Road Test Hyundai Santa Fe CDRi

0

Ulasan

TORSI DAN KENYAMANAN
Dimensi yang pas manjadikan mobil ini menawan dan sporti.

mobilmotor.co.id, RoadTest – Kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, membuat pemilik mobil harus hati-hati saat akan berpergian. Terjebak banjir saat berkendara merupakan hal yang sangat menakutkan. Apalagi sampai mesin kemasukan air, petaka jadinya. Jalan yang banjir memang dibutuhkan mobil yang memiliki ground clearance yang tinggi. Salah satunya adalah mobil Hyundai Santa Fe. Mobil jenis sport utility vehicle (SUV) ini, selain memiliki ground clearance yang tinggi Santa Fe bisa pula di ajak berpetulangan dengan medan off road ringan. Untuk membuktikan ketangguhan Santa Fe keluaran 2013 ini, MM melakukan Road Test dengan berbagai kondisi jalan yang bervariasi.

EKSTERIOR
Desain eksterior Santa Fe dengan dimensi yang pas terlihat mobil menawan dan gagah. Kesan sporti diperlihatkan juga pada desain depan dan belakang mobil ini. Bagian depan Santa Fe dipasangkan gril model Horizontal bertingkat yang di lapisi krom. Lampu utama model sipit dan lampu kabut yang dipasang di bemper. Sedangkan pada bagian belakangnya dilengkapi pula dengan tailgate spoiler. Untuk menambah gagah penampilan luar, Santa Fe dilengkapi pula dengan pelek alloy ukuran 19 inci.

INTERIOR
Desain interior Santa Fe tergolong mewah dan sporti. Kentalnya nilai sporti pada ruang kabin mobil terlihat jelas pada dasbornya. Desain dasbor model hurup T dikombinasikan dengan berbagai fitur yang ditanamkan hingga konsol boks, membuat bagian dasbor Santa Fe seperti mobil sedan yang sporti. Untuk menambah kesan sporti saat berkendara, maka petunjuk kecepatan dan putaran mesin (rpm) Santa Fe masih menggukan sistem jarum petunjuk (analog).

Tapi sayang head unit yang tertanam pada dasbor masih model 1 DIN. Namun head unit tersebut dilengkapi dengan fitur yang cukup menarik. Seperti Radio, CD, MP3, USB, AUX, dan Ipod port. Untuk tata suara yang dihasilkan head unit ini tergolong baik. Karena ruang kabin telah ditanamkan sebanyak 6 buah speaker. Untuk memudahkan pengemudi mengatur volume (berbagai fitur) dan cruise control maka pada roda kemudi dilengkapi tombol-tombol pengatur perangkat tersebut.

Agar pengemudi lebih mudah mencari posisi duduk yang pas, jok pengemudi ilengkapi dengan sitem elektrik. Sedangkan co – pilotnya masih menggunakan sistem manual. Saat berada di jok pengemudi MM merasakan pandangan kedepan terasa luas, hal ini disebabkan oleh posisi jok yang tinggi dan desain pilar A yang sudut kemiringannya lebih kecil, sehingga pengelihatan pengemudi menjadi lebih luas.

Ada nilai plus pada ruang kabin mobil ini, yaitu bagian atapnya dilengkapi dengan panoramic sunroof berukuran besar dan memanjang hingga jok baris ke dua.

PERFORMA
Santa Fe yang di bekali mesin Diesel Turbo berkapasitas 2.200cc memiliki akselerasi yang mantap. Saat ujicoba di jalan Tol performa yang dihasilkan mesin 4 silinder ini tergolong cepat. Ini dibuktikan untuk mencapai kecepatan 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 9,9 detik. Penggunaan transmisi otomatis shiftronic 6 kecepatan terasa perpindahan giginya halus dan tetap responsif. Bagi Anda yang ingin merasakan perpindahan gigi secara manual maka anda tinggi menggeser tuas perseneling ke kanan. Di posisi transmisi manual ini Anda bisa berakselerasi dan mengatur putaran mesin sesuka anda. Di jalan Tol ini MM mencoba memacu Santa Fe hingga kecepatan 180 km/jam. Tapi kondisi kecepatan aman Santa Fe berada pada 140 km/jam.

Untuk mengetahui stabilitas dan kerja suspensinya MM mencoba sedikit zig-zag dan pindah jalur pada kecepatan 80 km/jam. Pada kecepatan tersebut Santa Fe masih stabil dan terkontrol pada roda kemudi dengan baik. Pembuktian sistem kerja dari suspensi tidak saja dirasakan MM di jalan Tol. Di permukaan jalan berbatu dan tanah kering, Santa Fe cukup stabil. Santa Fe dilengkapi dengan suspensi MacPherson Strut dan Multi link di roda belakang dengan perpaduan dua jenis suspensi ini menghasilkan suspensi berkarater medium. Sehingga memberikan kompromi paling pas antara kenyamanan dan stabilitas. Bagitu pula rem juga menunjukan peforma yang baik.

Memasuki kawasan puncak bagi Santa Fe tidak masalah. Karakter mesin Diesel yang memiliki torsi yang besar (44,5 kg-m di 1.800 – 2.500 rpm) menjadikan tanjakan di kawasan Puncak bisa dilalui dengan mudah. Begitu pula dengan kondisi macet pun mobil ini nyaman, selain dengan transmisi otomatisnya bisa menahan mobil dalam kondisi jalan menanjak. Sehingga pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal rem. Saat ingin berjalan kembali pengemudi tinggal menginjak kembali pedal gas, mobil pun meluncur kembali.

Komentar:
Ruang kabinnya yang nyaman dan torsi yang besar, sangat pas jika mobil ini untuk menjelajahi medan aspal dan perbukitan. Penggunaan transmisi shiftronic 6 kecepatan menjadi dua pilihan yang Anda bisa gunakan untuk kenyamanan dan mengadu andrelin.

we like: Torsi, kabin, akselerasi, audio
we don’t: rem parkir, jok baris ke dua. Sinar lampu

Spesifikasi

Tipe kendaraan SUV 5 pintu, 7 penumpang

Fitur :
Push start button, smart key, stability control, down hill brake control, Hill assist, rear parking system, dual airbags, ABS, EBD Sound system usb n iPod connection, 6 speaker, steering remote control.

Dimensi :
Pjg/lbr/tng (mm) 4.850/1.880/1.890
Wheelbase (mm) 2.700

Jarak Pijak :
Depan/belakang (mm) 1.628/1.639

Interior/Fitur Safety :
Depan 2 x 3-point seat belt
Baris kedua 2 x 3-point seat belt/1 x 2-point seat belt
Baris ketiga 2 x 3-point seat belt

Jok :
Depan Sliding, reclining, electric seat
Baris kedua 40/20/40, sliding, reclining
Baris ketiga 50/50, folding

Penggerak Mesin :
Tipe R2.2 CRDi VGT
Bore x stroke (mm) 85,4×96
Kapasitas (cc) 2.199
Rasio kompresi 16
Tenaga (tk/rpm) 194/3800
Torsi (Nm/rpm) 436/1800-2500

Sistem Gerak :
Transmisi A/T 6 Speed
Opsi tambahan Shiftronic

Sasis :
Tipe Sasis Monokok Material Baja

Kemudi :
Sistem Rack & Pinion
Radius putar (m) 5.45

Suspensi :
Depan MacPherson Strut with stabilizer
Belakang Multi Link

Rem :
Depan Cakram Ventilasi
Belakang Cakram

Ban :
Merek Nexen Roadian 581
Ukuran 235/55 R19

Hasil Test

Akselerasi *kondisi basah
0–20 km/jam 1,2 detik
0–40 km/jam 2,6 detik
0–60 km/jam 4,3 detik
0–80 km/jam 6,7 detik
0–100 km/jam 9,9 detik
0–402 meter 17,7 detik
@ 96,1 km/jam

Pengereman :
100–0 KPJ –
Lateral n/a

Bahan Bakar :
Konsumsi BBM dalam kota 6,8 km/liter
Konsumsi BBM tol 10,37 km/liter
Hasil Pengujian 8,5 km/liter
Kapasitas tangki 64 liter

Kesenyapan Kabin (dB) :
Idle 50,3
20 km/jam 56,2
40 km/jam 59,1
60 km/jam 60,2
80 km/jam 63,2
7100 km/jam 69,3

Harga

Harga Rp 501.250.000
Uang muka (30%) Rp 150.375.000
Utang pokok Rp 350.875.000
Bunga (7%) Rp 73.683.750
Total utang Rp 424.558.750
Tenor/bln 36
Angsuran/bln Rp 11.793.298,61
Asuransi All Risk (8%) Rp 40.100.000
Polis Rp 50.000
Administrasi Rp 1.500.000
Pembayaran I Rp 192.025.000

Foto

DSC09816

IMG_1148

IMG_1150

IMG_1151

IMG_1158

LEAD

DSC09876

DSC09889

DSC09898

DSC09910

Read more:
Foto PGA1
Enjoy Jakarta Indonesia PGA Championship 2014

Jakarta -  Indonesia  PGA Championship kembali bergulir di lapangan golf terbaik tahun 1999 versi USA Golf Digest,  Damai Indah Golf,...

Close