Road Test Honda New CR-V 2.4 Prestige AT

0

Ulasan

Perubahan ekterior yang pas membuat mobil ini tampil lebih dinamis.

mobilmotor.co.id RoadTest – Produk Honda melalui CR-V termasuk yang paling konsisten dalam melakukan pergantian modelnya. Mobil yang masuk dalam katagori SUV ini sejak dari awal diluncurkannya memiliki keunggulan tersendiri. Kerena New CR-V ini dianggap sebagai kendaraan yang “bandel” karena keunggulan mesin serta memiliki tingkat kenyamanan yang baik.

Eksterior :
Honda New CR-V 2.400cc Prestige yang dapat disejajarkan dengan Nissan X-trail dan Mazda CX 5, hadir dengan penuh penyempurnaan. Misalnya desian eksteriornya yang modern dengan lekukan di bagian bodi yang menunjukan sebagai sebuah ciri kendaraan modern masa kini yang stylish. Perubahan gril depan yang semakin tegas dengan menggabungkan lampu serta gril menjadikan New CR-V semakin dinamis. Jika bandingkan dengan model sebelumnya, dimana gril dan lampu utama dibuat terpisah. Begitu pula dengan bempernya. Bemper depan sama –sama dibuat lebar dan menyambung dengan rumah roda atau spakbornya. Untuk menambah kesan lebih dinamis lampu kabut model lama digantikan dengan lampu kabut model persegi.

Interior :
Saat MM memasuki ruang kabin New CR-V ternyata berbeda dengan CR-V sebelumnya. Pada New CR-V dilengkapi dengan Monitor 7 inci atau memilik sistem audio model 2 DIN. New CR-V mencoba menghadirkan sebuah kenyamanan selama perjalanan dengan menghadirkan sistem hiburan melalui sistem audio yang terintegrasi dengan bagian dasbor plus layar MID yang menampilkan seluruh informasi termasuk komsumsi bahan bakar, cruise control pada bagian setir layaknya sebuah kendaraan premium. Begitu pula untuk menambah kesan mewah maka di beberapa sisi seperti bingkai lubang lalu udara AC dan rumah tempat tuas transmisi, diberi lis bermotif krom. Yang lebih kentara berbeda dengan pendahulunya adalah New CR-V ini dilengkapi dengan sunroof eletrik.

Untuk memudahkan pengemudi mendapatkan poisis duduk yang pas, jok pengemudi dilengkapi dengan pengaturan posisi duduk dengan 8 sistem pengaturan secara elektrik. Begitu pula untuk menambah posisi duduk yang ideal, roda kemudi New CR-V dilengkapi dengan fitur tilt and telescopic steering wheel . Sehingga roda kemudi dapat disetel posisinya menyesuaikan dengan postur tubuh pengemudi. tentunya hal ini menambah kenyamanan saat berkendara.

Performa :
Honda New CR-V dibekali mesin 2.400cc DOHC. Mesin i-VTEC ini mampu menghasilkan tenaga 187 TK pada 7.000 rpm dan torsi 22,6 kg.m (222 Nm) pada 4.400 rpm. Kalau dilihat dari pesaingnya Nisaan (147 TK pada 6.000 rpm) dan Mazda CX 5 (157 tk pada 6.000), maka tenaga maksimum yang dihasilkan CR-V tergolong yang terbesar.

Untuk mengetahui kemampuan CR-V secara maksimal, MM mencobanya di jalan bebas hambatan (TOL). Lepas pintu TOL Cibubur MM langsung mencoba akselerasi CR-V ini. Begitu kick down hanya berselang beberapa detik speedometer sudah menunjukan angka 120 km/jam. Secara subyektif pengendalian pada kecepatan tersebut tergolong masih enak dan nyaman. Memasuki kecepatan 140 km/jam MM sedikit konsentrasi. Pengendalain mobil masih tergolong normal. Perpindahan gigi pun berlangsung halus, tapi tetap responsif.

Saat mengurangi kecepatan hingga 80 km/jam, MM mencoba melakukan sedikit Zig Zag dan pindah jalur. Secara subyektif CR-V memiliki stabiltas baik dan mantap. Tidak hanya di jalan mulus saja CR-V ini dicoba. Memasuki jalan yang bergelombang dan berlubang CR-V ini di coba untuk di pacu pada kecepatan 60 km/jam. Hasilnya suspensi yang memiliki karakter medium hard ini (roda depan Mac Pherson strut dan double wish bone di roda belakang) mampu meredam goyangan bodi dengan baik. Walau sekali-kali ada kejutan suspensi saat CR-V melewati jalan yang berlubang cukup besar.

Perlu diingat, New CR-V ini dilengkapi pula dengan fitur transmisi sport/manual. Untuk menggunakan transmisi sport ini Pengemudi bisa langsung memindahkan tuas persneling (transmisi) ke mode S. Pepindahan gigi transmisi secara manual bisa dikendalikan melalui pedal shift yang ada di belakang roda kemudi. Disini pengemudi bisa sesukanya bermain dengan akselerasi. Karena dengan sistem sport/manual ini perpindahan gigi dan putaran mesin bisa diatur sesuai keinginan pengemudinya.

Pengujian Dalam Kota :
Pengujian di dalam kota MM melakukannya di lalu lintas yang cukup padat. Dari kawasan Kramat Raya, Ancol (pukul 9.00), kota, sawah besar, Semanggi, Thamrin, Sudirman Blok, hingga Tebet dan Rawamangun, kemacetan yang terjadi cukup mewakili untuk melakukan pengujian dalam kota. Di jalan yang padat dan merayap. Mengemudikan New CR-V tergolong santai dan nyaman. Torsi dan akselerasi yang dimiliki mobil berkapasitas 2.400 cc ini menunjukan performa yang baik. Karena dikemacetan yang sifatnya Stop and Go mobil ini tidak mengalami hambatan. Begitu pula dengan power steering yang dimikli CR-V ini memberikan performa yang baik sehingga saat pindah jalur di kemacetan roda kemudi sangat ringan tapi mantap. Sedangkan untuk efisiensi penggunaan bahan bakar New CR-V ini diengkapi dengan fitur ECO. Untuk mengetahui kerja atau tidak nya sistem ECO ini dapat terlihat pada cluster meter. Dengan fitur ECO ini pengemudi akan ditunjukan dengan warna hijau. Warna ini menunjukan pengendaraan dalam konsumsi penggunaan bahan bakar yang efisien. Dengan indikator yang ditampilkan secara real time ini akan membantu pengemudi dalam kesadaran akan penghematan penggunaan bahan bakar.

Komentar:
Jika bandingkan dengan ke dua kompetitornya (XTrail dan CX 5) tenaga Honda New CR-V ini paling besar dan boleh menjadi pilihan Anda. Kenyamanan yang ditawarkan CR-V, boleh juga mobil ini dijadikan sebagai kendaraan harian dan bisa juga diajak keluar kota.

We like :Akselerasi,audio dan mode ECO
We Don’t : Noise

Spesifikasi

Harga Rp 477,500 juta
Tipe kendaraan SUV 5 pintu, 5 penumpang

Fitur :
Dual airbags, power steering, Sound system Double DIN Head Unit, USB, 6 speaker

Dimensi :
Pjg/lbr/tng (mm) 4,595/1,820/1,685
Wheelbase (mm) 2.620

Jarak Pijak :
Depan/belakang (mm) –
Berat kosong (kg) 1,560
Weight to power ratio (kg/tk) –

Interior/Fitur Safety :
Depan 2 x 3 point seat belt
Baris kedua 2 x 3 point seat belt
Baris ketiga –

Jok :
Depan Sliding, reclining, hight adjuster elektrik
Baris kedua –
Baris ketiga –

Penggerak Mesin :
Tipe 4 silinder DOHC i-VTEC
Bore x stroke (mm) 87 x 99
Kapasitas (cc) 2.354
Rasio kompresi 10 : 1
Tenaga (ps/rpm) 192/7.000
Torsi (kgm/rpm) 22,6/4.400

Sistem Gerak :
Transmisi 5 AT
Opsi tambahan Sport/ manual 5 percepatan

Sasis :
Tipe sasis Monokok
Material Baja

Kemudi :
Sistem Rack & Pinion Power steering
Radius putar (m) 5,9

Suspensi :
Depan MacPherson strut with
Belakang Double wishbone

Rem :
Depan Disc brake ABS
Belakang Disc brake

Ban :
Merek DUNLOP
Ukuran 225/60 R18

Hasil Test

Akselerasi *kondisi kering
0–20 km/jam 1,5 detik
0–40 km/jam 3,5 detik
0–60 km/jam 5,8 detik
0–80 km/jam 8,2 detik
0–100 km/jam 11,9 detik
0–402 meter 18,4 detik
@ 129,5 km/jam

Bahan Bakar :
Konsumsi BBM dalam kota 6,75 km/liter
Konsumsi BBM tol 11,45 km/liter
Hasil Pengujian 9,125 km/liter
Kapasitas tangki 58 liter

Kesenyapan Kabin (dB) :
Idle 43,3
20 km/jam 54
40 km/jam 59,6
60 km/jam 62,5
80 km/jam 63,1
100 km/jam 65

Foto

IMG_0994

DSC00302

DSC00303

IMG_1005

IMG_0982

IMG_1029

IMG_1015panning

DSC00268

DSC00282

DSC00286

DSC00287

DSC00289

DSC00291

DSC00300

DSC00304

DSC00315

Read more:
IMG_20170123_133538
Isuzu Umumkan Pencapaian di Tahun 2016

mobilmotor.co.id - Memasuki tahun 2017, PT. Isuzu Astra Motor Indonesia mengumumkan pencapaiannya di tahun 2016 kemarin (23/01/17). Di 2016, Isuzu mengalami...

Close