Road Test Toyota Fortuner 4X4 2.5 G A/T

0

Ulasan

mobilmotor.co.id, RoadTest – Kombinasi antara sistem penggerak 4×4 dengan mesin turbocharger menjadikan Fortuner tangguh menjelajah segala medan.

Sosok mobil jenis sport utility vehicle (SUV) memang sudah tidak diragukan lagi. Ditambah lagi dengan ground clearence yang tinggi, menjadikan mobil ini bisa dibawa kemana saja. Bukan itu saja perangkat yang dibenamkan dalam sistem transmisinya menjadi mobil tersebut semakin tangguh. Itulah sosok Toyota Fortuner 4×4 terbaru.

Pembenahan yang di lakukan Toyota untuk Fortuner sangat siginifikan, utamanya adalah pemasangan perangkat turbo terbaru jenis VNT (Variable Nozzel Turbocharger). Turbo ini mampu mendongkrak tenaga Fortuner dari 102 p 144 ps. Penyempurnaan performa mesin 2.500 cc Diesel ini memberi jawaban semakin tangguhnya Fourtuner 4 x 4. Untuk membuktikan ketangguhanya MM mencoba tidak hanya di jalan mulus saja, tapi di sungai berbatu dan tanjakan terjal menjadi medan ujicoba Fortuner ini.

INTERIOR

Tak ada perubahan di interior Fortuner ini. Toyota tetap menggunakan desain interior yang memadukan antara aksen trim kayu dan warna gelap. Begitu pula desain roda kemudinya yang memadukan ornamen kayu. Di roda kemudi ini dilengkapi pula dengan audio control. Di dasbor terpasang pula head unit model 2 DIN dengan layar ukuran 7 inci. Head unit ini bisa menerima input dari DVD, iPod, Bluetooth, MP3, WMA. AM/FM dan USB/Aux. Untuk menambah kenyaman berkendara head unit ini dilengkapi dengan 6 speaker yang terpasang di panel pintu depan dan pintu belakang.

Saat MM duduk di jok pengemudi kental sekali rasa SUV, jok yang tinggi menjadi pandangan ke depan sangat lapang. Jok ini dilengkapi dengan 3 sistem penyetelan yaitu ketinggian,maju – mundur dan reclining. Sistem ini didukung pula dengan tilt steering yang menjadikan pengemudi lebih mudah mendapat poisisi duduk yang nyaman saat berkendara.

Untuk menambah kesan sporti petunjuk kecepatan dan putaran mesin (rpm) dibuat model bulat dan masih menggunakan sistem analok atau menggunakan jarum penunjuk.

PERFORMA

Kemampuan mesin Diesel Turbo berkapasitas 2.000 cc 4 silinder dengan sistem common rail tidak diragukan lagi. Sehingga saat kick down tenaga mesin Fortuner mampu memghasilkan akslerasi yang baik dan mantap. Karakter mesin Diesel yang memiliki torsi besar menjadikan Fortuner selalu bertenaga disetiap putaran mesin. Baik putaran rendah maupun tinggi.

Transmisi otomtais berkerja baik sehingga perpindahan giginya halus dan responsif. Di jalan bebas hambatan (Tol) MM mampu memacu Fortuner hingga 165 km/jam. Tapi kenyamanan berkendara pada saat kecepatan antara 120 km/jam hingga 140 km/jam.

Tidak sempurna jika kemampuan 4×4 Fortuner ini tidak diuji. Ground clearance yang tinggi dan dilengkapi dengan sistem penggerak 4×4 full time dengan pilihan penggerak HL dan LL, menjadikan mobil mampu melintas di segala medan. Saat memasuki sungai berbatu MM langsung memindahkan tuas penggerak LL. Dengan kecepatan antara 5-7km/jam, MM tidak perlu menginjak pedal gas. Karena dengan kecepatan tersebut dan posisi penggerak LL Fortuner mampu meluncur dengan sendirinya. Penggunaan power steering sistem hidraulik padaFortuner semakin memudahkan mobil ini dikendalikan dan nyaman sekalipun diajak melintasi medan berat.

Bagaimana Fortuner di jalan diperbukitan dengan kondisi tanah yang labil. Setelah keluar dari sungai berbatuan (masih di posisi LL) MM langsung membawa Fortuner ke perbukitan dengan kondisi tanah yang labil dan becek. Ban pun mulai mencengkram permukaan tanah tersebut dan mobil tetap meluncur dalam kendali yang normal. Memasuki tanjakan dengan sudut kemiringan 35 derajat. Jelas dan terasa sekali ban mencengkram tanah dan sekali-sekali terasa bodi mobil oleng ke kanan dan ke kiri karena ban slip di beberapa tanah yang sangat licin (masih dalam posisi LL).

Kemampaun HL juga turut di coba. MM mencoba kemampuan posisi penggerak HL saat berada dipermukan jalan tanah rata dan dikombinasikan dengan medan yang licin. MM langsung kick down meluncur di jalan tersebut dengan kecepatan 40 km/jam. kemampuan HL memang teruji. Hasilnya baik dan mobil masih bisa dikontrol dengan baik. MM merasakan daya jelajah Fortuner baik dan di dukung dengan sistem suspensi yang ada, yaitu double wishbone dengan stabilator di roda depan dan 4 link lateral rod with dengan per keong menjadikan Fortuner bisa diajak kemana pun Anda mau.

Soal rem, Toyota telah melengkapi Fortuner dengan rem cakram 16 inci di roda depan dan rem tromol di roda belakang. Sistem rem ini sudah dilengkapi dengan ABS sehingga mobil ini aman untuk diajak kemana saja dan aman pula saat dipacu dikecepatan tinggi. Anda ingin mencobanya?

Komentar

Tidak salah jika Anda berjiwa petualang untuk memiliki mobil ini. Kemampuan jelajah di segala medan tidak menutup kemungkinan mobil ini bisa juga untuk menjelajah tanah dan aspal perkotaan.

We like : Torsi, akselerasi , daya jelajah

We don’t : Noise dan jok baris ke tiga.

Spesifikasi

Tipe kendaraan SUV 5 pintu, 7 penumpang.

Fitur : Immobilizer, power steering, MID, ABS, double blower AC, dual SRS airbags, rear parking sensor.

Sound system : 2DIN HU 7’’, CD, MP3 player, USB, AUX-in port, Bluetooth, Toyota Dial Shortcut, 6 speakers.

Dimensi : Panjang/lebarbr/tinggi (mm) 4.705/1.840/1.850

Wheelbase (mm) 2.750

Jarak Pijak : Berat kosong (kg) –

Weight to power ratio (kg/tk) –

INTERIOR/FITUR SAFETY : Depan 2 x 3-point seat belt

Baris kedua 2 x 3-point seat belt/1 x 2-point seat belt

Baris ketiga 2 x 2-point seat belt

Jok : Depan – Sliding, reclining

Baris kedua – Reclining

Baris ketiga – Reclining

Penggerak Mesin : Tipe D4D VNTurbo intercooler

Bore x stroke (mm) 92 x 93,8

Kapasitas (cc) 2.494

Rasio kompresi –

Tenaga (tk/rpm) 142/3.400

Torsi (Nm/rpm) 343/1.600-2.800

Sistem Gerak : Transmisi A/T 4 Speed Opsi tambahan 4×4 full time

Sasis : Tipe sasis Body on frame

Material Baja

Kemudi : Sistem Rack & pinion

Radius putar (m) –

Suspensi : Depan Independent double wishbone, coil spring

Belakang 4 link, coil spring

Rem : Depan Cakram berventilasi

Belakang Tromol

Ban : Merek Bridgestone Dueler H/T

Ukuran 265/65 R17

Hasil Test

Akselerasi *kondisi kering

0–20 km/jam 1,5 detik

0–40 km/jam 3,3 detik

0–60 km/jam 5,9 detik

0–80 km/jam 9,6 detik

0–100 km/jam 16 detik

0–402 meter 19,7 detik

@ 111,4 km/jam

Pengereman : 100–0 KPJ –

Lateral n/a

Bahan Bakar : Konsumsi BBM dalam kota 7,8 km/liter

Konsumsi BBM tol 10,8 km/liter

Hasil Pengujian 9,30 km/liter

Kapasitas tangki 65 liter

Jenis bahan bakar : Solar

Kesenyapan Kabin (dB) : Idle 52.8

20 km/jam 53.7

40 km/jam 55.5

60 km/jam 58.7

80 km/jam 61.5

100 km/jam 66.2

Harga

Harga Rp 480.000.000

Uang muka (30%) Rp 144.000.000

Utang pokok Rp 336.000.000

Bunga (7% ) Rp 70.560.000

Total utang Rp 406.560.000

Tenor/bln 36

Angsuran/bln Rp 11.293.333,33

Asuransi All Risk (8%) Rp 38.400.000

Polis Rp 50.000

Administrasi Rp 1.500.000

Pembayaran I Rp 183.950.000

Foto

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-01

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-02

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-03

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-04

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-05

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-06

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-07

MobilMotor-Drive Toyota Fortuner 4X4  2.5 G AT-08

 

 

Read more:
IMG_4351
Porsche Club Indonesia Menggelar Acara Motokhana

mobilmotor.co.id - Porsche  Club Indonesia  (PCI)  tahun  ini kembali  menyelenggarakan  Motokhana pada tanggal  18  Juni 2016  di Cikeas,  Bogor.  Dengan...

Close