Tips & Trik Hemat BBM saat Berkendara

0

mobilmotor.co.id, Tips&Trik – Saat ini, di Indonesia, harga BBM naik dan turun sudah menjadi hal yang biasa. Umumnya, masyarakat menyikapi fenomena ini dengan kepanikan, apalagi pemilik kendaraan. Padahal masih ada cara lain untuk menyikapi hal ini, salah satunya adalah dengan menerapkan gaya berkendara yang baik dan benar.

Bagaimana gaya berkendara yang baik? Berikut beberapa tips MM.

Pertama, jika mesin dalam keadaan dingin, kendarai mobil perlahan-lahan terlebih dahulu. Jangan langsung memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Kedua, atur juga rencana perjalanan Anda agar terhindar dari kemacetan dengan memperhatikan jalan alternatif. Kemacetan mengharuskan kendaraan berada dalam keadaan  stop and go yang menyebabkan BBM jadi boros.

Ketiga, sesuaikan tekanan angin ban berdasarkan petunjuk yang ada di dekat pintu kanan depan. Periksalah secara berkala tekanan angin ban mobil 2 minggu sekali.

Keempat, hindari muatan yang berlebihan. Bawa barang-barang yang diperlukan saja.

Kelima, hindari kecepatan tinggi yang tidak perlu. Jika Anda berkendara di jalan tol, ikuti saja batas kecepatan maksimumnya.

Keenam, jangan menggunakan AC dengan suhu yang terlalu dingin karena AC merupakan salah satu faktor penyumbang borosnya BBM.

Ketujuh, injaklah pedal gas dan pedal rem sesuai kebutuhan. Gunakan engine brake saat mengurangi kecepatan kendaraan. Hal ini lebih efektif ketimbang menginjak pedal rem. Tekan pedal gas secara perlahan, tapi pasti. Pedal gas yang terlalu sering ditekan akan menyebabkan penggunaan BBM tidak efisien. (DE)

Nah, tidak perlu panik lagi  saat BBM naik bukan?

Read more:
Hyundai-Creta-teased-in-official-sketch-1024x476
Hyundai Rilis Teaser Konsep Mobil Terbaru

mobilmotor.co.id Seoul - Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai untuk pertama kalinya telah merilis teaser SUV sub-compact yang diberi nama...

Close