RoadTest Datsun Go Panca T Active

0

Ulasan

AKSELERASI CEPAT DAN EFISIEN

mobilmotor.co.id, RadTest – Tuntutan akan kendaraan yang efisien penggunaan bbm dan mampu mengakomodasi akan kebutuhan transportasi, itulah yang ada pada GO Panca.

Efisein dalam penggunaan bahan bakar, dimensi yang kecil serta harga yang terjangkau menjadikan mobil LCGC (Low Cost Green Car) sangat diminati.  Padatnya lalu lintas, terutama di kota besar seperti Jakarta, membuat masyarakat butuh sebuah mobil yang lincah saat bermanuver dan irit dalam penggunaan bahan bakarnya. Keinginan itu terpenuhi di mobil LCGC. Di katagori  ini ternyata banyak pilihan dari berbagai merek yang  sudah ada di pasar salah satunya adalah Datsun GO Panca.

Sebelum nya Datsun telah lebih dulu menghadirkan model MPV yaitu Datsun GO Plus Panca, yang mampu menampung 7 penumpang. Melihat  minat dan ketatnya pesaingan di kelas LCGC tersebut, akhirnya Datsun meluncurkan kembali Datsun GO Panca dengan model hatchback. Mobil ini menawarkan  akselerasi yang cepat dan kenyamanan saat berkendara. Untuk membutikan kebenarannya MM mencoba hatchback tersebut.

EKSTERIOR

Datsun sangat cermat dalam mendesain bagian luar GO Panca. Agar terlihat lebih sporti dari GO Plus Panca sebelumnya , maka hatchback ini diberikan beberapa spoiler tambahan. Seperti  pintu belakang dipasangkan spoiler di bagian atasnya (roof spoiler) serta spoiler bawah yang hampir mirip dengan diffuser.  Untuk menambah kesan sporti  bagian samping, GO Panca ini dilengkapi dengan lisplang model sporti.

Di bagian moncong depan terlihat desain gril dengan motif sarang tawon  yang terlindungi oleh lis bermotif krom, menjadikan bagian depan Panca semakin segar dan keren. Tambah kerennya bagian depan didukung oleh desain bemper yang besar yang dilengkapi dengan spoiler dibagian bawahnya. Masih di bagian depan. Lampu utama yang mendiami sudut sepatbor semakin dinamis karena dibuat satu rumah dengan lampu sein.

INTERIOR

Memasuki ruang kabin mobil ini menawarkan ruang kabin yang cukup lapang. Dasbor yang dibuat menggunakan plastik dibalur dengan warna gelap dan warna krem dibagian bawahnya. Tinggi dasbor ternyata sangat ideal untuk pengemudi yang memiliki tinggi badan di atas 168 cm. Karena MM memiliki tinggi  badan hanya 165 cm maka pandangan kedepan sedikit terhalang oleh bagian atas roda kemudi (stir). Andaikan jok pengemudi dilengkapi dengan pengatur  ketinggian bisa jadi pengemudi yang memiliki tinggi tubuh 165 cm akan lebih mudah mendapatkan posisi duduk yang nyaman.

Di dasbor terpasang beberapa komponen, seperti perangkat audio, ventilasi AC dan speedometer. Perangkat audio dilengkapi dengan sistem Mobile Docking Station (MDS) yang bisa dihubungkan dengan smartphone, USB dan percakapan telepon hands free. Ventilasi AC yang bisa diputar 360 derajat sehingga dapat  mengalirkan udara dingin kesegala arah dengan mudah.  Speedometer  yang dipergunakan GO Panca perpaduan  model analog dan digital. Untuk penunjukan kecepatan menggunakan analog sedangkan utuk mengetahui putaran mesin, odometer dan  konsumsi bbm menggunakan sistem digital.

Jok depan yang dibuat menyatu (connected seat) dan terbungkus dengan bahan fabric ternyata memiliki kelebihan dibandingkan jok terpisah. Karena jok ini memberikan keuntungan saat pengemudi dan penumpang depan membawa tas kecil  atau barang bawaan.  Barang bawaan tersebut bisa diletakan di atas jok dan mudah dijangkau.

PERFORMA

GO panca yang dibekali mesin 1.200 cc  3 silinder melintang, mampu menghasilkan tenaga maksimum 68 Ps dan torsi  104 Nm. Untuk meneruskan tenaga mesin ke roda Datsun menggunakan transmsisi manual 5 kecepatan. Racikan perbandingan gigi transmisi yang dipergunakan  GO Panca  ini sangatlah cermat, yaitu cenderung rapat.  Melihat dari data spesifikasi  perbandingan gigi rasionya maka dapat dipastikan bahwa, Datsun GO Panca sangat cocok sebagai kendaraan penjelajah kota. Tapi bukan berarti mobil ini tidak bisa dipergunakan untuk  perjalan keluar kota.

Kemampuan akselerasi di gigi satu memang cukup agresif ( 1 : 3.333), sehingga mampu mencapai kecepatan 30 km/jam. Untuk memasuki gigi berikutnya ( gigi 2 dan gigi 3) akselerasi yang dihasilkan tetap responsif. Napas panjang yang mampu melesatkan GO Panca ini hingga 100 km/jam adalah di gigi 3. Tapi sayangnya noise yang ditimbulkan  sudah mulai menggangu di ruang kabin.

Lepas dari gigi dan memasuki gigi empat dan ke lima (over drive), dimana perpindahan gigi ini hanya menjaga kecepatan (akselerasi) agar tidak turun.  Dengan memasuki gigi  lima putaran mesin otomatis turun (berada pada  2.500 rpm- 3.000 rpm). Turunnya putaran mesin ini tentunya berpengaruh pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Melihat perbandingan gigi rasio  yang cendrung rapat dan penggunaan kapasitas mesin yang kecil  wajar jika Datsun GO Panca efisien dalam penggunaan bahan bakar nya.

Dari ujicoba yang dirasakan MM, kecepatan aman GO Panca berada pada kecepatan 100km/jam. Dikecepatan ini mobil bisa dikendalikan dengan baik dan santai. MM pun mencoba untuk memacu kecepatan GO Panca hingga kecepatan di atas 130 km/jam tapi yang dirasakan adalah bodi mobil mulai bergetar dan pengemudi harus lebih ekstra mengendalikan mobil.

STABILITAS

Mencoba GO Panca  di jalan berbelok dan  bergelombang, ternyata mobil bersuspensi depan Mc Pherson strut dengan per keong dan belakang dilengkapi dengan sistem suspensi torsion baem,  masih dalam batasan yang stabil dan normal. Walaupun mobil ini  tergolong masuk  dalam suspensi medium hard ternyata saat di ajak zig-zag dan pindah jalur pada kecepatan 80 km/jam, masih stabil dan konter roda kemudi masih dalam kondisi mormal  dan  nyaman.

Komentar:

Datsun GO Panca perlu dipertimbangkan  jika ingin membeli dan ingin  dijadikan alat transformasi harian. Selain responsif akselerasinya dan efisein  penggunaan bahan bakar nya. Mobil ini juga menyenakan untuk dijadikan kendaraan keluarga kecil.  Suspensinya yang cenderung medium hard mantap untuk di jalan mulus.

we like : akselerasi ,eksterior, lincah, irirt bbm

we don’t :  noise, suspensi dan  jok belakang.

Spesifikasi

Tipe kendaraan LCGC 5 pintu, 5 penumpang

Fitur :

aero kit, immobilizer, central door lock, keyless entry with alarm, power outlet, parkirng sensor, power window (1st row), MID Sound system 1DIN HU with aux jack, USB, 2 speaker

Dimensi :

Pjg/lbr/tng (mm) 3.785/1.635/1.485

Wheelbase (mm) 2.450

Jarak Pijak

Depan/belakang (mm) 1.440/1.445

Berat kosong (kg) 785

Weight to power ratio (kg/tk) 0.084

Interior

Fitur Safety :

Depan 2 x 3-point seat belt

Baris kedua 2 x 3-point seat belt/1 x 2-point seat belt

Baris ketiga –

Jok :

Depan Sliding, reclining

Baris kedua 40/60, reclining

Baris ketiga –

Penggerak Mesin :

Tipe HR12DE Kapasitas (cc) 1.198, Tenaga (tk/rpm) 66 Torsi (Nm/rpm) 104/

Sistem Gerak :

Transmisi M/T 5 Speed

Sasis :

Tipe sasis Monokok

Material Baja

Kemudi :

Sistem Rack & pinion

Radius putar (m) 4.6

Suspensi :

Depan MacPherson Strut with stabilizer

Belakang Torsion beam

Rem :

Depan Cakram ventilasi

Belakang Tromol

Ban :

Merek Strada

Ukuran 155/70 R13

Hasil Test

Akselerasi *kondisi basah

0–20 km/jam 1,2 detik

0–40 km/jam 3,6 detik

0–60 km/jam 6,1 detik

0–80 km/jam 10,5 detik

0–100 km/jam 16,3 detik

0–402 meter 20,1 detik

@ 101,3 km/jam

Pengereman :

100–0 KPJ –

Lateral  G n/a

Bahan Bakar :

Konsumsi BBM dalam kota 10,3 km/liter

Konsumsi BBM tol 18,7 km/liter

Hasil Pengujian 14,5 km/liter

Kapasitas tangki 9,7 liter

Kesenyapan Kabin (dB)

Idle 42,7

20 km/jam 57,3

40 km/jam 63,0

60 km/jam 65,8

80 km/jam 66,8

7100 km/jam 70,7

Harga

Harga Rp 99.000.000

Uang muka (30%) Rp 29.700.000

Utang pokok Rp 69.300.000

Bunga (7%) Rp 14.553.000

Total utang Rp 83.853.000

Tenor/bln 36

Angsuran/bln Rp 2.329.250

Asuransi All Risk (8%) Rp 7.920.000

Polis Rp 50.000

Administrasi Rp 1.500.000

Pembayaran I Rp 39.170.000

Foto

IMG_0838 IMG_0839 IMG_0843 IMG_0852 IMG_0857 IMG_0870 DSC09726 DSC09709

Read more:
Sales-Competition-2
Tingkatkan Kualitas dan Layanan, Suzuki Gelar ‘Suzuki Victorious Contest VI’ di Tahun 2016

mobilmotor.co.id - PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki kembali menyelenggarakan ‘Suzuki Victorious Contest VI’....

Close