandingkan dengan pendahulunya.

Yang pasti, ia terlihat lebih sporti dan dinamis, dengan bahasa desain modern VW yang sebelumnya mendapatkan preview melalui mobil konsep VW Cross Coupe GTE yang diperkenalkan pada awal tahun.

Secara dimensi, ia lebih panjang 60 mm menjadi 4.492 mm, lebih lebar 30 mm menjadi 1.839 mm, dan lebih rendah 33 mm menjadi 1.656 mm, dengan jarak sumbu roda yang juga diperpanjang 77 mm menjadi 2.681 mm. Penambahan jarak sumbu roda menjanjikan ruang kabin yang lebih lapang, khususnya ruang lutut penumpang belakang serta kapasitas bagasi yang lebih besar 145 liter menjadi 615 liter. Lipat kursi baris kedua dan kapasitas bagasi menjadi 1.665 liter.

All-new Tiguan ini menggunakan platform sasis MQB dengan pilihan 8 mesin bensin dan diesel yang semuanya berteknologi turbocharger untuk menyesuaikan dengan regulasi emisi Euro 6. Empat mesin bensin TSI nya mempunyai pilihan daya mulai dari 125 tk, 150 tk, 180 tk, dan 220 tk; sementara, empat mesin turbodiesel TDI nya mempunyai pilihan daya mulai dari 115 tk, 150 tk, 190 tk, dan 240 tk.

Pembeli dapat memilih antara sistem penggerak roda depan atau sistem penggerak empat roda 4MOTION dengan fitur Active Control dimana pengemudi dapat mengontrol pilihan menu penggerak sistem ini. Semua tipe Tiguan terbaru ini juga dapat dipesan dengan moncong depan yang sudah dioptimalkan untuk medan off-road dengan sudut approach 25,6 derajat.

Memasuki interior, desain kabinnya tidak jauh berbeda dengan apa yang pembeli dapat lihat pada VW Golf, dengan layar infotainment standar berukuran 5 inci yang kemudian bisa diperbesar dengan layar opsional 8 inci dengan dukungan sistem operasi Apple CarPlay serta sistem navigasi.

Opsi teknologi-teknologi yang dapat diaplikasikan pada All-New VW Tiguan ini adalah Automatic Post-Collision Braking System, Lane Assist, dan Front Assist with City Emergency Braking dan Pedestrian Monitoring.

All-new VW Tiguan akan diproduksi mulai tahun depan, dimana ia juga akan mendapatkan versi lebih panjang nya dengan kemampuan untuk memuat 7-penumpang. Kemungkinan, versi 7-penumpang ini ditargetkan untuk pasaran Cina dan pasaran Amerika Serikat. (APT)

Read more:
ROI at Ferrari Festival of Speed 1
Rekor Otomotif Indonesia (ROI) Berikan Penghargaan Tertingginya untuk Ferrari Jakarta

mobilmotor.co.id - Rekor Otomotif Indonesia (ROI) sebuah lembaga independen yang memiliki kepedulian dan apresiasi kepada insan otomotif Indonesia dalam bidang otomotif, hadir...

Close