Komparasi Chevrolet TrailBlazer, Mitsubishi Pajero Sport 4×4 dan Toyota Fortuner 4×4

1

Ulasan

mobilmotor.co.id Jakarta – SUV (Sport Utility Vehicle) menjadi salah satu segmen kendaraan yang cukup digemari saat ini oleh konsumen di pasar otomotif tanah air. Ada banyak alasan yang mendasari fenomena tersebut. Kalau menilik dari akronimnya, maka konsumen Indonesia lebih banyak menyukai SUV karena faktor utilitasnya.

Sebut saja mulai dari tersedianya ruang akomodasi yang lapang (maklum, rata-rata SUV yang beredar di Indonesia memiliki dimensi bodi yang berukuran relatif besar). Selain itu, sosok dan penampilan SUV yang yang gagah turut menjadi salah satu alasan yang banyak dilontarkan oleh para pemilik SUV di Indonesia.

Terlebih melihat jaringan infrastruktur di Indonesia yang masih banyak dalam proses pembangunan atau kurang mendukung mobilitas. Sebut saja contoh jalan yang rusak, berlubang, dan genangan air. Bahkan, di kota-kota besar seperti Jakarta, kondisi jalannya masih jauh dari ideal. Alhasil, keadaan seperti itu memang sangat cocok bagi SUV yang kebanyakan menawarkan ground clearance relatif tinggi. Sangatlah pas untuk menggunakan SUV di perkotaan sebagai alat transportasi harian.

Namun, bagi sebagian pengguna SUV, tentu ada kebutuhan untuk memakainya di luar “pakem” yang sudah ada, misalnya menjelajah medan off-road yang menantang. Atau bisa juga karena ada keperluan yang mengharuskan perjalanan ke luar jalan aspal normal.

Jika memang demikian tuntutan sang konsumen, maka pilihan terbaik yang mampu memenuhi segenap permintaan tersebut sudah terwakili oleh ketiga SUV 4×4 bemesin diesel ini. Sistem 4×4 dengan transfer case yang dilengkapi low gear ratio yang dimiliki ketiganya menjamin mobilitas dalam berbagai kondisi jalan (all road) dan medan (all terrain).

Di luar urusan sistem gerak empat roda, ketiga kontestan yang terdiri atas Chevrolet Trailblazer, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner ini didukung oleh mesin diesel Common-rail yang sarat teknologi modern. Mesin ini menawarkan efisiensi bahan bakar yang optimal, performa tinggi, serta mampu mereduksi emisi gas buang. Tentunya, prestasi maksimal tersebut membutuhkan bahan bakar solar bermutu tinggi, seperti Pertamina Dex.

Chevrolet Trailblazer

Walau terkesan hadir terlambat, Chevrolet Trailblazer menawarkan sejumlah nilai jual unggulan untuk menghadapi para pesaingnya. Apalagi, Chevrolet mengklaim Trailblazer mampu menjawab kebutuhan atas kinerja, performa, dan kenyamanan untuk kendaraan penjelajah segala jalan dan segala medan.

Dibanding para rivalnya, Trailblazer memiliki kapasitas mesin diesel terbesar di kelasnya, yaitu 2.776 cc atau 2,8 liter, sedangkan para pesaing beratnya seperti Pajero Sport dan Fortuner mengandalkan mesin kelas 2,5 L. Bekal kapasitas silinder yang lebih besar dan turbo jenis Variable Geometry menghasilkan performa yang responsif dan bertenaga untuk mengatasi berbagai tantangan selama perjalanan. Hal itu bisa dirasakan saat mengajak Trailblazer menjelajah jalan aspal.

Kinerja mesin turut didukung oleh transmisi otomatis modern 6 percepatan. Untuk menegaskan aspek sport sekaligus memanjakan pengemudi dengan gaya mengemudi sporti, transmisi otomatis Trailbalzer dilengkapi fitur Sequential yang memungkinkan perpindahan gigi transmisi dilakukan secara manual dengan mudah dan cepat.

Kemampuan Trailblazer untuk menjelajah segala medan didukung oleh sistem gerak 4×4 dan sistem kontrol traksi dan sistem kontrol stabilitas. Sistem 4×4 Trailblazer menganut transfer case jenis parttime yang sudah menganut sistem aktivasi elektronik sehingga perpindahan antara mode 2H-4H-4L cukup dilakukan dengan meng operasikan tombol putar yang terletak di belakang tuas transmisi.

Untuk mode gerak 2H ke 4H, perpindahan bisa dilakukan sambil melaju atau “shift on the fly”. Namun, perpindahan mode dari 4H ke 4L mengharuskan kendaraan untuk berhenti total.

Spesifikasi :
Harga Rp579,3 juta
Dimensi (P/L/T) 4.872/2.132/1.831
Wheelbase (mm) 2.845
Mesin Tipe I-4 DOHC 16 katup, VGT
Kapasitas (cc) 2.776
Tenaga (tk/rpm) 180/3.800
Torsi (Nm/Rpm) 470/2.000
Transmisi Otomatis, 6 percepatan

We Like : Fitur, teknologi
We Don’t : Visibilitas belakang

kompar

IMG_0045

IMG_0066

IMG_0068

IMG_0098 (1)

Mitsubishi Pajero Sport 4x4

Mengusung taglineSuperior Hi-power Family SUV”, Pajero Sport Dakar menjadi varian tertinggi Pajero Sport untuk memenuhi harapan konsumen yang mendambakan SUV dengan performa lebih berkelas. Singkatnya, Pajero Sport Dakar adalah SUV keluarga dengan karakter Pajero versi reli Dakar.

Di pasar otomotif Indonesia, Pajero Sport Dakar tersedia dengan dua pilihan varian, AT 4×2 Hi-Power dan AT 4×4 Hi-Power, menggantikan varian Pajero Sport Exceed 4×4 AT. Kedua varian tersebut sama-sama mengandalkan mesin diesel berkapasitas 2,5 liter yang telah dilengkapi VGT untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar.

Mesin 4-silinder 2,5 liter DOHC 16 katup dengan Common-rail dan VGT serta intercooler menghasilkan performa prima pada putaran bawah maupun atas. Maklum, tenaga maksimalnya meningkat menjadi 176 tk dari 136 tk pada mesin sebelumnya. Saat VGT bekerja penuh, nyaris tidak terasa adanya gejala turbo lagi. Akselerasi semakin mantap tanpa ada kekosongan pada semua rentang putaran mesin.

Berbeda dengan varian Exceed atau GLX dan GLS, varian Dakar dilengkapi transmisi otomatis 5 percepatan yang bekerja halus dan perpindahan di setiap gigi berlangsung jeda. Untuk melakukan perpindahan gigi, Anda bisa memakai Manu-matic Sequential atau Paddle Shifter yang semakin mengentalkan kesan sport. Satu keunikan Pajero Sport 4×4 adalah sistem Super Select 4WD yang memadukan sistem part-time 4×4 dan full-time 4×4.

Sistem part-time 4×4 tercermin melalui mode 2H, 4H, dan 4L Dakar. Selain itu, kinerja setir juga cukup komunikatif, berisi input maupun feedback yang didapat sesuai dengan keinginan pengemudi.

Spesifikasi :
Harga Rp531 juta
Dimensi (P/L/T) 4.135/1.765/1.565
Wheelbase (mm) 2.530
Mesin Tipe I-4 DOHC 16 katup VGT
Kapasitas (cc) 2.477
Tenaga (tk/rpm) 176/4.000
Torsi (Nm/Rpm) 350/1.800-3.500
Transmisi Otomatis, 5 percepatan

We Like : Performa, sistem 4×4
We Don’t : Kursi belakang

q (1)

IMG_1137

IMG_1141

IMG_1146

IMG_1506

Toyota Fortuner 4x4

Sadar para pesaing sudah mengisi segmen pasar SUV diesel 4×4, PT Toyota-Astra Motor segera menghadirkan Fortuner 4×4 VNTurbo terbaru. Wajar saja jika kemampuan jelajahnya meningkat drastis dibanding varian 4×2. Tidak heran kalau beragam kondisi jalan bisa dilalui dengan lebih mudah.

Satu nilai jual unik Fortuner 4×4 adalah sistem gerak 4×4 jenis full-time. Artinya, dalam berbagai kondisi pemakaian, seluruh roda menjadi pengerak aktif alias kendaraan bergerak dengan sistem 4×4 terus menerus. Saat melaju santai di jalan aspal, semua roda bergerak pada mode 4H. Namun, terdapat diferensial tengah pada transfer case yang mengatur perbedaan putaran untuk roda depan dan belakang. Dengan demikian, Fortuner 4×4 bisa menikung dengan mulus seperti layaknya mobil dengan sistem gerak 4×2.

Karena menganut sistem fulltime 4×4, maka mode kerja pada transfer case-nya terdiri atas 4H- 4HL-4L. Mode 4H digunakan untuk kondisi pemakaian normal dan diferensial tengah pada transfer case melakukan pembagian torsi mesin ke roda depan dan belakang secara bervariasi. Sistem full-time 4×4 ini memaksimalkan keselamatan bagi pengguna Fortuner 4×4 ketika melaju di jalan licin.

Jika menghadapi kondisi lebih ekstrem, tuas transfer case bisa dipindahkan ke posisi 4HL (High Lock). Secara otomatis, torsi mesin terbagi merata ke roda depan dan belakang. Dalam kondisi ini, performa di medan off-road meningkat pesat. Konsekuensinya, konsumsi BBM lebih boros dibanding kondisi normal dengan mode 4H biasa.

Dalam kondisi sangat ekstrem, misalnya di jalan berlumpur atau genangan air yang dalam, tersedia mode 4LL (Low Lock).Low gear ratio melipatgandakan torsi mesin kepada roda-roda untuk mengatasi medan off-road berat.

Spesifikasi :
Harga Rp494,9 juta
Dimensi (P/L/T) 4.705/1.840/1.850
Wheelbase (mm) 2.750
Mesin Tipe I-4 DOHC 16 katup VGT
Kapasitas (cc) 2.494
Tenaga (tk/rpm) 142/3.400
Torsi (Nm/Rpm) 343/1.600–2.800
Transmisi Otomatis, 4 percepatan

We Like : Performa, efisiensi
We Don’t : Noise, kursi belakang

IMG_0646

IMG_0676

IMG_0608

IMG_0621

IMG_0703

IMG_0707

IMG_0715

IMG_0732

Kesimpulan

Chevrolet Trailblazer
Produk andalan Chevrolet untuk bersaing di segmen SUV diesel 4×4 ini menawarkan pesona tersendiri melalui styling yang maskulin khas SUV Amerika dan mesin berkapasitas paling besar di kelasnya.

Sistem 4×4-nya menganut transfer case jenis part-time yang didukung aktivasi elektronik sehingga mudah dan praktis saatdigunakan. Pengemudi cukup mengoperasikan tombol putar yang terletak di belakang tuas transmisi untuk mengatur kinerja sistem 4×4.

Mitsubishi Pajero Sport 4×4
Mungkin inilah satu-satunya SUV di segmen diesel 4×4 yang sangat mengandalkan performa mesin. Maklum, menyandang nama besar Dakar berarti varian ini harus menawarkan performa yang impresif.

Pajero Sport Dakar juga dilengkapi sistem 4×4 yang unik dengan nama Super Select 4WD yang memadukan sistem part-time 4×4 dan sistm full-time 4×4 sehingga memberikan fleksibilitas yang luas untuk pemakaian dalam kondisi yang beragam.

Toyota Fortuner 4×4
Setelah menjalani program penyempurnaan berupa penggunaan VGT, performa mesin diesel Fortuner semakin dahsyat. Memang inilah tuntutan yang sudah lama disampaikan oleh para pengguna Fortuner, walaupun masih kalah dibanding pesaingnya.

Dari segi sistem gerak 4×4, hanya Fortuner yang menawarkan sistem full-time 4×4 sehingga memberikan jaminan keselamatan yang lebih optimal saat mobil melaju di jalanan yang licin.

  • Didi Petet

    ADA FREECHIPS 10rb DENGAN MIN. DEPO 20rb BUAT MEMBER BARU AYO GABUNG SEKARANG JG DI 234POKER,COM

    BONUS harian Rp.5.000 setiap hari

    Bonus TurnOver 0.3% dibagi setiap kamis

    Bonus referral 10% Seumur Hidup

    Bonus Jackpot 60 Juta Setiap Hari

    100 % Player v Player

    Support Bank BCA,Mandiri,BRI,BNI

    Support Android dan ioS

    BBM : 58D46088.

Read more:
Eshark Rok Cup Indonesia 2016  Putaran 5 – Action1
Eshark Rok Cup Indonesia 2016 Putaran Kelima

mobilmotor.co.id - Kejuaraan Eshark Rok Cup 2016 telah memasuki putaran kelima yang digelar di Sentul International Karting Circuit (SIKC), Bogor,...

Close