First Drive MINI Cooper S Paceman

0

mobilmotor.co.id, First Drive – MINI Cooper S Paceman yang dirakit di Graz, Austria, ini telah menggunakan basis sasis yang telah diaplikasikan dalam Mini Cooper Countryman Crossover terdahulu. Secara umum, perbedaan mendasar antara kedua model tersebut (Paceman dan Countryman) terletak pada desain Fun and Unique Paceman ini yang dilengkapi hanya dengan dua pintu, bukan empat pintu. Selain itu, Paceman juga menawarkan desain yang sporty dan dimensi yang kompak.

Dari depan, gen desain khas MINI Cooper tersebut tetap eksis. Mesin yang digunakan dalam Paceman tipe S ini adalah 4 silinder segaris 1.598 cc yang dipersenjatai dengan sistem induksi paksa jenis Twin-Scroll Turbocharger. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan sistem katup variabel yang mengatur Valve Timing dan valve Lift. Tidak heran kalau tenaga yang dihasilkannya dapat mencapai hingga 184 tenaga kuda pada putaran 5.500 rpm. Sementara itu, semburan torsinya dapat mencapai hingga 240 Nm yang tersebar merata pada rentang putaran 1.600–5.000 rpm.

Perpaduan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang perpindahannya halus ini menghasilkan dorongan akselerasi mulai putaran bawah hingga menengah yang terasa sangat responsif. Meskipun uji performa belum dapat dilakukan, pabrikan mengklaim waktu yang dibutuhkan untuk akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya 7,1 detik dengan kecepatan maksimum yang dapat menyentuh angka 215 km/jam.

Efek dari penggunaan suspensi Multi-link di belakang dan MacPherson Strut di depan yang disertai dengan bodi yang rigid telah menghasilkan kualitas pengendalian yang sangat presisi. Boleh dikatakan, mengemudikan MINI sama seperti mengemudikan go-kart versi street legal. Meskipun bantingan suspensi terasa agak keras, tingkat kenyamanannya masih terbilang sangat baik. Hal ini dipadu juga dengan bobot putaran setirnya yang terasa pas, terutama saat melaju kencang.

Material interior yang digunakan Paceman S ini dinilai sangat mewah. Ini dapat dirasakan dari sentuhan bahan lapisan kulit di jok dan dasbornya yang terasa sangat lembut. Benar-benar menghadirkan rasa nyaman saat berada di dalamnya. Untuk posisi mengemudinya juga terasa sangat ergonomis. Ini dapat dirasakan dari tombol di sekitarnya yang mudah dijangkau dan dioperasikan.

Bagi penumpang yang berpostur tubuh hingga 170 cm juga bisa duduk nyaman di belakang. Kelapangan kabin Paceman tetap memadai dengan kapasitas bagasi hingga 300 liter saat kursi belakang diangkat. Secara keluruhan, Paceman dirancang bagi yang menginginkan sport car tanpa mengurangi aspekkepraktisannya. (AS)

mini1 mini2

Read more:
IMG-20160916-WA0000
Bajaj Masih Diperlukan di Kota Besar

mobilmotor.co.id - Keberadaan Bajaj di kota-kota besar masih menjadi perdebatan, ada yang meminta Bajaj dihapus dari kota-kota besar, namun masih...

Close