Road Test Peugeot 508

0

Ulasan

mobilmotor.co.id RoadTest – Peugeot sangat identik dengan kenyamanan. Mobil buatan Prancis yang diageni oleh PT Astra International tetap konsisten dalam mempertahakan kenyamanan dan desain eksterior yang khas.

Saat MM menatapi bagian luar Peugeot ini, tersirat jelas desain bodi yang anggun dan elegan. Lampu depan yang tetap menggunakan bohlam halogen dengan teknologi NEO (new effi ciency optics). Lampu ini memiliki penyinaran yang lebih optimal dan jangkauan pencahayaan yang lebih jauh. Lampu depan berada dalam tabung model sipit terpasang langsung di sisi kanan kiri spakbor, ditambah lampu kabut di bawah bumper depan menambah kesan sporti penampilan mobil berlambang singa ini.

Memasuki ruang kabin, 508 akan menyambut Anda dengan nuasan ruang kabin yang mewah, elegan namun tetap sporti.Elegan ditunjukan dengan warna gelap yang lebur di semua sudut kabin Peugeot 508 ini. Kesan sporti Anda bisa rasakan langsung saat menduduk jok bagian depan. Jok dengan model semi bucket mampu “memeluk” tubuh Anda saat berkendara.

Berbeda saat Anda duduk di jok belakang. Jok berlapis kulit ini mampu memberikan kenyamanan ketika Anda hendak duduk berlama-lama. Apalagi, sistem audio yang ada menambah kenyamanan saat berkendara.

Dalam Kota

Pengujian dalam kota yang menjadi syarat pengujian MM jalani bersama Peugoet 508 hampir satu hari penuh mengitari Jakarta. Memasuki kawasan pusat kota Jakarta, Sang 508 hampir tidak mengalami hambataan yang berarti. Di jalan stop and go pun mobil ini masih nyaman dikendarai (fun to drive) .

Suspensi yang dipergunakan 508 model independent macpherson, coil spring dengan sokbreker hidraulis di roda depan dan multi arm link coil spring dengan sokbreker hidraulis di roda belakang mampu memberikan kenyamanan di segala macampermukaan jalan.

Di kemacetan, penggunaan transmisi matik dengan 6 percepatan menghasilkan perpindahan gigi transmisi yang halus dan responsif. Penggunaan electronic power steering memberikan kemudahan saat mobil pindah jalur maupun berbelok patah. AC dengan dual zone memberikan hembusan hawa dingin yang bisa diatur secara individu.

Di TOL

Selesai pengetesan di dalam kota, MM membawa Peugeot 508 menuju jalan bebas hambatan. Di awali dari Tol Rawangun laju 508 mulai teruji. Kecepatan masih berada di 80 km/jam, MM merasakan kendali roda kemudi dan kerja suspensi masih nyaman dan menyenangkan.

Akhirnya MM menemukan jalan yang bisa dijajal untuk mengetes akselerasi. Tak sabar, pedal gas pun ditekan habis. Tak terasa jarum speedo meter sudah menunjukan angka 150 km/jam. Di kecepatan ini, kendali mobil masih baik, hanya noise mulai terdengar.

Dari hasil berapa kali pengujian kecepatan, MM merasakan tingkat kenyamanan 508 berada pada kecepatan 110 km/jam-120 km/jam. Untuk melakukan pengujian stabilitas, kecepatan diturunkan hingga kecepatan 80 km/jam. MM melakukan manuver ke kiri dan ke kanan. Ternyata 508 cukup stabil. Ini bisa dimaklumi karena sistem suspensi mobil ini cenderung medium hard. Masih di kecepatan yang sama, MM mencoba melintasi jalan yang sedikit berlubang dan bergelombang. Hasinya, suspensi yang berada di ke-4 roda 508 mampu berkerja dengan baik dan mampu menjaga mobil tetap stabil. Gejala bodi roll masih normal.

Rasanya tidak puas kalau belum mencoba mode manual yang ada pada sistem transmisi Peugeot 508. Ditambah lagi, mesin berkapasitas 1.598 cc 4 silinder dengan turbochager yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 157 tk pada 5.800 rpm dan torsi 24,46 Kgm pada 1.400 rpm, membuat MM tergoda untuk mecoba akselerasi dengan transmisi manual 508.

Penggunaan mode manual MM lakukan dengan mengeser tongkat persneling dari posisi D ke posisi M. Kick down pun dilakukan! Pedal gas sampai pada titik maksimal. Pepindahan gigi transmisi secara manual bisa dikendalikan melalui pedal shift yang ada di belakang roda kemudi.

Pengemudi bisa sesukanya bermain dengan akselerasi karena dengan sistem manual 6 percepatan ini perpindahan gigi dan putaran mesin bisa diatur sesuai keinginan pengemudinya. Untuk mendukung kenyamanan dan kemantapan berkendara, desain jok depan dibuat model semi bucket sehingga jok tersebut terasa memeluk tubuh dan menjaga posisi tubuh pengemudi agar tidak terlempar saat melakukan manuver.

Kesimpulan :
Peugeot 508 adalah model sedan yang nyaman tetapi tetap sporti. Mobil ini bisa menjadi pilihan Anda sebagai alat transportasi ke kantor dan keluarga kecil. Mesin yang dilengkapi turbo memberikan nilai tambah bila Anda ingin mencoba andrenalin. Sistem audionya yang baik dapat menjadi teman penghibur saat diperjalanan.

We Like : Akselerasi, Elegan, Interior

We Don’t : Noise, Head Unit

Spesifikasi

Harga Rp 683.300 juta
Tipe kendaraan Sedan 5 pintu, 5 penumpang

Fitur :
Dual airbags, power steering
Sound system Single DIN Head Unit, USB, 6 speaker

Dimensi :
Pjg/lbr/tng (mm) 4.792/1.828/1.456
Wheelbase (mm) 2.817

Jarak Pijak :
Depan/belakang (mm) –
Berat kosong (kg) 1.485
Weight to power ratio (kg/tk) –

Interior/Fitur Safety :
Depan 2 x 3 point seat belt kantung udara
Baris kedua 2 x 3 point seat belt
Baris ketiga –

Jok :

Depan Sliding, reclining, hight adjuster
Baris kedua –
Baris ketiga –

Penggerak Mesin :
Tipe EP6CDT 4 silinder Turbo
Bore x stroke (mm) –
Kapasitas (cc) 1.598
Rasio kompresi –
Tenaga (tk/rpm) 156/5.800
Torsi (Kgm/rpm) 24,46/1.400

Sistem Gerak :
Transmisi A/T 6 percepatan
Opsi tambahan M/T 6 percepatan pedal shift

Sasis :
Tipe sasis Monokok
Material Baja

Kemudi :
Sistem Rack & Pinion Electric Power steering
Radius putar (m) –

Suspensi :
Depan MacPherson strut with coil spring
dan sobreker hidraulik
Belakang Multi arm link with coil spring
dan sobreker hidraulik

Rem :
Depan Disc brake ABS, EBD, EBA
Belakang Disc brake

Ban :
Merek Michelin
Ukuran 225/55 R17

Hasil Test

Akselerasi *kondisi kering
0–20 km/jam 1,6 detik
0–40 km/jam 3,2 detik
0–60 km/jam 5,3 detik
0–80 km/jam 8,1 detik
0–100 km/jam 11,7 detik
0–400 meter 18,7 detik
@ 101,5 km/jam

Bahan Bakar
Konsumsi BBM dalam kota 6,7 km/liter
Konsumsi BBM tol 10,8 km/liter
Hasil Pengujian 8,75 km/liter
Kapasitas tangki 72 liter

Kesenyapan Kabin (dB)
Idle 44,1
20 km/jam 55,2
40 km/jam 56,1
60 km/jam 58,6
80 km/jam 64
100 km/jam 66,3

Foto

IMG_2270

IMG_2280

IMG_2275

IMG_2272

IMG_2276

IMG_2291

Read more:
Astra Daihatsu Sigra
Permintaan Pasar Daihatsu Lampaui Pasokan Hingga Q3-2016

mobilmotor.co.id - Melewati periode sembilan bulan (Q3) 2016, penjualan Daihatsu terus meningkat bahkan menunjukkan angka permintaan pasar (retailsales) yang telah...

Close