Fungsi Klep Thermostat

0

mobilmotor.co.id Jakarta – Banyak mitos yang menyatakan bahwa mesin yang berusia panjang adalah mesin yang selalu dijaga dalam kondisi dingin. Pada kenyataanya, mesin yang efisien terhadap penggunaan bahan bakar dan berumur panjang adalah mesin yang bekerja dalam temperatur agak tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi (overheating). Suhu rendah justru menyebabkan mesin cepat aus akibat gesekan bagian-bagian logamnya.

Temperatur yang dibutuhkan agar mesin bekerja secara optimal berada di kisaran 80 – 90 celcius. Suhu ini diukur berdasarkan temperatur air pendingin yang keluar dari blok mesin—blok mesin dialiri air pendingin. Air bersuhu panas dari mesin akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan sebelum dikembalikan ke mesin. Untuk mengatur sirkulasi air, digunakanlan klep thermostat.

Klep thermostat merupakan katup yang membuka dan menutup secara otomatis sebagai reaksi terhadap suhu mesin. Pada saat suhu dingin, klep thermostat menahan agar air tetap bersikulasi di sekitar mesin untuk meningkatkan temperatur hingga mencapai suhu kerjanya.

Ketika mesin telah panas dan terus mengalami peningkatan suhu, klep thermostat akan terbuka dan mengalirkan air ke radiator untuk didinginkan. Air yang telah didinginkan akan dialirkan kembali ke mesin untuk menjaga temperatur agar tetap tinggi, tetapi tidak overheating. (MSH)

Read more:
preview icoty
Preview Indonesian Car of the Year 2014

Berbeda dengan pelaksanaan ICOTY pada tahun-tahun sebelumnya, dalam pergelaran ICOTY kali ini, ada nuansa baru yang begitu unik. Terlihat ada...

Close